Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Regina Elisia Abidah Salwa

Maraknya Kriminalitas Dalam Dunia Politik, Generasi Muda Harus Apa?

Politik | Wednesday, 12 Jun 2024, 11:37 WIB
gambar : situasi kriminalitas politik (sumber : pinterest.com)

Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwasanya dunia politik sangatlah sengit dan penuh strategi. Yang dimana strategi tersebut akan dilakukan oleh masing masing kelompok atau individu yang ingin berhasil sehingga mendapatkan tujuan dan rencana yang telah disiapkan. Apa sebenarnya politik itu? Menurut Aristoteles politik adalah suatu upaya atau cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki.

Politik juga dapat diartikan sebagai proses dimana keputusan – keputusan dibuat untuk mengatur masyarakat dan alokasi sumber daya. Garis besar dalam politik mencakup pembentukan pemerintahan, perumusan kebijakan, proses legislasi, serta interaksi antar individu, kelompok, dan entitas politik untuk memengaruhi keputusan dan pengaturan kehidupan masyarakat. Ini melibatkan dinamika kekuasaan, ideologi, perjuangan kepentingan, dan pengelolaan konflik di dalam suatu sistem politik.

Politik memiliki tempat tersendiri dalam kepentingan umum baik dibawah kekuasaan negara ataupun daerah. Dengan adanya politik dalam sistem negara Indonesia, menandakan bahwasanya seluruh masyarakat Indonesia harus membuka mata dan memiliki ketertarikan dalam dunia politik. Sehingga dapat tercipta politik yang sehat dan adil bagi rakyat Indonesia. Akan tetapi, kenyataan yang perlu kita hadapi sangat berbanding terbalik dengan ekspetasi yang kita miliki.

Dengan berkembangnya globalisasi dan teknologi dimasa kini, diharapkan mampu membantu kita generasi muda dalam mencari informasi atau berita serta perkembangan update terkini termasuk dari dunia politik sendiri. Namun nyatanya, masih banyak pemuda Indonesia yang cenderung malas atau tidak tertarik dalam membahas permasalahan politik yang ada. Hal ini tentu saja menjadi salah satu sorotan yang dimana generasi penerus bangsa seharusnya lebih bisa memahami serta aktif berpikir kritis dalam permasalahan politik.

Terutama dalam hal kriminalitas pada dunia politik. Kriminalitas dalam dunia politik mencakup berbagai kegiatan ilegal yang melibatkan pemimpin politik, pejabat negara, atau individu yang terlibat dalam proses politik. Hal ini dapat termasuk korupsi, penyuapan, pemalsuan dokumen, penyalahgunaan kekuasaan, penggelapan dana publik, atau bahkan pelanggaran hak asasi manusia. Kriminalitas semacam ini dapat merusak sistem politik, melemahkan kepercayaan publik, dan juga mengganggu stabilitas suatu negara.

Lalu, bagaimana peran generasi muda dalam menghadapi kriminalitas dalam dunia politik?

Dalam dunia politik, peran generasi muda sangat penting. Karena mereka membawa gagasan segar, energi, dan pandangan baru yang diperlukan untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan. Melalui keterlibatan aktif dalam pemilihan umum, advokasi isu – isu penting dan juga partisipasi dalam kebijakan publik. Generasi muda dapat membentuk masa depan politik. Mereka diharapkan dapat memperjuangkan keadilan, hak asasi manusia, keberlanjutan, dan berbagai isu lain yang relevan bagi masa depan mereka. Melalui aksi kolektif dan penggunaan teknologi, generasi muda dapat memengaruhi kebijakan dan membentuk wajah politik masa depan.

Tetapi di sisi lain, masih banyak generasi muda yang justru tidak memiliki rasa penasaran dan ketertarikan terhadap isu politik di negaranya. Mereka berpikir bahwa isu politik di negara mereka bukanlah menjadi ranah mereka untuk mencampurtangani permasalahan negara. Urusan negara biarlah pemerintah yang mengatur. Namun hal tersebut adalah perspektif yang harus diluruskan pada sudut pandang generasi muda Indonesia. Mereka seharusnya tahu bahwa tidak hanya pemerintah yang bersangkutan dalam isu – isu politik di negara Indonesia, melainkan seluruh Warga Negara Indonesia pun juga harus peduli dan turut serta dalam menyuarakan aspirasi mereka terkait dengan isu politik yang sedang berjalan di negaranya.

