Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amanda Putri Oktovia Wahyudi

Tips Untuk Mengelola Anggaran keuangan Bisnis UMKM Bagi Pemula

Bisnis | Friday, 21 Jun 2024, 16:45 WIB
Sumber: https://www.bfi.co.id

UMKM adalah singkatan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada sektor usaha dengan skala kecil dan menengah.

UMKM berperan penting dalam perekonomian karena mereka dapat menyediakan lapangan kerja yang signifikan, mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, serta memperluas akses terhadap produk dan layanan bagi masyarakat.

Pengelolaan anggaran keuangan yang buruk dan kurang efektif sering kali menjadi salah satu faktor utama dalam menjalankan bisnis UMKM.

Berikut tips untuk mengelola anggaran keuangan bisnis UMKM bagi pemula:

1. Pisahkan Uang Pribadi dan Bisnis

Mulailah dengan membuka rekening bank terpisah untuk bisnis anda agar mudah melacak pemasukan dan pengeluaran.

2. Buat Anggaran dan Rencana Keuangan

Tentukan pendapatan bulanan dan biaya tetap serta variabel. Buat rencana keuangan yang jelas untuk mengatur pengeluaran.

3. Catat semua Transaksi Utama

Baik itu pengeluaran atau pemasukan, penting untuk dicatat secara teratur. Ini membantu mengelola arus kas dan memantau kesehatan keuangan.

4. Prioritaskan Pengeluaran

Fokuskan pengeluaran pada hal yang benar-benar mendukung pertumbuhan bisnis, seperti pembelian inventaris atau pemasaran, daripada pengeluaran yang tidak penting.

5. Pantau dan Evaluasi Keuangan Secara Berkala

Buatlah jadwal untuk memantau dan mengevaluasi kinerja keuangan bisnis anda. Hal ini membantu dalam mengidentifikasi trend dan membuat keputusan yang lebih baik.

6. Hemat dan Efesiensi

Selalu mencari cara untuk menghemat biaya, seperti negosiasi harga dengan pemasokan atau memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efesiensi operasional.

7. Jaga Utang Tetap Terkendali

Hindari mengambil terlalu banyak utang yang sulit untuk dibayar kembali. Pastikan untuk memahami dan mengelola kewajiban finansial bisnis dengan baik.

8. Investasikan Dalam Pendidikan Keuangan

Jika perlu, luangkan waktu untuk mempelajari dasar-dasar keuangan manajemen keuangan bisnis. Pengetahuan ini akan membantu anda membuat keputusan keuangan yang lebih baik.

9. Gunakan Teknologi Keuangan

Manfaatkan perangkat lunak atau aplikasi keuangan yang tersedia untuk membantu mengelola dan memantau keuangan bisnis anda dengan lebih efektif.

10. Bersikap Konsisten dan Disiplin

Yang terakhir tetaplah konsisten dalam menerapkan prinsip-prinsip manajemen keuangan yang sehat dan disiplin dalam menjalankan rencana keuangan yang telah anda buat.

Dengan memperhatikan tips-tips ini, bagi pemula yang akan mengelola anggaran keuangan bisnis UMKM dapat meminimalkan resiko keuangan dan meningkatkan peluang kesuksesan jangka panjang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image