Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Cho

Bagaimana Simulasi Kredit Tunaiku dan Biaya yang Dikenakan?

Gaya Hidup | Saturday, 29 Jan 2022, 10:27 WIB

Tunaiku adalah sebuah platform pinjaman online yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Di sini, Anda bisa meminjam dana hingga 20 juta rupiah dengan syarat yang mudah. Anda bisa mengajukannya via tunaiku.com atau aplikasinya saja. Namun, bagaimana simulasi kreditnya dan biaya apa saja yang akan dikenakan?

Simulasi Kredit dan Cicilan

Besarnya biaya yang harus Anda bayarkan tiap bulannya tergantung dari tenor yang Anda pilih dan jumlah pinjaman yang Anda ambil. Perlu Anda ketahui, Tunaiku menerapkan bunga 3% dan sifatnya flat setiap bulannya. Itu artinya, setiap bulan Anda akan membayar dalam jumlah yang sama sampai batas pelunasan selesai.

Untuk perhitungannya, Anda hanya perlu mengalikan bunga dengan jumlah pinjaman lalu ditambah jumlah pinjaman. Setelah itu, tinggal bagi saja dengan jumlah tenor yang Anda pilih. Sebagai contoh, bila Anda meminjam dana sebesar 2 juta rupiah di Tunaiku dengan tenor 6 bulan. Anda harus membayar sekitar Rp482.985,- per bulannya.

Sedangkan bila Anda memilih tenor 12 bulan, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp269.591,- per bulannya. Makin besar jumlah pinjaman Anda, maka makin besar juga jumlah yang harus Anda bayarkan tiap bulan. Sebagai contoh, bila pinjaman Anda adalah 20 juta.

Dengan tenor 6 bulan, Anda harus membayar Rp4.019.854,- per bulannya. Sedangkan bila mengambil tenor 12 bulan, Anda harus membayar sebesar Rp1.167.957,- per bulannya. Ini belum termasuk denda bila Anda telat membayar selama di meminjam dana di Tunaiku lewat https://tunaiku.com atau lewat aplikasinya.

Lalu, Biaya Apa yang Akan Dikenakan?

Sebenarnya, Anda tak akan dikenakan biaya yang banyak ketika meminjam dana di Tunaiku. Hanya biaya administrasi saja yang akan dikenakan. Besaran biaya administrasi ini adalah sebesar Rp540.000,- per pinjaman. Sedangkan untuk biaya keterlambatan, Anda akan dikenakan denda sebesar 0,16% per harinya.

Itu belum termasuk dana yang dikenakan dalam hitungan bulan. Untuk satu bulan, Anda akan dikenakan denda sebesar Rp100.000,- bila telat membayar. Tinggal tambahkan saja berapa yang harus Anda bayarkan. Sebagai contoh, bila Anda terlambat membayar 10 hari dari batas waktu dan pinjaman Anda berjumlah 2 juta, maka denda perharinya adalah Rp3.200,-.

Untuk sepuluh hari, kalikan saja. Akhirnya akan menjadi Rp32.000,- dan tambahkan lagi dengan biaya denda per bulan Rp100.000,-. Jumlahnya Rp132.000,- hanya untuk denda yang harus Anda bayarkan di bulan tersebut. Belum termasuk cicilan utama yang harus Anda bayarkan tiap bulan.

Sudah tahukan bagaimana caranya menghitung cicilan per bulan yang harus Anda bayarkan di Tunaiku bila pinjam via web di tunaiku.com atau melalui aplikasinya? Jangan sampai telat, ya! Kalau tidak, Anda akan kena denda yang besarnya lumayan. Lakukanlah pembayaran di hari kerja dan jam kerja serta jangan mepet hari untuk menghindarinya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image