Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image vina wafia

Strategi Terbaik untuk Meraih Kesuksesan Bisnis, Panduan Praktis Berwirausaha

Bisnis | 2024-07-25 11:15:14

Sesungguhnya indonesia tidak kekurangan orang-orang pintar dan kreatif. Indonesia telah memiliki banyak anak-anak muda dan masyarakat yang kreatif. Hanya saja mereka yang belum tau dan ragu untuk mengembangkan ke kreatifannya. Bagaimana untuk mengembangkan kreatifas mereka ke dunia usaha? Karena yang mereka pikirkan adalah Ketika kita ingin memulai sebuah usaha ada banyak hal yang harus di perhatikan.

Wirausaha adalah seorangan atau individu yang memiliki jiwa untuk mendirikan, mengelola, dan mengembangkan sebuah bisnis atau usaha. Sedangkan kewirausahaan merupakan jiwa dari seseorang tersebut yang dapat diekspresikan melalui sikap dan kreatif yang inovatif untuk melakukan suatu kegiatan dalam pengelolaan sebuah usaha. Maka, dalam menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha tersebut kita perlu adanya sebuah pembelajaran atau biasa disebut pelatihan yang dapat mendorong dan mengembangkan jiwa-jiwa kewirausahaan yang dimiliki.

Menurut DAW Sya'roni & JJ Sudirham, (2012:3), kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan resiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi.

Menurut Thomas W. Zimmerer, kewirausahaan adalah penerapan keinovasian dan kreativitas untuk pemecahan masalah dan memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.

Dari beliau diatas dapat kita tarik bahwa kewirausahaan adalah salah satu proses untuk menciptakaan kreativitas perseorangan untuk mendapatkan peluang yang dapat menguntungkan bagi perseorangan individu tersebut.

Dalam memulai sebuah usaha sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan siapapun dan dimanapun pasti bisa dilakukannya ketika seorang tersebut telah mengetahui cara dan langkah untuk memulainya. Ketika akan memulai sebuah usaha atau berwirausaha pasti anda perlu yang namanya membaca pasar dan mengetahui peluang. Nah dalam hal tersebut akan kita bahas di bawah ini untuk memulai sebuah usaha dan atau bisnis.

Berikut yang harus di ketahui Ketika akan memulai berwirausaha antara lain:

1. Berani mengambil resiko

Seperti yang kita ketahui bahwa di dunia ini sesungguhnya tidak ada yang tidak memiliki resiko. Bahkan ketika kita jalan saja juga ada resiko, bahwa ketika tidak berhati-hati atau meleng pasti akan tersandung dan jatuh. Begitu juga dengan berwirausaha, untuk memulai sebuah usaha kita harus mengetahui apasaja resiko-resiko yang akan kita hadapi nanti. Berikut akan kita jelaskan beberapa resiko yang akan dihadapi dalam memulai sebuah wirausaha:

A. Kerugian

B. Persaingan antar usaha ataupun perusahaan

C. Kondisi pasar yang tidak stabil

D. Mental yang pantang menyerah

2. Mengetahui peluang

Ketika akan memulai sebuah usaha pasti juga akan diharuskan untuk mengetahui peluang dan pasar seperti apa yang akan dipasarkan dan usaha apa yang dapat menjanjikan. Selain peluang usaha juga harus mengetahui peluang lokasi seperti ketika kamu berada di sekitar tempat strategis untuk usaha anda pasti akan dapat melihat peluang. Ketika sudah mengetahui peluang maka disitulah kita dapat memulai sebuah usaha. Sebenarnya dimanapun tempat kita untuk saat ini sangat mudah untuk menjalankan bisnis. Zaman sekarang ini semua sudah serba canggih. Hanya bermodalkan internet sebenarnya sudah menjadi peluang besar bagi kita hanya saja bagaimana kita untuk memanfaatkan internet tersebut. Berikut ada beberapa peluang dan jenis usaha yang dapat kita jalankan dimanapun kita berada dan fleksible hanya bermodalkan gadget dan internet saja.

a) Entri data

b) Firtual Asissten

c) Affiliate marketing

d) Dropshipper

Dalam menjalankan kerja tersebut kita hanya bermodalkan hp atau laptop dan internet saja. Nah bagaimana mengirimkan hasil kerjanya? Kita hanya perlu mengirimnya lewat gmail perusahaan ataupun perangkat lunak lain yang disarankan oleh sang pemilik usaha dalam perusahaan tersebut yang kalian kerjakan.

