Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Kenali Untung Dan Rugi Jika Melakukan Kredit Rumah

Eduaksi | Thursday, 20 Jan 2022, 12:02 WIB

Beberapa tahun terakhir kebutuhan tempat tinggal memang terus meningkat, tak heran jika hal ini juga berpengaruh terhadap harga rumah yang terus melambung tinggi. Terlebih lagi, dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia mengenai kredit rumah maka mengakibatkan harga kredit rumah terus meningkat. Supaya tidak mengalami kerugian, pihak pengembang pun juga turut serta dalam menaikkan harga.

Ketahui Untung Rugi jika Melakukan Kredit Rumah

Tempat tinggal memang menjadi kebutuhan pokok bagi setiap manusia, kendati demikian hal tersebut tetap harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum Anda melakukan kredit rumah.

Membeli rumah dengan cara kontan memang lebih memberikan keuntungan dibandingkan Anda melakukan pembelian rumah secara kredit. Dengan Anda membeli rumah secara tunai maka akan memperoleh diskon antara 10 hingga 15%. Akan tetapi, kredit rumah terkadang memang terpaksa dipilih lantaran pembelian rumah secara tunai membutuhkan uang tunai yang lebih besar.

Bahkan dari pihak Bank pun juga banyak yang memberikan penawaran fasilitas kredit rumah kepada nasabahnya. Jangka waktu yang diberikan untuk pinjaman KPR berkisar 3 hingga 15 tahun. Umumnya yang ada di masyarakat, sudah melakukan kerjasama dengan pihak pengembang dan pihak bank pemberi kredit rumah.

Membeli rumah secara kredit dengan KPR tentu jika diakumulasi menyebabkan harga rumah menjadi lebih mahal lantaran terdapat suku bunga yang diberlakukan pada sistem KPR. Namun, dari sisi yang lain Anda juga diberikan keuntungan seperti dengan adanya dana yang terbatas sudah bisa mempunyai rumah sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk mendapatkan harga kredit rumah yang lebih murah maka dapat memilih KPR bersubsidi yang sudah disediakan oleh Pemerintah. Kisaran bunga yang diberlakukan dari pihak bank akan dibantu dengan subsidi dari pemerintah, sehingga biaya kredit rumah jauh lebih ringan.

Pembelian rumah yang dilakukan baik secara kredit ataupun tunai tentu mempunyai keuntungan dan kelemahannya tersendiri. Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan saja dengan kondisi keuangan Anda sebelum mengambil keputusan. Jika kondisi keuangan belum memungkinkan untuk membeli secara tunai, maka jangan dipaksakan.

Sumber: Kontraktor Jogja

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image