Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wildan Aruslan

Bawang Merah Menjadi Salah Satu Rempah Utama Masakan Indonesia

Logistik | 2024-07-22 09:05:14
Pangannews.id

Di balik cita rasa setiap hidangan Indonesia, terdapat rempah-rempah yang memegang peran penting, termasuk bawang merah. Namun, peran sentral bawang merah ini juga mencerminkan perjuangan para petani yang harus menghadapi tantangan alam dan pasar global. Daerah Demak dan sekitarnya dikenal sebagai salah satu penghasil utama bawang merah di Indonesia, terutama di Kecamatan Mijen, Karang Tengah, dan Karang Anyar, yang menjadikan bawang merah sebagai komoditas hortikultura unggulan.

Badan Pusat Statistik (BPS) Daerah Demak mencatat produksi bawang merah mencapai 403.357 kuintal dengan luas kurang lebih 9.000 Ha, pada tahun 2023, meningkat menjadi kuintal tahun berikutnya. Selama lima tahun terakhir, produksi bawang merah di Demak terus meningkat. Permintaan harian yang konsisten menuntut rantai pasok yang efisien untuk memastikan kepuasan konsumen dan keberhasilan usaha. Rantai pasok ini melibatkan pengadaan oleh pedagang pengumpul dari petani, pengisian ulang oleh pedagang besar, dan pemesanan langsung dari konsumen.

Petani bawang merah menghadapi tantangan cuaca buruk dan hama, seperti serangan ulat hijau, yang dapat merusak tanaman dan mengurangi hasil panen. Selain itu, berbagai faktor ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan juga dapat mempengaruhi keberhasilan usaha tani bawang merah di masa mendatang.

Muhammad Amirul Wildan

Ekonomi syariah

Universitas KH. Mukhtar Syafaat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image