Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image lisa ariani

Sosialisasi Stunting di Nagari Koto Sani: Kontribusi KKN untuk Masa Depan Cerah

Edukasi | Monday, 09 Sep 2024, 20:42 WIB

Mahasiswa UNAND yang sedang melaksanakan kegiatan KKN di Nagari Koto Sani, Solok telah berhasil mengadakan sosialisasi stunting. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk mengurangi angka stunting yang masih ada pada nagari tersebut. Seperti yang kita ketahui, stunting menjadi permasalahan pelik di Indonesia dan menurut data WHO tahun 2017, Indonesia termasuk negara ketiga dengan prevalensi tertinggi di regional Asia Tenggara.

Pemberantasan stunting membutuhkan penanganan berbagai sektor, mulai dari kebijakan pemerintah hingga edukasi masyarakat mengenai stunting itu sendiri. Masih banyak masyarakat yang belum memahami lebih lanjut terkait apa itu stunting dan bagaimana dampak terhadap anak yang mengalami stunting itu sendiri. Oleh karena itu, penyuluhan stunting di Nagari Koto Sani diadakan gua memberi pemahaman lebih lanjut pada warga dan supaya warga tidak menganggap remeh kasus stunting itu sendiri.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa UNAND bekerja sama dengan bidan dan kader setempat serta melakukan sosialisasi di keempat nagari yang ada di Koto Sani. Kegiatan dimulai di korong Limo Ninik. Dipandu oleh Bidan Ayu dan ibu kader, mahasiswa UNAND melakukan penyuluhan tentang pengertian stunting, bahaya, dan salah satu pencegahan stunting, yaitu ASI efektif. beberapa ibu masih belum mengerti tentang teknik perlekatan yang baik. Mahasiswa UNAND menjelaskan bahwa bayi melekat dengan benar pada payudara apabila ada keempat tanda berikut, yaitu :

1. Dagu bayi menyentuh payudara

2. Sebagian besar areola masuk ke dalam mulut bayi

3. Mulut terbuka lebar

4. Bibir bawah bayi melengkung ke luar

Beberapa tanda bahwa bayi sudah mengisap efektif salah satunya adalah bayi terlihat puas dan tertidur setelah menyusu. Sosialisasi tersebut mendapat respons positif dari warga dengan banyaknya warga yang bertanya untuk ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana teknik menyusui yang baik dan benar.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 23, 24, dan 29 Juli yang pelaksanaannya tersebar di setiap posyandu pada keempat jorong, yaitu jorong Padang Belimbing, Limo Ninik, Kasik, dan Ujung Ladang di Nagari Koto Sani.

Oleh : Mahasiswa KKN Universitas Andalas Nagari Koto Sani

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image