Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bapperida Kabupaten Boyolali

Alat Peraga IPA Daur Hidup Kupu-kupu

Eduaksi | 2024-07-30 08:57:21

Media ajar ini disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dari yang bersifat abstrak ke media pembelajaran yang bersifat kongkrit, bahannya terbuat dari bahan sederhana dan mudah didapatkan seperti kardus bekas, kertas warna, pensil warna dan lem yang dibuat sedemikian rupa agar siswa mampu menggunakan dengan mudah dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi daur hidup kupu-kupu.

F. SOP Inovasi Media Ajar Daur Kupu-kupu

1) Guru melakukan pemetaan kebutuhan belajar IPA materi Daur Hidup Kupu-kupu disesuaikan dengan prefensi gaya belajar siswa.

2) Guru membuat perencanaan pembuatan media ajar daur hidup kupu-kupu dari bahan sederhana untuk pelajaran IPA.

3) Guru melakukan proses pembuatan media ajar daur hidup kupu-kupu dari bahan sederhana.

4) Peserta didik menggunakan media ajar daur hidup kupu-kupu pada mapel IPA.

5) Guru melakukan evaluasi pasca penggunaan media ajar daur hidup kupu-kupu.

6) Guru melakukan refleksi hasil penggunaan media ajar daur hidup kupu-kupu.

7) Guru melakukan tindak lanjut hasil evaluasi dan refleksi.

1. Tujuan :

Tujuan Inovasi media ajar daur hidup kupu-kupu :

A. Menarik minat belajar dengan mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik tentang mapel IPA.

B. Mempermudah pemahaman dan pengembangan potensi peserta didik pada materi IPA tentang penyajian daur hidup kupu-kupu.

C. Mengubah pembelajaran yang bersifat abstrak ke pembelajaran yang bersifat kongkrit dan dapat di gunakan langsung oleh peserta didik yang mampu memberi pengalaman yang lebih berkesan.

D. Upaya relisasi Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 menyebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.

2. Manfaat :

Manfaat dari inovasi media belajar diagram batang pelangi:

A. Meningkatkan minat belajar peserta didik.

B. Meningkatkan hasil belajar peserta didik.

C. Mempercepat pemahaman materi.

3. Hasil :

Adanya inovasi proses daur hidup kupu-kupu maka:

A. Menjadi bentuk upaya realisasi guru dalam mewujudkan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 .

B. Inovasi yang akan dilaksanakan merupakan model memberi pelayanan berbasis non digital dan memanfatkan bahan sederhana.

C. Menjadi bentuk upaya guru untuk meningkatkan minat belajar, hasil belajar, dan mempercepat pemahaman materi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image