Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Eka Nur hidayah

Belajar Asik Menggunakan Metode Bernyanyi

Guru Menulis | Wednesday, 03 Jul 2024, 22:02 WIB

Belajar Asik Menggunakan Metode Bernyanyi

Purworejo 16 Juni 2024, proses belajar mengajar dengan berbagai metode pembelajaran terusber kembang di era pembelajaran. Seorang mahasiswa pgsd belajar mengajar dengan cara

Bimble berkelompok dengan mengambil metode pembelajaran yang menarik dan interaktif.

Dalam aktivitas bimble mahasiswa tersebut mengajarkan materi magnet. Dalam pembelajaran

mereka mengambil metode pembelajaran berbasis lagu. Dengan menggunakan metode

pembelajran berbasis lagu dapat membantu siswa memahami konsep magnet denagn lebih

mudah dan menyenangkan.

Mahasiswa yang sedang berlatih mengajar tersebut mengenalkan materi magnet kepada

siswanya yaitu konsep dasar kemagnetan melalui lagu lagu edukasi. Lagu tersebut dibuat

untuk menjelaskan berbagai aspek magnet, termasuk sifat, jenis magnet, cara kerja magnet

dan penggunaan magnet dalam sehari hari. Dengan penggunaan metode bernyanyi

memudahkan siswa untuk mengingat materi tersebut karna dengan lirik yang menarik dan

asik mudah untuk diingat siswa, sehingga siswa dapat menyerap informasi dengan lebih baik.

Kegiatan tersebut melibatkan pengajar dengan siswa. Terdapat 2 pengajar dan 4 siswa dalam

kegiatan bimble. 2 orang pengajar tersebut adalah Eka nur hidayah dan Ardita ainur rahma,

serta 4 siswa tersebut adalah citra ayu oktaliasih, akhsani mataul aini, natasya silfanika

anindita, dan afifah dwi safitri. Mereka merupakan siswa kelas 5 SD.

Kegiatan belajar mengajar ini dilakukan di Rumah yaitu berada di Ngemplak Karanganyar,

yang terletak di kawasan wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Suasana rumah dibuat

senyaman mungkin untuk membuat siswa merasa nyaman, santai, dan lebih fokus selama sesi

belajar.

Kegiatan belajar mengajar asik menggunakan metode bernyanyi dilakukan sejak tanggal 27

April 2024 hingga 11 Mei 2024. Setiap hari Sabtu pukul 13.00 wib. Pada saat belajar siswa

memiliki 1 sesi untuk bernyanyi yaitu bernyanyi materi magnet yang telah dibuat oleh

pengajar. Guna mencegah siswa untuk tidak bosan dan mengantuk dalam belajar.

Pendekatan belajar dengan bernyanyi sebagai metode pembelajaran, tentulah sangat efektif,

karna anak-anak suka bernyanyi. Namun nyanyian-nyanyian edukatif yang menunjang

pembelajaran, jumlahnya masih terbatas. Menyadari hal itu, pengajar mencoba mengubah

nyanyian populer anak-anak menjadi lagu yang dapat membantu anak didik dalam materi

pembelajaran.

Dengan bernyanyi diharapkan siswa dapat belajar magnet dengan suasana yang baik dan

menyenangkan sesuai dengan kebutuhan di usia mereka. Penerapan metode bernyanyi dalam

pembelajaran, teori ini sangat gampang dan mudah dilakukan. Namun seiring dengan

berkembangnya zaman teori ini juga semakin berkembang, metode lagu dalam pembelajaran

terbagi menjadi dua fase yaitu: Pertama bernyanyi menggunakan media, dimana pengajar

harus mempersiapkan sebuah materi yang sudah dimasukkan dalam media, contohnya lagu

berbentuk video. Hal ini dilakukan jika pengajar memiliki kendala. Faktanya mungkin semua

pengajar suka bernyanyi namun tidak semua dari mereka percaya diri untuk bernyanyi di

depan siswa. Kedua bernyanyi tanpa media, ini merupakan cara lama bagi seorang guru yang

memiliki kemampuan dalam tarik suara. Hal ini sangat cocok untuk dilakukan,

mempersiapkan materi untuk dinyanyikan di depan siswa.

Cara penerapan metode bernyanyi dalam semua tingkatan belajar: Tingkat Kanak-kanak(TK),

Tingkat Sekolah Dasar (SD), Tingkat SMP, Tingkat SMA, Tingkat Perguruan Tinggi, Pada

tingkatan ini, lagu/nyanyian sudah dihubungkan dengan materi pembelajaran atau bidang

studi, misalkan untuk menghafal kosa kata/rumus/materi.

Metode bernyanyi merupakan strategi pembelajaran yang bermanfaat dan menyenangkan,

menawarkan berbagai keuntungan bagi siswa dan guru. Penerapan metode ini dalam

pembelajaran dapat meningkatkan motivasi, semangat belajar, pemahaman materi,

kreativitas, kerjasama, dan rasa kebersamaan di antara siswa.

Oleh karena itu, metode bernyanyi layak dipertimbangkan dan diimplementasikan sebagai

salah satu metode pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk mencapai tujuan pendidikanyang optimal.

Metode bernyanyi terbukti menjadi cara yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan

proses belajar mengajar, terutama bagi anak-anak. beberapa kesimpulan dari penggunaan

metode bernyanyi dalam pembelajaran Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar seperti

Ciptakan suasana belajar yang positif dan menyenangkan, sehingga memicu semangat dan

antusiasme siswa, Membantu siswa lebih mudah fokus dan berkonsentrasi pada materi

pelajaran dan Meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian siswa untuk berpartisipasi aktif

dalam pembelajaran.

Mempermudah Proses Menghafal dan Memahami Materi seperti Melodi dan rima dalam lagu

membantu siswa mengingat informasi dengan lebih mudah dan melekat dalam jangka

panjang, Lirik lagu yang edukatif dapat membantu siswa memahami konsep dan materi

pelajaran dengan lebih baik, dan Pengulangan dalam lagu membantu memperkuat

pemahaman dan ingatan siswa.

Efektivitas pada Berbagai Usia dan Mata Pelajaran seperti Metode bernyanyi dapat

diterapkan pada berbagai tingkatan usia dan mata pelajaran, mulai dari anak usia dini hingga

siswa sekolah dasar dan menengah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image