Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lisa Andriani

Beasiswa Kemitraan Hoshizora Foundation dan Permata Bank Dukung Mahasiswa Lanjut Kuliah

Eduaksi | Friday, 28 Jan 2022, 19:51 WIB
Adik Ilham, salah satu awardee Permata Bintang Fellowship Batch 3

28 Januari 2022 - Mengantongi gelar sarjana menjadi hal yang tidak mudah bagi sebagian besar generasi muda di Indonesia. Terlebih di tengah kondisi perekonomian yang menurun selama pandemi COVID-19, semakin banyak mahasiswa yang kesulitan untuk membayar biaya kuliah. Berdasarkan laporan Statistik Pendidikan Tinggi 2020, kondisi ini menyebabkan sebanyak 601.333 mahasiswa putus kuliah pada 2020. Angka ini meningkat dari 18% di tahun 2019 menjadi 50% di tahun 2020.

Kondisi tingginya angka putus kuliah tersebut mendorong Hoshizora Foundation kembali menggandeng Permata Bank untuk melanjutkan program Permata Bintang Fellowship di tahun 2022. Program ini hadir sebagai bentuk komitmen untuk mendukung anak-anak Indonesia tetap melanjutkan pendidikan jenjang perguruan tinggi. Program ditujukan bagi mahasiswa/i yang terkendala secara finansial, namun berprestasi, aktif dalam kegiatan non-akademik, dan memiliki ketertarikan terhadap bidang literasi finansial. Pemahaman terhadap bidang literasi finansial merupakan hal penting bagi anak Indonesia agar dapat mengelola finansial dengan bijaksana sejak usia muda. Program Permata Bintang Fellowship memberikan dukungan berupa beasiswa pendidikan dan pendampingan selama satu tahun.

“Permata Bintang Fellowship merupakan program kemitraan antara Permata Bank dan Hoshizora Foundation sejak tahun 2019. Beasiswa perguruan tinggi ini bertujuan untuk mendukung mahasiswa-mahasiswa hebat di Indonesia agar dapat mewujudkan impiannya. Memasuki batch 3, Permata Bank berharap para awardee bisa berbagi manfaat, terus berprestasi, dan menjadi panutan kepada lebih banyak orang, terutama dalam bidang finansial.“ sebut Hengky Hanggoro Seno, selaku Head of Corporate Social Responsibility Permata Bank.

Sambutan dari Hengky Hanggoro Seno, selaku Head of Corporate Social Responsibility Permata Bank

Pendaftaran Permata Bintang Fellowship Batch 3 dibuka pada tanggal 7-19 Desember 2021 lalu. Di tahun ketiga, pendaftar Permata Bintang Fellowship mengalami peningkatan yang sangat signifikan sebesar 408% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Antusiasme pendaftar juga tampak pada persebaran wilayah yang sangat merata di berbagai daerah di Indonesia.

“Pendaftaran Permata Bintang Fellowship Batch 3 kali ini terdapat peningkatan 4 kali lipat dari pendaftaran batch sebelumnya, hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak antusiasme para pelajar yang ingin terus melanjutkan cita-cita mereka ke jenjang yang lebih tinggi khususnya untuk mereka yang berasal dari keluarga ekonomi menengah kebawah. Selain dukungan biaya pendidikan, program Permata Bintang Fellowship ini juga memberikan dukungan capacity building. Harapannya, para penerima beasiswa nantinya akan menjadi agen perubahan, role model dan bisa menjadi pribadi yang memberikan manfaat di lingkungan sekitar.” ungkap Yudi Anwar, Direktur Eksekutif Hoshizora Foundation.

Sambutan dari Yudi Anwar, Direktur Eksekutif Hoshizora Foundation

Pada tanggal 28 Januari 2022, para penerima beasiswa terpilih, atau disebut dengan Adik Bintang, secara resmi diangkat menjadi penerima beasiswa lewat acara Inagurasi Permata Bintang Fellowship Batch 3. Acara ini dihadiri oleh seluruh Adik Bintang terpilih, pihak Permata Bank, dan Hoshizora Foundation. Tidak hanya itu, seusai prosesi inagurasi, para Adik Bintang juga langsung mendapatkan kelas pengembangan diri mengenai literasi finansial yang dibawakan oleh Frida Decie Natalia, Investment Specialist dari Permata Bank.

Kelas Literasi Financial bersama Frida Decie Natalia, Investment Specialist dari Permata Bank.

“Jujur merasa sangat bangga bisa menjadi salah satu awardee Permata Bintang Fellowship Batch 3. Tidak menyangka bisa lolos dari ribuan peserta yang mendaftar. Terima kasih kepada Permata Bank dan Hoshizora Foundation yang telah memberikan beasiswa pendidikan sehingga kami bisa memperjuangkan impian. Untuk teman-teman awardee, semoga bisa menggapai tujuan dan impiannya, serta bermanfaat untuk masyarakat.” Kata Adik Ilham, salah satu penerima Permata Bintang Fellowship Batch 3.

Foto Bersama Seluruh peserta Inagurasi Permata Bintang Fellowship Batch 3

Melalui program Permata Bintang Fellowship, Hoshizora Foundation dan Permata Bank berharap para Adik Bintang yang terpilih dapat melanjutkan pendidikannya setinggi mungkin. Dengan begitu, mereka bisa merealisasikan potensi serta mewujudkan cita-cita mereka di masa depan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image