Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gilang Wisnu Pramedia

5 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

Gaya Hidup | Tuesday, 17 Sep 2024, 15:49 WIB

Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat yang paling banyak dikonsumsi jika diganti dengan nasi. Varietas umbi ini dapat dengan mudah diubah menjadi item menu yang lezat untuk hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup. Kentang tidak hanya enak; mereka juga memiliki banyak keuntungan. Lantas, apa saja manfaat kesehatan dari kentang? Simak ulasan berikut ini.

1. Dapat Memperkuat Tulang

Ikuti Kesehatan Tulang Manfaat kesehatan kentang dapat membantu memperkuat tulang. Kentang mengandung seng, besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan mineral lain yang membantu tubuh dalam membangun dan memelihara tulang yang kuat. Pembentukan dan pertumbuhan kolagen sangat dipengaruhi oleh zat besi dan seng. Kalsium dan fosfor berperan penting dalam pembentukan tulang.

2. Bagus Untuk Yang Sedang Diet Gluten

Jika Anda tidak makan gluten, masuk akal untuk mengurangi karbohidrat. Kentang bisa digunakan sebagai pengganti nasi bagi orang yang alergi terhadap gluten. Kentang bebas gluten dan cocok untuk penderita penyakit celiac serta individu yang sensitif terhadap gluten.

3. Dapat Menjaga Organ Jantung

Konsumsi kentang juga memiliki manfaat tambahan untuk menjaga organ jantung. Ini karena manfaat sehat dari asam L-askorbat, vitamin B6, serat, dan potasium yang ditemukan dalam kentang. Konsumsi kentang juga menurunkan kolesterol, menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Tingginya Kolin

Kentang memiliki banyak kolin yang baik untuk kesehatan. Kolin membantu dalam pembelajaran, memori, pertumbuhan otot, dan manajemen pola pikir. Selain itu, kolin terlibat dalam retensi lemak, kesehatan mental dini, transfer bendera saraf, dan pemeliharaan struktur sel.

5. Adanya Kandungan Antioksida Yang Bagus Untuk Tubuh

Kentang bermanfaat karena kandungan antioksidannya selain kandungan kolinnya yang tinggi. Flavonoid, fenolik, dan karotenoid yang dapat mencegah radikal bebas banyak terdapat pada kentang dan dapat mencegah kanker.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image