174 Peserta Didik SMA Putra Bangsa Ikuti Ujian Karya Tulis Tahun Pelajaran 2021/2022

Image
Ropiyadi ALBA
Eduaksi | Tuesday, 18 Jan 2022, 18:06 WIB
Dokumentasi Pribadi

SMAPutraBangsaNews-Sebanyak 174 peserta didik kelas XII SMA Putra Bangsa Depok mengikuti Ujian Karya Tulis yang digelar pada Selasa (18/1/2022) dan Kamis (20/1/2022). Para peserta didik tersebut mengikuti Ujian Karya Tulis sebagai bagian dari rangkaian kegiatan akhir tahun SMA Putra Bangsa Depok Tahun Pelajaran 2021/2022.

Mengikuti Ujian Karya Tulis dengan hasil minimal baik merupakan salah satu syarat kelulusan di SMA Putra Bangsa, selain syarat kelulusan lainnya, seperti telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari semester 1 sampai dengan semester 6, memiliki nilai sikap minimal Baik, serta memiliki nilai rata-rata Ujian Sekolah minimal 73. Untuk nilai rata-rata Ujian Sekolah, SMA Putra Bangsa telah menetapkan target bahwa nilai rata-rata minimal Ujian Sekolah pada tahun 2024 adalah 80.

Tujuan dari kegiatan penyusunan dan Ujian Karya Tulis di SMA Putra Bangsa adalah untuk membekali peserta didik untuk menjadi calon mahasiswa ataupun sebagai anggota masyarakat yang perlu dilatih dalam menuangkan buah pikirannya secara tertulis dalam bentuk Karya Tulis. Karya Tulis tersebut tidak perlu harus dalam jumlah halaman yang banyak seperti skripsi, namun yang terpenting adalah tulisannya telah memuat jawaban utuh dari tema karya tulis yang dipilih.

Tema dapat dipilih sesuai dengan minat peserta didik, misalnya ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan, permasalahan sosial, isu- isu teknologi, kebudayaan, seni dan tradisi, permasalahan kesehatan, lingkungan, dan sebagainya.

Diusahakan tema tersebut relevan dengan jurusan/program yang diambil; misalnya peserta didik program MIPA memilih hal-hal yang berkenaan dengan ilmu-ilmu eksakta, seperti: Kegunaan dari Proses Elektrolisis, Pengaruh Merokok terhadap Paru-Paru, Pengaruh Penggunaan Zat Pewarna Makanan terhadap Kesehatan, dll. Sedangkan peserta didik program IPS dapat memilih tema-tema yang menyangkut kemasyarakatan, seperti: Dampak Korupsi terhadap Peningkatan Tindak Kriminal di Depok, Dampak kecanduan game online terhadap hasil belajar , dll.

Dengan mengikuti ujian Karya Tulis, diharapkan para peserta didik memiliki pengalaman yang sangat berharga kedepannya sebagai calon mahasiswa dan pemimpin di masyarakat, apalagi jika seluruh rangkaian proses dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan berlandaskan nilai-nilai kemandirian, kejujuran, dan dengan pendekatan ilmiah. ***

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tenaga Pendidik di SMA Putra Bangsa Depok dan Mahasiswa Pasca Sarjana Pendidikan MIPA Universitas Indra Prasta Jakarta.

Hikmah Silaturahmi

Tetap Istiqomah Pasca-Ramadhan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Matilda - Harry Styles Lyrics

Image

SSSTikTok: Free Download Video TikTok Paling Terbaru 2022 Mudah Dan Cepat

Image

Rutan Banda Aceh Laksanakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke 114

Image

Ompu Halto

Image

Download Youtube Vanced Apk Versi 2022 Terbaru

Image

Tukang Batu Sikat Surabaya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image