Bangun Kepercayaan Diri, OSIS MAN 1 Sleman Gelar Pelatihan Public Speaking

Image
Guru Belajar
Eduaksi | Wednesday, 26 Jan 2022, 22:07 WIB

Sleman ( MAN 1 Sleman)_ Dalam rangka membangun kepercayaan diri berbicara di depan umum, OSIS MAN 1 Sleman menggelar pelatihan Public Speaking. Pelatihan dilaksanakan di Rumah Joglo, Beji, Bantulan, Godean, Rabu (26/1/2022) menghadirkan Ferry Anggara, Produser, Presenter TVRI Yogyakarta.

Menurut Fery, percaya diri (self confidence) wajib dimiliki seorang speaker (pembicara). Speaker harus mampu merencanakan, menyusun dan mendirect materi yang hendak disampaikan, Berbicara itu menyenangkan, bukannya menegangkan. Public speaking bukan sekadar berbicara, tetapi juga menyampaikan gagasan.

“Public speaker yang baik harus mampu mengenali dan mencintai audiensnya. Mengenali audiens bisa dilakukan dengan memperhatikan usia, gender, latar belakang para audiens. Selain itu berbicara di depan umum, pembicara agar memperhatikan intonasi, power, dan pitch. Kesuksesan public speaking bisa diukur dari sampainya pesan kepada seluruh audiens,” papar Fery

Setelah menyampaikan teori, ia mempersilakan beberapa peserta untuk mencoba praktik berbicara di depan peserta lainnya. Ia juga menambahkan bahwa sikap berbicara yang baik juga penting untuk menunjang kesuksesan berbicara di depan umum. “Jangan taruh tangan di saku celana, dan sebagainya,” pungkasnya. Semua peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan. (smn)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Persiapan Evaluasi ZI, Kemenkumham Sumsel Ikuti Entry Meeting dengan TPI

Image

Sebuah Perjalanan

Image

Menulis Puisi Dengan Bebas

Image

Puisi di Ujung Waktu

Image

Rutan Kelas IIB Banda Aceh menggelar Sidang TTP bagi Warga Bi

Image

Kamus Bahasa Gaul yang Hits di Zaman Sekarang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image