Kemudian dalam hal kriminalitas yang kerapkali terjadi dalam dunia politik, sebagai generasi muda, kita tidak bisa hanya diam dan menyimak saja ketika melihat isu kriminalitas tersebut. Masa depan Bangsa Indonesia ada di tangan kita. Kita harus mulai sadar dan peduli bahwa kita harus membawa pergerakan yang signifikan untuk negara kita di masa depan. Agar kesalahan – kesalahan generasi tua yang terjadi di Bangsa Indonesia sekarang tidak terulang lagi di masa depan.

Cara generasi muda dalam mengatasi kriminalitas dapat dimulai dari pendidikan dan kesadaran. Generasi muda dapat terlibat dalam program pendidikan dan kampanye kesadaran untuk mengurangi perilaku kriminal. Edukasi tentang hukum, etika, dan konsekuensi perilaku kriminal penting untuk mencegah kejahatan. Juga mereka dapat melakukan pemberdayaan komunitas, generasi muda dapat memperkuat komunitas dengan membangun kegiatan sosial, olahraga, seni, dan edukasi yang mengurangi resiko terlibat dalam kriminalitas.

Tidak hanya itu, generasi muda juga bisa melakukan advokasi dan aksi sosial. Yang dimana melalui aksi sosial dan advokasi, generasi muda dapat menyoroti isu – isu yang mendorong kriminalitas seperti ketidakadilan sosial, ketimpangan, dan kurangnya akses terhadap pendidikan atau pekerjaan. Sebagai sumber pendukungnya, adanya inovasi dan teknologi sangat berperan penting dalam peningkatan peran generasi muda dalam mengatasi kriminalitas. Pemanfaatan inovasi dan teknologi oleh generasi muda dapat membantu dalam menciptakan solusi yang lebih efektif untuk mengurangi kriminalitas, mulai dari aplikasi keamanan hingga platform pengaduan. Melalui pendekatan proaktif, edukasi, dan juga keterlibatan aktif dalam membangun komunitas yang lebih aman, generasi muda dapat berperan penting dalam mengatasi dan mencegah kriminalitas.

Peran generasi muda lainnya dalam meminimalisasi kriminalitas dalam dunia politik dapat diwujudkan dalam partisipasi aktif. Dengan mereka yang terlibat secara aktif dalam politik dengan cara mengawasi proses politik, mengidentifikasi tindakan korupsi atau perilaku ilegal, serta memanfaatkan hak – hak mereka dalam pilihan umum untuk memilih pemimpin yang jujur dan transparan. Selain itu, mereka juga dapat memanfaatkan teknologi untuk transparasi. Memanfaatkan teknologi untuk memperkuat transparasi dalam politik, menciptakan platform atau aplikasi yang memungkinkan pelaporan kriminalitas dan korupsi secara anonim.

Dalam kasus ini, generasi muda juga dapat mendorong reformasi dengan cara mengadvokasi perubahan hukum dan kebijakan yang lebih ketat terkait transparansi, akuntabilitas, dan penegakan hukum yang adil dalam politik. Juga mereka dapat membangun jaringan dan kolaborasi baik di tingkat lokal maupun global untuk memperjuangkan kejujuran dan integritas dalam dunia politik.

Maka dengan keterlibatan aktif, pendidikan, inovasi, teknologi, dan semangat advokasi para generasi muda dapat berkontribusi dalam meminimalisasi kriminalitas dalam dunia politik. Sebagai bukti bahwa mereka sadar akan isu – isu politik yang berjalan di negara mereka, dan juga mereka sadar bahwa masa depan Bangsa Indonesia berada di tangan mereka. Sebagai generasi penerus bangsa juga, diharapkan pola pikir generasi muda sudah mulai terbuka terhadap sebuah pergerakan. Yang dimana selangkah demi selangkah pasti akan menimbulkan dampak yang signifikan dalam dunia politik di masa depan.

REFERENSI

Basir Rohrohmana (2007) KEJAHATAN POLITIK DALAM PERSPEKTIF KEBIJAKAN KRIMINAL INDONESIA.

Syamsul Maarif, Rahmawati, Lusi andriyani (2022) PENTINGNYA KESADARAN DAN PARTISIPASI GEN Z TERHADAP DINAMIKA POLITIK DOMESTIK DI ERA GLOBALISASI 4.0

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image