Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Soft Skill, Hard Skill, Cognitive Skill, dan Sales Analyst

Eduaksi | Thursday, 20 Jan 2022, 09:35 WIB
In House Training (Dokumentasi Pribadi)


Di dunia kerja hal yang paling dibutuhkan dari para karyawan yaitu mereka memiliki sebuah ketrampilan baik keterampilan khusus maupun umum. Istilah skill sering disebut untuk merujuk pada keterampilan.

Di dunia kerja tidak hanya hard skill saja yang diperlukan agar bisa berkembang dan karir melesat, seorang karyawan juga perlu memiliki soft skill yang baik agar memiliki karir melesat.

Soft skill adalah keterampilan yang cenderung abstrak, dalam arti baru akan terlihat seiring waktu dan ketika dihadapkan dengan situasi tertentu.

Contohnya adalah kemampuan beradaptasi di tempat dan lingkungan baru, sifat kepemimpinan, mengatur waktu secara efisien, kedisiplinan, bertanggungjawab, kecerdasan emosional, berkomunikasi dengan baik, dan semacamnya.

Sedang hard skill merupakan kemampuan spesifik yang harus dimiliki untuk suatu pekerjaan tertentu. Contohnya, desain web, menulis, programming komputer, akuntansi, menerjemahkan bahasa asing, dan masih banyak yang lainnya.

Mengenal Cognitive Skills

Cognitive skill sangat diperlukan saat kita bekerja di perusahaan. Karena salah satu kunci agar bisa lebih mudah memecahkan masalah dan meningkatkan kualitas pekerjaan. Sebab itu perlu memiliki cognitive skills yang baik.

Cognitive skills adalah keterampilan berbasis otak yang dibutuhkan untuk melakukan tugas apa pun mulai dari yang paling sederhana hingga kompleks.

Menurut Sharp Brains selama hidup, manusia akan terus mengembangkan kemampuan kognitif nya. Namun, hal yang satu ini juga bisa ditingkatkan sehingga dapat membuatmu lebih baik di tempat kerja.

Cognitive skills juga berkaitan dengan mekanisme bagaimana kita belajar, mengingat, memecahkan masalah, dan memperhatikan sesuatu.

Setiap kemampuan kognitif memiliki peran penting dalam memproses sebuah informasi baru.

Jadi, dengan selalu mengasah kemampuan yang satu ini tentu akan meningkatkan kemampuanmu dalam menerima informasi yang berguna untuk dunia kerja.

Mengenal Frontliner Pada Perusahaan

Salah satu posisi yang sering diincar oleh pencari kerja adalah Frontliner. Menurut Indeed, frontliner adalah profesional bidang customer service yang bekerja langsung dengan para pelanggan.

Mereka dapat bekerja pada berbagai bidang di banyak sektor industri, seperti sales, food and beverages, marketing, dan retail.

Sebagai contoh, tuan rumah dan pelayan yang menyapa pelanggan di toko retail dapat dianggap sebagai frontliner. Dikarenakan harus menyapa langsung para pelanggan, frontliner sendiri sering dianggap sebagai bagian penting dari tim customer service.

Mereka harus memerhatikan pelanggan, menangani masalah mereka, dan menjawab berbagai pertanyaan terkait produk perusahaan.

Mereka juga harus bisa menciptakan interaksi positif supaya dapat meningkatkan jumlah penjualan dan kepuasan pelanggan. Frontliner yang andal dapat membuat pelanggan merasa nyaman dan meninggalkan ulasan positif.

Ingin Menjadi Sales Analyst?

Sales analyst tidak jauh-jauh dari bidang pemasaran namun ini lebih menjurus kebagian penjualan. Perusahaan untuk melihat bagus atau tidaknya performa dari seberapa besar pendapatan yang didapat tidaklah cukup.

Karena itu, sales analysis diperlukan untuk membantumu dalam membuat keputusan yang tepat dan data-driven. Sehingga, dapat menguntungkanmu di saat ini dan masa depan.

Seperti mengutip dari Engagebay, analisis penjualan adalah laporan mendetail yang memberikan penjelasan mengenai performa sales perusahaan, data konsumen, dan pendapatan.

Dengan melakukan ini analisis ini, kamu bisa mengevaluasi performa penjualan berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan.

Analisis ini pun memberikan insight mengenai produk atau pelayanan mana saja yang top performing atau underperform.

Selain itu, kamu pun bisa melihat permasalahan, menentukan tren, melakukan sales forecasting, hingga mengetahui aktivitas sales seperti apa yang mendatangkan revenue.

Nah itulah beberapa informasi yang perlu diketahui oleh pencari kerja terutama fresh graduate yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dan karir. (**)

Mendapatkan pekerjaan di perusahaan sesuai ekspektasi merupakan impian setiap pencari kerja. Apalagi bila ditunjang dengan gaji layak dan apresiasi tinggi. Namun untuk mewujudkan impian tersebut tentu saja membutuhkan sebuah proses dan kesabaran serta kerja keras.

Sambil mempersiapkan diri lebih matang dan berharap mendapatkan pekerjaan idaman tersebut. Yuk cari tahu beberapa wawasan di seputar dunia kerja dan mengapa itu diperlukan.

Mengenal Soft Skill dan Hard Skill

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image