Cegah COVID-19, Tim PMM UMM Ajarkan Cuci Tangan 6 Langkah kepada Anak-Anak

Image
Daffa Ausar - 066
Eduaksi | Tuesday, 01 Feb 2022, 16:41 WIB

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 86 Gelombang 17 dari Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan edukasi tentang tata cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 86 dilaksanakan bertepatan di Kelurahan Penanggungan RT.07 RW.05, Kecamatan Klojen Kota Malang, Provinsi Jawa Timur yang dimulai pada tanggal 13 Desember 2021 yang disambut baik oleh Pak Hariono selaku kepala RT.

Tema yang diusung PMM kelompok 86 kali ini adalah “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat”, maka dari itu salah satu program kerja yang dibawakan adalah edukasi tentang tata cara mencuci tangan yang merupakan contoh kecil dari perilaku hidup bersih dan sehat. Cuci tangan yang baik dan benar perlu ditanamkan sedari dini terutama pada kondisi pandemi seperti saat ini.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran studi Pendidikan Dokter semester 5 UMM turut andil dalam melakukan edukasi kepada masyarakat. Kegiatan PMM ini dibimbing secara langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 86 Gelombang 17 Alimin Adi Waloyo, S.Pd.,M.App.Ling dan dikoordinatori oleh Daffa Ausar dengan 3 anggotanya Alifannisa Hasnur Islamy, Diah Nurmalasari, dan Naufal Armawa Putra.

Anak-anak Kelurahan Penanggungan RT.07 RW.05 dengan antusias mengikuti serangkaian acara pada hari Minggu, 9 Januari 2022. Koordinator mengawali kegiatan edukasi dengan menjelaskan tata cara mencuci tangan kepada anak - anak, setelah memberikan penjelasan mencuci tangan kepada anak-anak, anggota PMM kelompok 86 memberikan kesempatan untuk mencoba mencuci tangan dengan baik dan benar. Rangkaian acara dilanjutkan dengan kegiatan lomba mewarnai yang diikuti serempak oleh anak-anak. Serupa dengan kegiatan sebelumnya, lomba mewarnai yang diadakan oleh PMM Kelompok 86 ini bertemakan tentang cuci tangan. Kedua kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi anak-anak di Kelurahan Penanggungan RT.07 RW.05 mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Anggota PMM kelompok 86 bersama anak-anak peserta lomba mewarnai

Selain melakukan kegiatan edukasi kepada anak-anak PMM Kelompok 86 juga mengadakan cek tensi secara gratis dan edukasi mengenai kebersihan lingkungan dan juga 10 perilaku hidup bersih dan sehat kepada warga Kelurahan Penanggungan RT.07 RW.05.

Warga Kelurahan Penanggungan RT.07 RW.05 menyambut kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dengan antusias. Salah satu warga yang mengikuti pemeriksaan kesehatan ini mengatakan, bahwa para warga sudah menantikan adanya pemeriksaan kesehatan secara gratis, karena sudah lama di Kelurahan Penanggungan RT.07 RW.05 tidak diadakan pemeriksaan kesehatan. Kegiatan pemeriksaan kesehatan yang diadakan oleh PMM Kelompok 86 berupa cek tensi yang dilakukan dengan cara mengunjungi rumah warga secara langsung. Tak lupa juga para anggota PMM ini memberikan edukasi mengenai pantangan-pantangan yang dapat mempengaruhi tensi darah

Anggota PMM kelompok 86 bersama warga dalam kegiatan cek tensi darah
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image