Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Elma Diah Agustin

Cara Baru Cuci AC dengan Uap: Solusi Efektif Membunuh Kuman dan Bakteri

Gaya Hidup | 2024-10-02 16:54:31
Proses cuci uap AC. Source: @simplycoolac

Semua alat elektronik memiliki masa pakai yang bervariasi, tergantung pada penggunaan dan seberapa baik perawatannya. Demikian pula, Air Conditioning (AC) harus dicuci secara teratur agar AC dapat bekerja dengan maksimal.

Cuci uap AC adalah metode pencucian AC dengan teknologi canggih yang menggunakan uap panas bertekanan tinggi untuk membersihkan kotoran di area yang sulit dijangkau, dan mensterilkan perangkat AC. Mengingat sifatnya yang efektif membunuh kuman dan bakteri, AC menjadi dua kali lebih bersih dengan menggunakan cuci uap AC daripada metode cuci AC biasa.

Saat ini, jasa cuci AC yang menyediakan cuci uap hanya di Simply Cool AC, yang merupakan pioneer dan satu-satunya jasa cuci uap AC di Indonesia. Simply Cool AC tersedia di wilayah JADETABEK dan Surabaya.

Proses Cuci Uap AC

Cuci AC menggunakan uap sebenarnya hampir sama dengan cuci AC pada umumnya, yang membedakan hanya menambahkan uap panas di akhir pembersihan. Pembersihan AC dimulai dengan membuka cover AC, kemudian bagian dalam seperti evaporator, blower indoor, dan semprot saluran drain dibersihkan menggunakan air, dan filter AC juga dicuci sebagaimana mestinya.

Selanjutnya, penyemprotan uap panas pada AC di area yang sama dengan cuci air biasa, dan bagian talang air AC. Sehingga kotoran ataupun kuman yang ada di AC dapat dibersihkan secara menyeluruh menggunakan uap bertekanan tinggi.

Manfaat Cuci Uap AC

Bebas bahan kimia: Proses cuci uap ini tidak menimbulkan risiko kerusakan pada unit AC. Karena dalam proses cuci uap hanya menggunakan air yang dipanaskan sehingga menjadi uap panas bertekanan tinggi.

Oleh karenanya, Cuci uap merupakan alternatif pemeliharaan AC yang aman dan terjamin kebersihannya, karena tidak menggunakan bahan kimia sama sekali.

Membunuh 99,9% bakteri: Uap bertekanan tinggi membersihkan di setiap sudut unit AC, secara efektif menghancurkan 99,9% bakteri, jamur, serangga, dan mikroorganisme lain yang terperangkap di dalamnya.

Udara dalam ruangan menjadi lebih bersih: Cuci uap juga terbukti efektif dalam mengatasi bau tak sedap pada AC dengan menghilangkan bakteri yang ada di koil evaporatornya. Dengan menggunakan cuci uap yang dijadwalkan secara teratur, aliran udara AC juga akan meningkat, sehingga menghasilkan kinerja dan kualitas udara yang lebih baik.

Lebih cepat kering: Proses pengeringan setelah mencuci AC menjadi lebih cepat karena menggunakan uap panas, sehingga secara efektif mengurangi waktu pengeringan dan memaksimalkan efisiensi.

Kapan waktu yang tepat untuk cuci AC?

Frekuensi ideal mencuci AC adalah 3 bulan sekali, terlebih ketika penggunaan AC diatas 8 jam, maka cuci AC harus dilakukan tepat waktu, karena kotoran yang ada di dalam AC bisa menjadi penyebab AC tidak dingin.

Singkatnya, cuci uap AC adalah metode pembersihan yang tepat untuk membersihkan AC dengan baik, mampu menghilangkan kotoran, membasmi serangga, dan membunuh 99,9% bakteri.

Kalau kamu penasaran dengan cuci uap AC, kamu bisa menghubungi layanan Simply Cool AC, karena teknisi AC di Simply Cool merupakan teknisi profesional yang berpengalaman dalam cuci uap AC dan memiliki peralatan yang lengkap untuk melakukan pekerjaan tersebut.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image