Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Rukhan Asrori, S.S.

Bergengsi! Santri SMP DAFI Sidoarjo Rebut Penghargaan Literasi Kabupaten

Eduaksi | Wednesday, 02 Feb 2022, 12:59 WIB
M. Nafis Ghifari tengah menerima penghargaan literasi kategori peserta didik dari Bapak Dr. Tirto Adi, M.Pd. selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo

Retizen Republika.co.id. SMP DAFI Sidoarjo yang berlamat di Jalan Baitul Mustaqim No. 1 RT 14/RW 03 Sarirogo - Kabupaten Sidoarjo ini patut berbangga atas pencapaian terbaik santrinya yang telah meraih penghargaan bergengsi dalam bidang literasi di tingkat Kabupaten Sidoarjo. Bertepatan dengan ulang tahun Kabupaten Sidoarjo yang ke -163 tentunya membawa cerita bahagia tersendiri bagi seorang santri bernama Muhammad Nafis Ghifari dari SMP DAFI Sidoarjo kemarin (31/01). Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo juga memiliki agenda acara yang sangat spektakuler untuk para peserta didik, para guru maupun para pegiat literasi yakni ALS (Anugerah Literasi Sidoarjo) sebagai program penghargaan atau apresiasi yang diperuntukkan para pegiat literasi seluruh daerah di Kabupaten Sidoarjo.

Seperti dilansir kontributor, M. Nafis Ghifari sangat bangga dan senang terhadap pencapaian yang diraihnya pada saat momen penghargaan kemarin karena dia berhasil meraih predikat pemenang terbaik kedua kategori peserta didik di lingkungan kabupaten Sidoarjo dalam ajang ALS 2021 tersebut. Awalnya dia didaftarkan oleh kedua orangtua nya dengan menyerahkan hasil pemberkasan secara online dan Nafis pun mengetahuinya dan agak gelisah karena peserta lain banyak yang menghasilkan banyak buku.

Dalam motivasi yang dibangun, dia menyampaikan juga bahwa sejak kecil sudah suka membaca buku dan hal ini terdorong secara terus menerus dilakukan sehingga mencapai hasil maksimal pada saat ini.

M. Nafis Ghifari terlihat berfoto bersama dengan para pemenang lainnya di Dinas Pendidikan Kabupaten Kabupaten Sidoarjo kemarin (31/01).

Nafis (panggilan akrab) terinspirasi dari orang tuanya. Sejatinya orang tua dari M. Nafis Ghifari merupakan kedua-duanya seorang penulis, sehingga motivasi dan semangat menulis dan membuahkan dalam karya buku juga terwujud. Saat ini M. Nafis Ghifari sudah memiliki lima karya buku sehingga bisa memenangkan penghargaan literasi sebagai peserta didik terbaik kedua dalam acara ALS (Anugerah Literasi Sidoarjo) 2021 yang diselenggarakan pada tahun 2022 yang bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo pada tanggal 31 Januari 2022. Dia juga menyampaikan bahwa ada sebuah target yang ingin dicapai ke depan yakni harus bisa menghasilkan buku lebih dari sepuluh karya lagi sehingga bisa memberikan motivasi diri untuk selalu berkarya dalam bidang literasi di sekolah, daerah bahkan nasional nantinya.

Kepala SMP DAFI Sidoarjo, Ustadz Basuki Rakhmad, M.Pd sangat bersyukur atas penghargaan yang diraih oleh satu santrinya. Beliau menyampaikan bahwa salah satu kunci keberhasilan pendidikan masa kini adalah bagaimana siswa bisa menghasilkan karya dari apa yang telah dipelajari. Apa yang telah diraih ananda adalah wujud aktualisasi diri untuk mewujudkan tujuan belajar. Literasi yang merupakan bagian dari proses pembelajaran di sekolah telah menghasilkan insan-insan yang unggul dalam memajukan peradaban khususnya dalam bentuk karya tulis. Semoga dengan diraihnya ALS 2021 oleh ananda M. Nafis akan menggema semangat dan mengispirasi yang lainnya sehingga muncul para insan Literasi yang akan mengukir sejarah peradaban.

M. Nafis Ghifaris saat didampingi salah satu Guru SMP DAFI Sidoarjo, Ustadz Moch. Koko Setialan, S.Pd. saat menerima penghargaan literasi di Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo.

Sedangkan Waka Kesiswaan SMP DAFI Sidoarjo, Ustadz Lukman Setiawan, S.Pd menyampaikan harapannya bahwa semoga ananda M. Nafis Ghifari bisa dengan bahagia melanjutkan berkarya, Dan semoga kisah mas Nafis ini menginspirasi teman-teman seusianya untuk berkarya terutama di bidang literasi, Saya yakin banyak sekali potensi - potensi luar biasa dari para santri. Kisah mereka perlu dikenal dan diabadikan dalam goretan tulisan.

Harapan dan pesan pun terlontar dari seorang Muhammad Nafis Ghifari bahwa teman-temannya di SMP DAFI Sidoarjo untuk selalu rajin menulis, dan mulailah menulis dari awal dan hal itu akan membuat mereka juga akan mendapatkan atmosfer spirit dari M. Nafis untuk bersama dalam berkarya di program kegiatan selanjutnya di SMP DAFI Sidoarjo.

Sukses terus untuk ananda Muhammad Nafis Ghifari, dan selalu memberikan inspirasi bagi para santri lainnya untuk mengikuti jejak prestasimu. Sehingga akan lahir karya-karya lain dari para santri lainnya dalam menggoreskan tulisan-tulisan yang menginspirasi di even-even lainnya.

SMP DAFI Sidoarjo, Sekolahnya Para Penghafal Al Qur'an dan Sekolah Berprestasi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image