3. Memahami ancaman dalam sebuah usaha

Dalam berwirausaha atau menjalankan sebuah bisnis usaha, kita sebagai calon pemilik usaha tersebut juga harus memahami ancaman-ancaman yang akan dihadapi ketika menjalankan sebuah usaha tersebut. Ketika memulai sebuah usaha pasti ada banyak sedikitnya ancaman-ancaman yang akan datang. Nah disitulah kita harus bisa memahami dan dapat menangani ancaman-ancaman tersebut entah yang akan datang ataupun sudah terjadi dalam usaha yang kita bangun dan jalankan.

4. Kekuatan yang mendukung dalam usaha

Yang dimaksudkan kekuatan dalam usaha yaitu bukan hanya kekuatan fisik dan mental akan tetapi juga kelompok yang dapat mendukung dan mengembangkan usaha. Seperti contencreator, mereka juga memerlukan sebuah tim dan didalam tim tersebut juga memiliki tugas-tugas tersendiri. Dalam tim kontencreator mereka juga memiliki editor, pemain dll. Nah dalam hal tersebut ketika kita memiliki tim maka dapat memudahkan dalam mengembangkan sebuah chanel yang kita bangun.

Selain beberapa hal tersebut diatas disini kita juga akan bahas beberapa hal yang sangat praktical dan harus dilakukan dalam memulai usaha baru.

Proses yang akan dijabarkan dalam tulisan ini akan mengacu pada Business plan anda. Termasuk didalamnya yaitu, saless and marketing. Agar operasional dan keuangan yang telah dipersiapkan untuk memulai usaha. Karena dalam membuat kalkulasi perencanaan pengeluaran kita akan menjadi sangat penting agar financial planing kita tidak terlalu melenceng dari perkiraan yang telah ditentukan.

Berikut ini beberapa pembahasan yang akan sangat practikal untuk memulai sebuah usaha ataupun bisnis, yaitu sebagai berikut:

1. Memilih nama dan menentukan logo usaha

Dengan membangun sebuah usaha sudah pasti anda akan memilih nama yang tepat untuk usaha anda yang akan membawa keberkahan dan keuntungan untuk anda, keluarga dan orang-orang didalamnya yang terlibat (karyawan). Setelah memberikan nama maka anda juga perlu untuk membuat logo atau lambang yang menggambarkan tentang usaha anda. Nama dan logo dalam usaha anda akan selalu di ingat oleh para coustemer ataupun rekan kerja selamanya, jika usaha anda juga memiliki karakter yang dapat menunjang keberhasilan bisnis anda. Dalam menentukan nama bukanlah hal yang begitu sederhana akan tetapi tidak begitu sulit juga. Berikut mungkin akan membantu anda dalam menentukan nama dalam bisnis anda.

a) Pilihlah nama yang mudah diingat dan sesuai dengan bisnis anda. hal ini bukan hanya memudahkan untuk anda akan tetapi juga akan memudahkan pelanggan dan rekan kerja bisnis anda untuk dapat mudah mengingat perusahaan anda.

b) Perhatikan apakah nama yang anda ciptakan sudah banyak yang memiliki atau menggunakan nama tersebut. Terutama dilingkungan sekitar anda membuka usaha atau nama tersebut sangat umum, karena hal ini akan berdampak pada branding anda.

c) Membuat logo yang sesuai dengan dengan keinginan anda sebagai owner. Buatlah agar mengantung citra yang dapat dengan mudah untuk diceritakan.

2. Memilih tempat usaha

Biasanya anak muda saat ini selalu berfikir untuk berbisnis akan tetapi mereka selalu bermain-main dalam menentukan usahanya, dan biasanya mereka selalu terpacu pada McDonals, KFC dan usaha brand-brand besar lainnya. Dalam menentukan tempat usaha tidak harus dengan tempat yang sempurna dan ramai. Akan tetapi biasanya yang hanya dengan tempat yang biasa saja bisa mendatangkan coustemer-coustemer baru yang selalu berdatangan asalkan strategis dan mudah dijangkau. Apalagi jika membuka usaha laundry di jalan masuk sedikit dari jalan utamna asalkan dapat meletakkan papan nama usaha kita di jalan utama, hal ini dapat memiliki banyak kemungkinan untuk menghemat biaya promosi untuk usaha kita. Maka dalam menentukan tempat usaha tidak harus ditempat-tempat ramai atau dekat dengan jalan utama seperti usaha laundry tadi asalkan memiliki manfaat maka hal tersebut akan tetap dicari dan mudah dijangkau.

3. Membeli perlengkapan yang dibutuhkan

Sebelum membuka usaha kita harus benar-benar menentuka usaha yang akan kita jalankan. Ketika sudah dapat menentukannya sebuah usaha, maka kita juga harus mempersiapkan penunjang berjalannya sebuah usaha atau bisnis yang kita jalankan. Berikut beberapa tips untuk membantu anda dalam membeli perlengkapan usaha:

1) Tidak harus semua baru untuk memulai usaha dalam langkah awalnya. Jika memungkinkan untuk membeli semua maupun beberapa perlengkapan dan furnitur yang secound-hand kita hanya perlu untuk membersihkannya untuk digunakan kembali. Dalam membeli perlengkapan secound-hand, ada banyak tempat yang menjual peralatan kantor maupun untuk usaha miro kecil menengah. Anda hanya cukup klik dan mencari di internet untuk informasi penjual furniture maupun perlengkapan tersebut.

