Belajar Asik Menggunakan Metode Bernyanyi
Guru Menulis | 2024-07-03 22:02:12Belajar Asik Menggunakan Metode Bernyanyi
Purworejo 16 Juni 2024, proses belajar mengajar dengan berbagai metode pembelajaran terusber kembang di era pembelajaran. Seorang mahasiswa pgsd belajar mengajar dengan cara
Bimble berkelompok dengan mengambil metode pembelajaran yang menarik dan interaktif.
Dalam aktivitas bimble mahasiswa tersebut mengajarkan materi magnet. Dalam pembelajaran
mereka mengambil metode pembelajaran berbasis lagu. Dengan menggunakan metode
pembelajran berbasis lagu dapat membantu siswa memahami konsep magnet denagn lebih
mudah dan menyenangkan.
Mahasiswa yang sedang berlatih mengajar tersebut mengenalkan materi magnet kepada
siswanya yaitu konsep dasar kemagnetan melalui lagu lagu edukasi. Lagu tersebut dibuat
untuk menjelaskan berbagai aspek magnet, termasuk sifat, jenis magnet, cara kerja magnet
dan penggunaan magnet dalam sehari hari. Dengan penggunaan metode bernyanyi
memudahkan siswa untuk mengingat materi tersebut karna dengan lirik yang menarik dan
asik mudah untuk diingat siswa, sehingga siswa dapat menyerap informasi dengan lebih baik.
Kegiatan tersebut melibatkan pengajar dengan siswa. Terdapat 2 pengajar dan 4 siswa dalam
kegiatan bimble. 2 orang pengajar tersebut adalah Eka nur hidayah dan Ardita ainur rahma,
serta 4 siswa tersebut adalah citra ayu oktaliasih, akhsani mataul aini, natasya silfanika
anindita, dan afifah dwi safitri. Mereka merupakan siswa kelas 5 SD.
Kegiatan belajar mengajar ini dilakukan di Rumah yaitu berada di Ngemplak Karanganyar,
yang terletak di kawasan wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Suasana rumah dibuat
senyaman mungkin untuk membuat siswa merasa nyaman, santai, dan lebih fokus selama sesi
belajar.
Kegiatan belajar mengajar asik menggunakan metode bernyanyi dilakukan sejak tanggal 27
April 2024 hingga 11 Mei 2024. Setiap hari Sabtu pukul 13.00 wib. Pada saat belajar siswa
memiliki 1 sesi untuk bernyanyi yaitu bernyanyi materi magnet yang telah dibuat oleh
pengajar. Guna mencegah siswa untuk tidak bosan dan mengantuk dalam belajar.
Pendekatan belajar dengan bernyanyi sebagai metode pembelajaran, tentulah sangat efektif,
karna anak-anak suka bernyanyi. Namun nyanyian-nyanyian edukatif yang menunjang
pembelajaran, jumlahnya masih terbatas. Menyadari hal itu, pengajar mencoba mengubah
nyanyian populer anak-anak menjadi lagu yang dapat membantu anak didik dalam materi
pembelajaran.
Dengan bernyanyi diharapkan siswa dapat belajar magnet dengan suasana yang baik dan
menyenangkan sesuai dengan kebutuhan di usia mereka. Penerapan metode bernyanyi dalam
pembelajaran, teori ini sangat gampang dan mudah dilakukan. Namun seiring dengan
berkembangnya zaman teori ini juga semakin berkembang, metode lagu dalam pembelajaran
terbagi menjadi dua fase yaitu: Pertama bernyanyi menggunakan media, dimana pengajar
harus mempersiapkan sebuah materi yang sudah dimasukkan dalam media, contohnya lagu
berbentuk video. Hal ini dilakukan jika pengajar memiliki kendala. Faktanya mungkin semua
pengajar suka bernyanyi namun tidak semua dari mereka percaya diri untuk bernyanyi di
depan siswa. Kedua bernyanyi tanpa media, ini merupakan cara lama bagi seorang guru yang
memiliki kemampuan dalam tarik suara. Hal ini sangat cocok untuk dilakukan,
mempersiapkan materi untuk dinyanyikan di depan siswa.
Cara penerapan metode bernyanyi dalam semua tingkatan belajar: Tingkat Kanak-kanak(TK),
Tingkat Sekolah Dasar (SD), Tingkat SMP, Tingkat SMA, Tingkat Perguruan Tinggi, Pada
tingkatan ini, lagu/nyanyian sudah dihubungkan dengan materi pembelajaran atau bidang
studi, misalkan untuk menghafal kosa kata/rumus/materi.
Metode bernyanyi merupakan strategi pembelajaran yang bermanfaat dan menyenangkan,
menawarkan berbagai keuntungan bagi siswa dan guru. Penerapan metode ini dalam
pembelajaran dapat meningkatkan motivasi, semangat belajar, pemahaman materi,
kreativitas, kerjasama, dan rasa kebersamaan di antara siswa.
Oleh karena itu, metode bernyanyi layak dipertimbangkan dan diimplementasikan sebagai
salah satu metode pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk mencapai tujuan pendidikanyang optimal.
Metode bernyanyi terbukti menjadi cara yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan
proses belajar mengajar, terutama bagi anak-anak. beberapa kesimpulan dari penggunaan
metode bernyanyi dalam pembelajaran Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar seperti
Ciptakan suasana belajar yang positif dan menyenangkan, sehingga memicu semangat dan
antusiasme siswa, Membantu siswa lebih mudah fokus dan berkonsentrasi pada materi
pelajaran dan Meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian siswa untuk berpartisipasi aktif
dalam pembelajaran.
Mempermudah Proses Menghafal dan Memahami Materi seperti Melodi dan rima dalam lagu
membantu siswa mengingat informasi dengan lebih mudah dan melekat dalam jangka
panjang, Lirik lagu yang edukatif dapat membantu siswa memahami konsep dan materi
pelajaran dengan lebih baik, dan Pengulangan dalam lagu membantu memperkuat
pemahaman dan ingatan siswa.
Efektivitas pada Berbagai Usia dan Mata Pelajaran seperti Metode bernyanyi dapat
diterapkan pada berbagai tingkatan usia dan mata pelajaran, mulai dari anak usia dini hingga
siswa sekolah dasar dan menengah.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.