Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Sistem AI Dapat Memantau Apa yang Anda Makan, Ini Tujuannya

Teknologi | 2024-06-09 10:37:45
AI Dapat Memantau Apa yang Anda Makan (food.ndtv.com/SSDar)

Kita mafhum, ada aplikasi yang memungkinkan Anda memotret makanan Anda dan menghitung kalorinya. Nah, kini pegang garpu dan sendok Anda karena para peneliti di University of Waterloo sedang mengembangkannya ke tingkat berikutnya!

Menurut Sky News, mereka sedang mengembangkan AI yang bisa memantau setiap gigitan yang Anda makan untuk melacak asupan kalori. Sistem berteknologi tinggi ini bahkan dapat bekerja dengan garpu dan sumpit! Dapatkah Anda membayangkan peralatan makan Anda mengawasi setiap kunyahan Anda? Ya, masa depan sudah dekat!

Teknologi baru ini mengevaluasi nilai gizi dari makanan Anda dengan menganalisis video saat Anda mengunyah makanan! "Kami beralih ke penggunaan model bahasa besar seperti ChatGPT [...] untuk memahami apa yang ada di dalam makanan atau mungkin mengajukan pertanyaan dasar seperti 'apakah ini ayam?" ujar Yuhao Chen dari University of Waterloo di Kanada kepada New Scientist, seperti dikutip dari Sky News.

Berbicara tentang manfaat teknologi ini, Yuhao Chen menambahkan, "Sering kali, terutama bagi orang-orang yang makan di rumah, hidangannya mungkin tidak memiliki nama. Mungkin hanya apa pun yang tersedia di lemari es "Algoritme estimasi porsi makanan yang ada saat ini [...] mengasumsikan bahwa pengguna mengambil gambar makanan mereka satu atau dua kali," kata para peneliti dari University of Waterloo di Kanada. "[Hal ini] bisa merepotkan dan gagal untuk menangkap item makanan yang tidak terlihat dari perspektif atas ke bawah, seperti bahan makanan yang terendam dalam rebusan."

Menurut para peneliti, sistem pelacakan AI baru ini dapat menghitung volume makanan yang Anda makan hanya dengan margin kesalahan sebesar 4,4%.yang telah mereka campur menjadi satu."

Menurut laporan food.ndtv.com, saat ini sistem tidak dapat mengidentifikasi makanan pada sendok Anda. Para pelatih sedang mengajarinya cara mengenali apa yang Anda makan. Setelah dikembangkan sepenuhnya, sistem ini seharusnya dapat mengenali berbagai macam makanan, termasuk yang belum pernah dilihat sebelumnya. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image