Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Guru Belajar

Bangun Kepercayaan Diri, OSIS MAN 1 Sleman Gelar Pelatihan Public Speaking

Eduaksi | Wednesday, 26 Jan 2022, 22:07 WIB

Sleman ( MAN 1 Sleman)_ Dalam rangka membangun kepercayaan diri berbicara di depan umum, OSIS MAN 1 Sleman menggelar pelatihan Public Speaking. Pelatihan dilaksanakan di Rumah Joglo, Beji, Bantulan, Godean, Rabu (26/1/2022) menghadirkan Ferry Anggara, Produser, Presenter TVRI Yogyakarta.

Menurut Fery, percaya diri (self confidence) wajib dimiliki seorang speaker (pembicara). Speaker harus mampu merencanakan, menyusun dan mendirect materi yang hendak disampaikan, Berbicara itu menyenangkan, bukannya menegangkan. Public speaking bukan sekadar berbicara, tetapi juga menyampaikan gagasan.

“Public speaker yang baik harus mampu mengenali dan mencintai audiensnya. Mengenali audiens bisa dilakukan dengan memperhatikan usia, gender, latar belakang para audiens. Selain itu berbicara di depan umum, pembicara agar memperhatikan intonasi, power, dan pitch. Kesuksesan public speaking bisa diukur dari sampainya pesan kepada seluruh audiens,” papar Fery

Setelah menyampaikan teori, ia mempersilakan beberapa peserta untuk mencoba praktik berbicara di depan peserta lainnya. Ia juga menambahkan bahwa sikap berbicara yang baik juga penting untuk menunjang kesuksesan berbicara di depan umum. “Jangan taruh tangan di saku celana, dan sebagainya,” pungkasnya. Semua peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan. (smn)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image