Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Raihanah Zhafirah Az-Zahrah

Peran Akuntansi Manajemen Dalam Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi Global

Eduaksi | 2024-06-22 13:30:56
source: google

Mulyadi mendefinisikan akuntansi manajemen sebagai data keuangan yang dihasilkan oleh jenis akuntansi yang sebagian besar digunakan oleh pengguna internal suatu organisasi. Tujuan akuntansi manajemen adalah untuk membantu para manajer dan eksekutif bisnis membuat penilaian yang lebih baik tentang perencanaan strategis, pengendalian biaya, evaluasi kinerja, pengambilan keputusan, dan evaluasi investasi, akuntansi manajemen berupaya untuk memberikan mereka informasi yang akurat dan relevan.

Akuntansi manajemen menggunakan penganggaran, perencanaan strategis, dan analisis biaya untuk membantu bisnis menemukan area di mana mereka dapat memotong biaya dan meningkatkan kinerja bisnis produktifitas. Selain itu, manajer dapat mengawasi kinerja bisnis secara keseluruhan dan membuat penyesuaian strategi yang diperlukan dengan memanfaatkan alat seperti kartu skor seimbang dan analisis varians. Era ketidakpastian ekonomi yang semakin meningkat dalam skala dunia telah menjadikan akuntansi manajemen semakin penting bagi bisnis di mana pun. Akuntansi manajemen menyediakan alat dan strategi untuk membantu perusahaan bertahan dan tumbuh dalam menghadapi hambatan yang disebabkan oleh perubahan kondisi pasar, perubahan kebijakan ekonomi, dan pengaruh peristiwa dunia.

Bisnis yang dapat memasukkan akuntansi manajemen ke dalam prosedur pengambilan keputusan mereka akan memiliki posisi yang lebih baik untuk bertahan dan tumbuh dalam menghadapi kondisi ekonomi global yang tidak menentu. Oleh karena itu, akuntansi manajemen berperan penting dalam menjaga stabilitas operasional dan keuangan perusahaan serta menjamin kelangsungan usaha di masa depan. Akuntansi manajemen mengikuti kemajuan teknologi dengan memanfaatkan analisis data dan teknologi informasi untuk meningkatkan kecepatan dan keakuratan pelaporan keuangan. Hasilnya, dunia usaha dapat bereaksi terhadap perubahan kondisi pasar dengan lebih cepat dan dengan pengetahuan yang lebih luas.

Kesulitan lain yang dihadapi dunia usaha adalah tetap kompetitif di pasar global. Bisnis memerlukan akuntansi manajemen untuk membantu mereka menghadapi tantangan pajak luar negeri, fluktuasi nilai tukar mata uang, dan perubahan peraturan perdagangan. Bisnis dapat memodifikasi harga produk dan layanan mereka agar kompetitif tanpa mengorbankan margin keuntungan dengan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang biaya dan profitabilitas. Dengan permasalahan yang selalu berubah, sangat penting bagi para profesional akuntansi untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuannya. Para profesional di bidang akuntansi manajemen harus menerima pendidikan dan pelatihan berkelanjutan untuk menjamin bahwa mereka dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi mereka. Perusahaan dapat mengatasi gejolak ekonomi global dengan lebih percaya diri jika mereka memiliki rencana yang kuat dan pengetahuan yang benar, yang akan menjamin kelangsungan hidup dan pertumbuhan mereka dalam jangka panjang.

Perkembangan peran akuntan manajemen harus sejalan dengan kemajuan kesuksesan perusahaannya. Saat ini, akuntan manajemen semakin banyak berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan selain berperan sebagai pemasok data untuk akuntansi. Akuntanmanajemen secara keseluruhan memainkan peran penting dalam membantu manajer perusahaan mengendalikan dan mengarahkan tujuan perusahaan dalam transaksi bisnis yang semakin rumit ini. Ronald W. Hilton ( 1994 ) menyebutkan peran akuntan manajemen dalam perusahaan sebagai berikut :

 

  1. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan bagi manager
  2. Membantu manager dalam mengendalikan operasi perusahaan.
  3. Memotivasi semua sumber daya manusia perusahaan dalam mencapai tujuannya.
  4. Mengukur kinerja departemen dan pimpinan dalam organisasi perusahaan.

Seperti disebutkan di atas, peran akuntan manajemen terutama difokuskan pada tugas analitis yang membantu manajer dalam mengambil keputusan karena kompleksitas dan ukuran operasi bisnis saat ini. Akuntan manajemen, sebagai support specialis, perlu memiliki pengetahuan tentang semua aspek operasi perusahaan dan memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dalam menghadapi lingkungan bisnis yang selalu berubah. Sebagai high level decision support untuk pengambilan keputusan karena fungsi pembiayaan akan lebih bergantung pada data historis, spesialis akuntansi manajemen akan lebih terlibat dalam analisis pembiayaan dibandingkan menyediakan data akuntansi. Selain mahir di bidang keuangan, akuntan manajemen juga perlu ahli di bidang akuntansi dan pemasaran untuk mengidentifikasi kondisi pasar kompetitif di masa depan. Akuntan manajemen harus mampu berpikir strategis di masa depan. Akuntan manajemen masa depan perlu memiliki pengetahuan, kualifikasi, dan keterampilan yang memadai.

Kesimpulannya adalah mengingat permasalahan yang dihadapi bisnis di era meningkatnya ketidakstabilan ekonomi global, akuntansi manajemen memainkan peran yang lebih penting dalam membantu perusahaan mengambil keputusan. Akibatnya, akuntansi manajemen berubah untuk mengakomodasi penggunaan analisis data dan teknologi informasi untuk meningkatkan kecepatan dan keakuratan pelaporan keuangan. Akuntan manajemen berperan sebagai pendukung dan memberikan analisis terhadap sebab akibat kebijaksanaan manajemen perusahaan sebagai support specialis dan Sebagai high level decision support.

DAFTAR PUSTAKA

Senastri, K. (2023, November 10). Akuntansi Manajemen : Pengertian, Penerapan, Fungsi, dan Ruang Lingkupnya. Retrieved from accurate: https://accurate.id/akuntansi/pengertian-akuntansi-manajemen/

Ngumar, S. (1997). Peran Akuntan Manajemen Pada Perubahan Lingkungan Bisnis Di Indonesia. Jurnal Ekuitas, 1(2), 61-69.

Bahri, N. A., Nurhidayati, A., & Khairunnisa, W. (2022). Peran Akuntansi Dalam Perkembangan Ekonomi Indonesia Di Era New Normal. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi dan Keuangan, 4(2), 141-149.

Ruru, H. F. (2022). Pengaruh Ketidakpastian Lingkungan dan Informasi Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajer pada PT. Perkebunan Nusantara IV Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image