Bagaimana Akad KPR Dalam Perbankan Syariah

Image
Siti Salma Nur Aulia
Eduaksi | Tuesday, 25 Jan 2022, 22:30 WIB

Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR adalah suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada nasabah perorangan untuk membeli atau memperbaiki rumah. Dengan KPR masyarakat tidak harus menyediakan dana sejumlah harga rumah, namun cukup menyediakan dana sebesar uang muka saja dan sisanya dapat diangsur setiap bulan selama jangka waktu KPR. Namun, bagaimana KPR dalam perbankan syariah? Apakah bisa dilakukan?

KPR dalam perbankan syariah bisa dilakukan dengan tiga akad pilihan. Yaitu dengan akad murobahah, akad IMBT atau Ijaroh Muntahiyah Bittamlik, dan akad MMQ atau Musyarakah Mutanaqishah. Apa yang membedakan ketiganya?

Dalam sisi kepemilikan :

Akad Murobahah, saat terjadi akad maka objek KPR menjadi sepenuhnya milik nasabah. Tetapi nasabah memiliki hutang kepada bank dan bank memiliki piutang kepada nasabah. Ketika jual-beli aset sepenuhnya milik bank hanya sebagai pengaman objek tersebut dijadikan jaminan dan dilakukan pengikatan hak tanggungan.

Akad IMBT atau Ijaroh Muntahiyah Bittamlik, saat terjadi akad aset milik bank. Jadi bank membeli aset terlebih dahulu, lalu disewakan kepada nasabah. Misalnya 10 tahun, dan diawal bank harus berjanji jika pembayaran berjalan lancar maka aset akan dihibahkan di akhir periode.

Akad MMQ atau Musyarakah Mutanaqishah, saat terjadi akad aset KPR menjadi milik berdua (bank dan nasabah). Namun porsi bank lebih tinggi daripada nasabah. Kemudian secara bertahap nasabah membeli porsi bank.

Apakah dari ketiga akad tersebut dapat direview jika nasabah tidak dapat melakukan kewajibannya?

Dalam akad murobahah jika hal itu terjadi maka tidak dapat direview, namun dalam akad IMBT dan MMQ dapat memungkinkan untuk direview. Saat ini perbankan syariah banyak mengadopsi akad IMBT dan MMQ karena lebih flexible. Contohnya di BNI Syariah, saat ini mengadopsi akad murobahah dan akad MMQ.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sharing is caring

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cara Membuat QR Code Untuk WIFI DI Coffeshop

Image

Wilayah yang Kental dengan Pendidikan di Indonesia

Image

HUT RI ke-77, Sebanyak 259 Narapidana Rutan Jepata Terima Remisi Umum 3 Diantaranya Langung Bebas

Image

Tiga Keuntungan Investasi Reksa Dana yang Tak Banyak Diketahui Orang

Image

PSMTI DIY Menggelar Donor Darah, Peringati HUT RI ke-77

Image

PENELITIAN SEPUTAR PENCARIAN KATA KUNCI INTERIOR KAMAR

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image