Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image faradisa novianti

Mengenal Kesehatan Masyarakat Lewat Pandemi Covid-19

Edukasi | 2024-05-29 20:44:02
Sumber gambar : KEMENKO PMK (https://www.kemenkopmk.go.id/pentingnya-peran-tenaga-kesehatan-masyarakat-dalam-penanganan-covid-19)

Pandemi Covid-19 sudah banyak mengguncang dunia dengan kekuatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, di tengah ketakutan dan kekhawatiran itu ada pahlawan tanpa jubah yang bekerja keras di garis depan untuk melindungi masyarakat. Mereka adalah dokter, perawat dan seluruh tenaga kesehatan yang ada. Beberapa dari mereka adalah tenaga kesehatan masyarakat. Mungkin sekarang masih ada beberapa dari masyarakat kurang mengenal tenaga kesehatan masyarakat, yuk sekarang kita kenalan lebih dekat tentang tugas dan peran tenaga kesehatan masyarakat dengan mengambil contoh saat kejadian pandemi covid-19.

Tenaga kesehatan masyarakat adalah tenaga kesehatan yang memiliki peran dalam tindakan preventif dan promotif untuk menjaga kesehatan dalam sebuah kelompok masyarakat. Jika dilihat dari pandemi Covid-19 tenaga kesehatan masyarakat juga memiliki peran yang cukup besar dibalik layar untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang lebih luas. Jika dokter dan perawat berperang dalam menyembuhkan penyakit, tenaga kesehatan masyarakatlah yang berperang untuk mencegah penyebaran penyakit ini. Peran mereka sangat vital dalam memerangi pandemi ini dan mencegah penyebarannya yang lebih luas.

Saat terjadi pandemi Covid-19 tenaga kesehatan masyarakat berperan besar dalam edukasi publik dengan menyajikan informasi akurat dan terkini tentang Covid-19. Merekalah orang-orang yang gencar dalam melakukan promosi langkah-langkah pencegahan penularan Covid-19 misalnya dengan mendorong masyarakat menggunakan masker, hand sanitizer, menjaga jarak, dan mengajak masyarakat untuk melakukan imunisasi.

Mungkin dari sini beberapa orang baru sadar tentang peran tenaga kesehatan masyarakat. “Oh kesmas itu yang sering melakukan penyuluhan-penyuluhan itu ya?”, ya betul itulah mereka. Namun peran mereka tidak sebatas melakukan promosi kesehatan saja tetapi juga melakukan analisis terhadap penyebaran penyakit atau yang dalam istilah kesehatan disebut dengan epidemiologi kesehatan. Dengan adanya analisis epidemiologi ini dapat membantu pemerintah untuk mengidentifikasi pola penyakit, termasuk prevalensi dan insiden penting untuk mengetahui bagaimana penyebaran penyakit di antara populasi. Hal ini dapat bermanfaat sebagai dasar untuk membuat strategi dalam penanganan penyakit.

Tenaga kesehatan juga ikut berperan dalam melakukan administrasi kebijakan kesehatan yang memainkan peran krusial saat pandemi Covid-19 dengan mengelola implementasi kebijakan pencegahan dan penanganan epidemi, menyusun strategi adaptasi dalam menghadapi perubahan situasi, berkoordinasi dengan berbagai sektor dan lembaga untuk memastikan ketersediaan sumber daya dan dukungan yang diperlukan, serta memberikan analisis dan rekomendasi berdasarkan data epidemiologi yang akurat untuk mendukung pengambilan keputusan yang responsif dan efektif dalam melindungi kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

Dalam pembuatan kebijakan tenaga kesehatan masyarakat berperan dengan melakukan advokasi kebijakan untuk mempercepat penanganan Covid-19 kepada para pemangku kebijakan kesehatan. Salah satu contohnya adalah diberlakukannya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau dulu sering kita sebut "PPKM" yang dibuat dengan tujuan untuk membatasi pergerakan masyarakat agar penyebaran Covid-19 dapat segera dikendalikan. Advokasi kebijakan kesehatan ini berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang kondusif kesehatan sehingga dapat lebih cepat terbebas dari permasalahan tersebut.

Melalui studi kependudukan, tenaga kesehatan masyarakat mempunyai peran dalam memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika populasi yang terdampak, mengidentifikasi kelompok rentan dan area geografis yang memerlukan perhatian lebih, mengevaluasi dampak sosial dan ekonomi dari kebijakan pencegahan, serta memberikan data yang diperlukan untuk merancang intervensi kesehatan yang lebih terarah dan efektif dalam melindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Dari hal ini tenaga kesehatan masyarakat dapat menyampaikan dan bekerja sama dengan dinas sosial dalam mengatasi dampak ekonomi dari diberlakukannya PPKM karena pandemi Covid-19.

Dan salah satu peran tenaga kesehatan yang tidak kalah penting adalah dalam pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan tanggung jawab kepada masyarakat agar mampu dalam menjaga kesehatan mereka sendiri dan masyarakat sekitar. Tenaga kesehatan masyarakat bekerja sama dengan berbagai sektor dan komunitas untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya masker dalam melindungi diri dan orang lain dari penyebaran virus. Tidak hanya itu mereka juga mengajarkan cara menggunakan, membersihkan, dan membuang masker dengan benar agar efektif dan aman digunakan.

Secara keseluruhan, tenaga kesehatan masyarakat juga memiliki peran yang cukup banyak dalam penanganan pandemi Covid-19 agar tidak semakin menyebar. Dengan komitmen, dedikasi, dan keahlian yang dimiliki, mereka berpartisipasi untuk membantu menjaga masyarakat agar tetap sehat, aman, dan terlindungi dari ancaman kesehatan yang kompleks. Nah sekarang sudah kenalkan dengan tugas dan peran tenaga kesehatan masyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya