Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image aliya athirotul

Esports sebagai Ajang Olahraga di Indonesia

Olahraga | Wednesday, 05 Jun 2024, 15:30 WIB
Sumber: Jurnalposmedia

Esports atau olahraga elektronik telah menjadi fenomena global yang mendapatkan pengakuan sebagai ajang olahraga. Di Indonesia, esports juga telah mendapatkan perhatian yang signifikan karena meningkatnya jumlah gamer aktif dan pembentukan Indonesia Esport Association (IESPA). Dikutip dari CCN Indonesia, kehadiran Esports di Asian Games dan SEA Games, terbukti bahwa mereka diperhitungkan menjadi cabang olahraga. Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo mengatakan bahwa esports layak menjadi sebuah cabang olahraga karena menggunakan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti olahraga pada umumnya.

Selain itu Esports sudah banyak dipertandingkan baik dalam event nasional atau pun internasional. Kemunculan esports sebagai cabang olahraga di Indonesia menghadirkan perpaduan yang menarik antara teknologi, budaya, serta perilaku manusia. Pengakuan esport sebagai ajang olahraga di Indonesia dapat memiliki dampak positif. Hal ini dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap gaya hidup yang aktif, serta memberikan kesempatan bagi para pemain esport Indonesia untuk bersaing di tingkat internasional. Selain itu, esport juga dapat menjadi sumber prestasi dan kebanggaan nasional.

Perlu dipahami bahwa olahraga dan esports memiliki peran yang sama dalam membentuk identitas dan budaya suatu masyarakat. Esports dapat menjadi ajang olahraga yang diakui dan dihargai oleh masyarakat, serta membuka peluang pekerjaan baru bagi para atlet esports. Meskipun demikian, pengakuan esports sebagai olahraga juga menimbulkan tantangan, seperti perlunya regulasi yang jelas, dukungan infrastruktur, dan pengembangan atlet esport yang profesional. Namun, dengan pendekatan yang tepat esport dapat menjadi ajang olahraga yang membanggakan bagi Indonesia.

Dengan demikian, pengakuan esport sebagai ajang olahraga di Indonesia merupakan langkah yang penting dalam memajukan industri esports dan memperluas cakupan olahraga di tanah air. Serta dengan dukungan yang tepat, esports dapat menjadi bagian integral dari budaya olahraga Indonesia, memberikan manfaat bagi para pemain, penonton, dan negara secara keseluruhan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image