Pengertian Seni Batik Serta Ketahui Alat dan Bahannya

Image
Drajad Dwi
Eduaksi | Sunday, 23 Jan 2022, 21:24 WIB

UNESCO secara resmi mengukuhkan batik sebagai warisan Indonesia. Kini batik mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Perkembangan tersebut membuktikan bahwa seni batik adalah warisan budaya yang dinamis. Sebagai generasi milenial, sepatutnya mampu menjelaskan pengertian seni batik sebenarnya. Ketahui beragam seni batik beserta peralatan yang diperlukan.

Pengertian Seni Batik

Seni batik adalah suatu seni rupa terapan yang menghasilkan sebuah karya dengan motif tertentu pada sebuah kain. Membatik dapat menggunakan beberapa metode. Selain daripada metode batik tulis canting terdapat pula metode lain.

Seperti batik cap, batik celup ikat, batik printing dan batik colet. Pola yang terlukis menggambarkan ciri khasnya tersendiri. Beragam corak batik yang ada di Indonesia. Misalnya batik rupa Pekalongan, batik Keraton, batik Bali, batik Malang, batik Betawi dan masih banyak lainnya.

Setiap corak batik dari setiap daerah memiliki perbedaan motif yang cukup menonjol. Dimana semua corak tersebut terlihat sangat unik dan menjadi ciri khas daerahnya masing-masing. Keberagaman ini yang menjadi pemikat kaum milenial bahkan batik juga telah dikenal di mancanegara.

Batik sendiri juga menjadi komoditas bisnis yang potensial dengan menjadikannya berbagai macam produk seperti produk fashion seperti baju, tas dan dompet.

Alat Dan Bahan Untuk Membatik

Gawangan

Gawangan adalah alat bantu membatik yang difungsikan sebagai tempat meletakkan kain yang akan dibatik. Di Banyak daerah, gawangan terbuat dari bambu maupun kayu. Umumnya, alat ini memiliki dua kaki di kanan dan kiri.

Kompor Kecil Atau Anglo

Untuk menjelaskan pengertian seni batik perlu juga mengetahui beberapa komponen pembuatannya seperti halnya anglo. Anglo bisa diartikan kompor kecil untuk memanaskan lilin malam. Alat ini berguna untuk menjaga kestabilan suhu pemanasan lilin dan biasanya terbuat dari bahan tanah liat dengan bahan bakar arang.

Canting

Saat bicara soal batik, canting mungkin sudah sangat familiar. Ya, canting merupakan sebuah alat yang difungsikan semacam pena untuk membuat motif.

Wajan

Wajan yang digunakan dalam membatik ialah wajan berukuran kecil untuk mencairkan lilin malam. Secara umum, wajan yang digunakan tidak jauh berbeda yakni terbuat dari tanah liat ataupun tembaga. Sebagian pembatik lebih suka menggunakan wajan dari tanah liat karena panasnya yang lebih merata.

Melihat potensi warisan budaya seperti batik, sepatutnya generasi penerus dapat lebih menggiatkan gerakan cinta batik. Pengertian seni batik terjawab sudah, sekarang tugas semua elemen untuk menjaga seni dan warisan budaya leluhur ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang Blogger yang menyukai dunia bisnis dan internet marketing

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Rutan Prabumulih Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022

Image

Rekomendasi Jasa Tukang Taman Surabaya Timur Terbaik

Image

Rutan Mamuju Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke - 114 Tahun 2022

Image

Ini Dia Pintu Geser Ala Jepang Yang Minimalis Desainnya

Image

SMAN 34 Jakarta, Sekolah Berbasis Etika Lingkungan dan Environmental

Image

Rekomendasi Tempat Promosi Bisnis Online

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image