Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Metari Saida

Jasa Pengiriman Kontainer Mulai Darat, Laut, hingga Udara

Bisnis | Wednesday, 26 Jan 2022, 17:21 WIB

Jasa pengiriman kontainer tersedia dalam berbagai pilihan, mulai darat, laut, hingga udara. Tentunya di antara ketiganya ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Serta ketiganya saling melengkapi dalam mengirimkan barang selamat hingga tujuan.

Ketika anda ingin mengirimkan barang, anda perlu untuk memutuskan terlebih dahulu jenis pengiriman apa yang paling sesuai untuk kebutuhan anda. Biasanya yang menjadi pertimbangan meliputi ukuran, berat, biaya, tipe barang, dan urgensi barang yang anda kirimkan.

Misalnya jika anda ingin mengirimkan office container 20ft ke kota yang masih berada di satu pulau dengan anda, akan lebih mudah menggunakan jalur darat. Sementara jika berbeda pulau, anda dapat memilih jalur laut atau jalur udara.

Jasa pengiriman container yang digunakan biasanya juga mempengaruhi container price yang akan anda dapatkan. Mengingat masing-masing jasa pengiriman memiliki harga yang berbeda-beda pula.

Untuk lebih jelasnya terkait tiga jenis pengiriman kontainer, simak sedikit penjelasan beserta kekurangan dan kelebihan dari masing-masing tipe pengiriman yang ada.

Pengiriman Kontainer Jalur Laut

Pengiriman kontainer jalur laut adalah proses transportasi barang yang dilakukan dengan menyebrangi lautan dengan menggunakan kapal. Tipe pengiriman ini merupakan yang paling sering digunakan dan dianggap paling efektif.

Sebagai tipe pengiriman yang paling efektif, pengiriman jalur laut ini diperkirakan mengambil 90% peran dalam pengiriman barang dibanding jalur lain. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan pengiriman barang melalui jalur laut.

Kelebihan

Pengiriman jalur laut merupakan jenis pengiriman yang paling murah jika dibandingkan yang lain. Hal ini karena biaya yang dikeluarkan biasanya dihitung per kontainer. Melalui jalur laut juga lebih memungkinkan untuk mengirimkan barang yang lebih besar dan berat. Serta rate kesuksesan pengirimannya mencapai 99,99% sampai tujuan.

Kekurangan

Biasanya pengiriman menggunakan jalur laut memerlukan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan pengiriman jalur lain. Hal ini karena kapal yang membawa kontainer akan transit berkali-kali untuk bongkar muat. Adanya transit ini juga yang menyebabkan terjadinya keterlambatan pengiriman.

Pengiriman Kontainer Jalur Udara

Pengiriman jalur udara dilakukan dengan menggunakan pesawat terbang untuk mempercepat proses transportasi barang ke seluruh dunia. Dengan jalur udara, pengiriman memakan lebih sedikit waktu sehingga cocok untuk pengiriman yang harus dilakukan tepat waktu.

Kelebihan

Kelebihan utama sarana pengiriman jalur udara adalah waktu yang dibutuhkan hanya sebentar. Jangkauan wilayah yang dapat dituju jalur udara lebih luas, mengingat hampir semua negara memiliki landasan udara. Rate kesuksesan pengiriman udara juga mencapai 99,99%.

Kekurangan

Ukuran pesawat terbang yang tidak terlalu besar membuat pengiriman barang jalur udara juga mengalami keterbatasan ukuran. Barang-barang yang terlalu tinggi atau terlalu besar tidak bisa dikirim dengan jenis pengiriman ini. Selain itu karena kecepatan pengiriman yang ditawarkan, jalur udara memiliki harga yang terbilang lebih mahal jika dibandingkan yang lainnya.

Pengiriman Jalur Darat

Pengiriman jalur darat dibedakan menjadi dua, yaitu menggunakan jalur kereta api dan menggunakan jalanan umum. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelebihan Pengiriman Menggunakan Jalur Kereta Api

Dengan jalur kereta api, pengiriman dapat lebih efisien untuk dilakukan. Dalam sekali angkut pengiriman dapat memuat hingga 400 kargo sekaligus. Selain itu, jalur kereta api juga bebas hambatan yang artinya anda tidak perlu khawatir terjebak kemacetan.

Kekurangan Pengiriman Menggunakan Jalur Kereta Api

Jika pengiriman dilakukan dalam jarak dekat, pengiriman dengan jalur kereta api kurang ekonomis. Selain itu untuk muatan barang berbahaya dan ukurannya lebih besar tidak dapat dimuat dalam gerbong normal, sehingga memerlukan perlengkapan khusus.

Kelebihan Pengiriman Melalui Jalanan Umum

Untuk jarak dekat, pengiriman melalui jalanan umum lebih ekonomis dan mudah untuk dilakukan. Hal ini karena pengiriman tipe ini dapat menjangkau berbagai wilayah dan dapat melakukan pengiriman dari pintu ke pintu. Hal ini mengingat semua wilayah memiliki jalanan umum yang bisa dilalui.

Kekurangan Pengiriman Melalui Jalanan Umum

Ukuran barang yang dikirim melalui jalanan umum sangat terbatas. Selain itu kondisi lalu lintas juga sangat berpengaruh dengan ketepatan waktu pengiriman. Mengingat hampir semua orang menggunakan jalanan umum.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image