Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image revo ruyatu

Ketidakadilan Distribusi Dana KIP Kuliah

Pendidikan dan Literasi | Monday, 10 Jun 2024, 22:58 WIB

Saat ini banyak terjadi fenomena penyalahgunaan KIP Kuliah. Hal tersebut dapat disebabkan karena nominal yang diberikan kepada mahasiswa memang cukup banyak, sehingga menyebabkan banyak oknum yang ingin menyalahgunakan fasilitas tersebut. Ini akan menjadi masalah serius yang dapat menghambat visi dan misi penyelenggaraan Pendidikan yang adil dan merata bagi semua lapisan masyarakat. Dapat diketahui bahwa KIP Kuliah seharusnya menjadi alat pendukung bagi mereka yang kurang mampu untuk memenuhi biaya Pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan adanya upaya untuk mengatasi tantangan tersebut.

Beberapa penyebab penyalahgunaan kip kuliah salah satunya adalah kelemahan dalam sistem verifikasi serta pengawasan yang memungkinkan oknum yang tidak berhak merenggut hak-hak para calon penerima yang sesungguhnya. Saat ini banyak ditemukan mahasiswa yang berkecukupan memanipulasi data supaya mendapatkan KIP Kuliah. Dana yang didapat banyak disalahgunakan untuk kebutuhan gaya hidup hedonis dan juga kebutuhan lain diluar kebutuhan pendidikan seperti membeli handphone mahal yang bukan digunakan untuk tugas keperluan kuliah tetapi untuk dipamerkan lewat sosial media.

Dampak dari adanya fenomena penyalahgunaan KIP Kuliah tersebut banyak menimbulkan efek domino, dimulai dari terungkapnya salah satu selebtok yang ketahuan menyalahgunakan dana KIP Kuliah. Dapat dilihan bahwa salah satu selebtok tersebut merupakan orang yang berkecukupan. Keadaan ekonomi dari selebtok tersebut dapat dilihat dari video kontennya yang menunjukkan sebuah kemewahan dari hidupnya. Seperti yang kita tahu bahwa penghasilan dari konten tiktok memang cukup banyak sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa selebtok tersebut memanglah orang yang berkecukupan.

Dalam kurun waktu dekat ini banyak mahasiswa yang berkeluh kesah karena pihak dari KIP Kuliah belum mempertimbangkan lebih lanjut mengenai data yang sesungguhnya sehingga bantuan dana yang disalurkan banyak yang salah sasaran. Kurangnya survey langsung dan juga penyesuaian data menyebabkan tidak tepatnya sasaran. Dampak merugikannya ini tidak hanya dirasakan oleh penerima manfaat yang sebenarnya, tetapi juga seluruh ekosistem Pendidikan. Penyalahgunaan ini menciptakan perubahan dalam mengalokasikan sumber daya, menghambat kemajuan sosial, serta dapat merusak kepercayaan masyarkat terhadap program KIP Kuliah.

Banyaknya kasus penyalahgunaan dana bantuan Pendidikan maka diperlukannya penegakan hukum yang tegas untuk kasus ini. Pentingnya penegakan hukum akan menjadikan efek yang jera bagi pengguna yang menyalahgunakan. Hukuman yang tegas dan efektif perlu sitetapkan dan diberlakukan terhadap individu atau oknum yang terlibat. Tetapi, penegakan hukum saja belum cukup untuk menangani kasus ini. Upaya pencegahan harus juga bersifat proaktif, seperti pengawasan yang lebih ketat terhadap survey keadaan ekonomi sesungguhnya serta mekanisme yang terperinci.

Selain itu, kesadaran dari para individu juga penting ditingkatkan untuk menjaga integritas dan moralitas dalam penggunaan dana bantuan KIP Kuliah pada semua kalangan masyarakat. Pendidikan yang telah diperoleh dari jenjang sekolah sebelumnya harusnya dapat menjadikan perilaku yang menjaga integritas dan moralitas serta kejujuran bagi setiap individu. Di sisi lain edukasi dan penanaman rasa tanggung jawab sejak dini harus digalakkan kepada para calon penerima dan sivitas akademika. Pihak kammpus juga harus bersikap aktif dan lebih teliti dalam pengawasan penggunaan dana KIP Kuliah serta memberikan sebuah pembinaan karakter kepada para mahasiswa.

Dengan mengambil beberapa Langkah-langkah diatas, diharapkan bahwa penyalahgunaan KIP Kuliah dapat diminimalisir dan jika perlu dihilangkan. Sehingga manfaat program ini dapat dirasakan bagi pihak yang sseharusnya menerima. Program KIP Kuliah perlu diselamatkan dari cengkeraman oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan sinergi dari pemerintah, perguruan tinggi, dan masyarakat, maka dapat diciptakan ekosistem Pendidikan tinggi yang adil transparan yang dimana penyaluran bantuan KIP Kuliah dapat benar-benar tepat sasaran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image