Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ropiyadi ALBA

174 Peserta Didik SMA Putra Bangsa Ikuti Ujian Karya Tulis Tahun Pelajaran 2021/2022

Eduaksi | Tuesday, 18 Jan 2022, 18:06 WIB
Dokumentasi Pribadi

SMAPutraBangsaNews-Sebanyak 174 peserta didik kelas XII SMA Putra Bangsa Depok mengikuti Ujian Karya Tulis yang digelar pada Selasa (18/1/2022) dan Kamis (20/1/2022). Para peserta didik tersebut mengikuti Ujian Karya Tulis sebagai bagian dari rangkaian kegiatan akhir tahun SMA Putra Bangsa Depok Tahun Pelajaran 2021/2022.

Mengikuti Ujian Karya Tulis dengan hasil minimal baik merupakan salah satu syarat kelulusan di SMA Putra Bangsa, selain syarat kelulusan lainnya, seperti telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari semester 1 sampai dengan semester 6, memiliki nilai sikap minimal Baik, serta memiliki nilai rata-rata Ujian Sekolah minimal 73. Untuk nilai rata-rata Ujian Sekolah, SMA Putra Bangsa telah menetapkan target bahwa nilai rata-rata minimal Ujian Sekolah pada tahun 2024 adalah 80.

Tujuan dari kegiatan penyusunan dan Ujian Karya Tulis di SMA Putra Bangsa adalah untuk membekali peserta didik untuk menjadi calon mahasiswa ataupun sebagai anggota masyarakat yang perlu dilatih dalam menuangkan buah pikirannya secara tertulis dalam bentuk Karya Tulis. Karya Tulis tersebut tidak perlu harus dalam jumlah halaman yang banyak seperti skripsi, namun yang terpenting adalah tulisannya telah memuat jawaban utuh dari tema karya tulis yang dipilih.

Tema dapat dipilih sesuai dengan minat peserta didik, misalnya ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan, permasalahan sosial, isu- isu teknologi, kebudayaan, seni dan tradisi, permasalahan kesehatan, lingkungan, dan sebagainya.

Diusahakan tema tersebut relevan dengan jurusan/program yang diambil; misalnya peserta didik program MIPA memilih hal-hal yang berkenaan dengan ilmu-ilmu eksakta, seperti: Kegunaan dari Proses Elektrolisis, Pengaruh Merokok terhadap Paru-Paru, Pengaruh Penggunaan Zat Pewarna Makanan terhadap Kesehatan, dll. Sedangkan peserta didik program IPS dapat memilih tema-tema yang menyangkut kemasyarakatan, seperti: Dampak Korupsi terhadap Peningkatan Tindak Kriminal di Depok, Dampak kecanduan game online terhadap hasil belajar , dll.

Dengan mengikuti ujian Karya Tulis, diharapkan para peserta didik memiliki pengalaman yang sangat berharga kedepannya sebagai calon mahasiswa dan pemimpin di masyarakat, apalagi jika seluruh rangkaian proses dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan berlandaskan nilai-nilai kemandirian, kejujuran, dan dengan pendekatan ilmiah. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image