2) Melakuka renovasi pada tempat yang akan digunakan. Seperti renovasi kecil, pada bagian-bagian yang rusak seperti dinding pada tempat tersebut dan pengecatan ulang. Hal ini dapat anda lakukan untuk menciptakan suasana baru dan dapat menarik pelanggan jika untuk UMKM.

3) Jika anda tidak ahli dalam pertukangan dan dekorasi interior. Anda hanya perlu untuk mencari tukang harian yang dapat membantu anda dalam dekorasi tersebut. Dalam hal ini anda hanya perlu membeli dan menyiapkan bahan-bahannya dan memberi upah pada tukang yang membantu anda dalam pertukangan, per orang anda hanya perlu memberi upah kisaran 70-80ribu per hari.

4) Untuk barang elektronik anda harus membelinya yang baru. Tidak perlu premium brand anda juga bisa membelinya dengan kualias lokal dan memiliki garansi produk minimal 1 tahun garansi. Hal ini dapat membuat anda aman dalam menggunakan selama setahun jika ada kerusakan anda dapat menukar atau memperbaiki produk tersebut pada toko ytempat anda mendapatkan prduk tersebut.

4. Merekrut karyawan atau pegawai

Hal ini merupakan bagian yang agak sulit karena anda harus memilik orang-orang yang akan menggerakkan dan membantu dalam mengembakan usaha anda. Anda boleh membeli peralatan mesin yang mahal, akan tetapi anda juga harus tau dan ingat bahwa yang mengoperasikannya juga hanyalah manusia biasa seorang pegawai atau karyawan.

5. Melakukan training dan persiapan

Ketika sudah menemukan karyawan yang tepat maka anda perlu yang namanya melatih kemampuan karyawan baru kurang lebih 1-2bulan. Hal tersebut dilakukan untuk dapat mengetahui kemampuan dan kelemahan sang karyawan tersebut.

6. Promosi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa promosi adalah salah satu upaya kita untuk memperkenalkan dan menawarkan produk atau jasa kepada masyarakat luat untuk menarik calon konsumen atau pembeli.

7. Peresmian

Kenapa harus ada peresmian dalam sebuah wirausaha?

Peresmian atau yang biasa disebut dengan grand opening adalah sebuah pemberitahuan atau publikasi tentang adanya suatu usaha atau bisnis baru yang memiliki sebuah produk atau pelayanannya dapat dinikmati oleh setiap orang. Hal ini dilakukan untuk membantu pebisnis

8. Pengembangan Usaha

Dalam berwirausaha kita tentunya selalu menginginkan bahwa usaha atau bisnis kita akan terus berkembang dan sukses. Dalam mengembangkan sebuah usaha anda perlu memenege usaha anda dari bahan baku, karyawan, dan cara promosi untuk neningkatkan bisnis anda. tidak hanya itu akan tetapi juga pengawasan kinerja karyawan dalam kemajuan usaha atau bisnis kita.

Dalam dunia yang kompetitif ini, strategi yang tepat dapat menjadi pembeda antara kegagalan dan kesuksesan dalam berwirausaha. Artikel ini telah menguraikan berbagai strategi praktis yang dapat diterapkan oleh para wirausahawan untuk mencapai tujuan bisnis mereka. Dari memahami pasar dan pesaing hingga mengembangkan inovasi dan memanfaatkan teknologi, setiap langkah memiliki peran penting dalam perjalanan menuju keberhasilan.

Pentingnya memiliki visi yang jelas, rencana yang terstruktur, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar tidak boleh diabaikan. Selain itu, kolaborasi dengan para ahli dan membangun jaringan yang kuat juga dapat memberikan keuntungan kompetitif yang signifikan.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini secara efektif, para wirausahawan dapat meningkatkan peluang mereka untuk mencapai keberhasilan yang berkelanjutan dalam bisnis mereka. Kesimpulannya, kesuksesan bisnis tidak hanya tentang memiliki ide yang brilian, tetapi juga tentang bagaimana menerapkan strategi yang tepat untuk mengubah ide tersebut menjadi kenyataan yang sukses dan berkelanjutan.

Vina Wafiatul Fauziah

Prodi Ekonomi Syariah

Universitas Kh. Mukhtar Syafaat

Blokagung, Tegalsari, Banyuwangi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image