Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurul Fhatiha

Keajaiban Bunga Bawang: Manfaat Kesehatan yang Jarang Diketahui

Edukasi | Sunday, 23 Jun 2024, 21:07 WIB
sumber : Dokumentasi Pribadi

Pernah mencicipi bunga bawang? Bunga bawang ini termasuk dalam jenis sayuran musiman yang biasanya dipanen bersamaan dengan bawang merah. Dari tampilannya, bunga bawang merah ini mirip dengan kucai. Namun bunga bawang biasanya memiliki batang yang lebih lembut serta aromanya yang lebih tajam jika dibandingkan dengan kucai. Bunga bawang ini dapat ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat.

Bunga bawang merah (Allium Ascalonicum L.) dikenal sebagai jenis tanaman yang dimanfaatkan untuk pertumbuhan bawang-bawang baru. Selain itu, bunga bawang ini juga digunakan untuk masakan. Biasanya, masyarakat akan memadukan bunga bawang ini dengan terong, udang ataupun sekadar direbus dan ditumis untuk dijadikan sayur. Fakta menariknya, bunga bawang ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut salah satu penelitian dari Nutrition Journal mengungkapkan bahwa ternyata bunga bawang memiliki sifat anti kanker. Daun dan bunga bawang sendiri memiliki kandungan vitamin dan mineral yang juga dimiliki oleh jenis bawang lainnya. Salah satu kandungan antioksidan yang dimiliki oleh bunga bawang adalah flavonoid bernama lutein dan zeaxanthin. Zat ini dapat melindungi tubuh dari serangan sel-sel kanker paru-paru dan kanker mulut. Selain itu, kandungan serat dan alium juga dapat mencegah kanker perut, kaknker prostat, kanker usus.

Bukan hanya mecegah kanker, bunga bawang juga memiliki kandungan vitamin K yang tinggi sehingga bisa meningkatkan kekuatan serta kesehatan tulang. Kandungan vitamin K dapat menjaga kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Kandungan lainnya yang dimiliki oleh bunga bawang adalah asam folat, protein dan kalsium

Manfaat lainnya yang dimiliki oleh bunga bawang yaitu mengenai kandungan antioksidannya yang membantu mencegah kerusakan jaringan seluler. Vitamin C yang dimilikinya juga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dan tingkat tekanan darah dalam tubuh. Bahkan kandungan belerang yang ada dalam bunga bawang ini mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Dan terakhir, kandungan vitamin A juga baik untuk mata. Menjaga mata agar tetap sehat dan melindungi mata dari peradangan. Dengan semua kandungan yang dimiliki oleh Bunga bawang ini, sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam porsi yang teratur.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image