Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image arkian widi

PINBUK ICMI Gelar Workshop Digital Marketing dengan Artificial Intelligence

Teknologi | 2024-09-23 13:16:27
foto: PINBUK ICMI

Pemanfaatan kecerdasan buatan dalam pemasaran secara digital membuka peluang pegiat bisnis meraih cuan yang lebih besar lagi.

ChatGPT, Gemini, dan Canva

Masifnya teknologi kecerdasan buatan tak pelak menjadi momok, baik di dunia usaha maupun profesional. Para pekerja khawatir akan profesinya yang tergusur digantikan kecerdasan buatan.

Bagaimana dengan dunia usaha? Pelaku bisnis mesti mengantisipasi perkembangan artificial intelligence dengan menguasai berbagai perantinya.

Master Trainer xGapura Eko Sugiono mengungkapkan, tantangan utama para pengusaha bukanlah pada kecerdasan buatan itu sendiri, tapi pada kompetitor yang piawai memanfaatkan perangkat artificial intelligence.

“Jangan khawatir oleh AI, tapi antisipasi mereka yang menguasai AI”, tandasnya dalam Workshop Pinbuk ICMI “Digital Marketing dengan Artificial Intelligence”, Ahad 15 September 2024, Gedung ICMI Center, Jakarta Selatan.

Berkolaborasi dengan xGapura, Badan Otonom ICMI Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil ICMI (Pinbuk ICMI) menggelar pelatihan intensif selama satu hari mengenai penerapan artificial intelligence untuk meningkatkan efektivitas pemasaran usaha lewat otomatisasi, personalisasi, dan pengukuran kinerja.

Mengenali platform artificial intelligence, para peserta belajar menggunakan ChatGPT, Gemini, dan Canva untuk memecahkan solusi berbagai kebutuhan fundamental pemasaran. Para pegiat UMKM/ UKM ini memanfaatkan AI dalam melakukan riset pasar dan menentukan buyer persona, serta optimasi kampanye dan analisis data.

Para mentor juga membagikan tip praktis pemasaran dengan AI yang menyajikan studi kasus. Peserta pelatihan juga belajar membuat konten teks, gambar, dan video menggunakan AI, serta menyusun rencana aksi digital AI expert.

Dengan meningkatkan keahlian pemasaran pada penerapan AI, para pelaku usaha akan meningkatkan efektivitas strategi pemasaran digital, dan pengembangan bisnis. Bagai konsultan bisnis andal, AI memandu para pelaku usaha melakukan rutinitas kegiatannya secara lebih efektif dan efisien.

Pelatihan yang dikemas dalam tujuh jam pelajaran ini menghadirkan Direktur Pinbuk ICMI Aslichan Burhan, Founder & CEO xGapura Chrisma Wibowo, Chief Operating Officer (COO) xGapura Abdul Hamid H., dan Public Relation xGapura Lucky Widyanti.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya