Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Memilah Sampah dari Rumah

Eduaksi | 2024-05-28 09:48:57
KKN Alternatif UAD Unit I.C.1 lakukan sosialisasi pilah sampah di Ngaglik (Dok. Istimewa)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode 91 Unit I.C.1 yang bertempat di RW 10 Ngaglik Sudagaran, Tegalrejo, Yogyakarta, melakukan sosialisasi pilah sampah. Acara yang dilakukan ini berjudul “Pilah Sampahmu, Langkah Kecil Menjaga Bumi Tetap Lestari”, dan dilaksanakan pada Minggu, 12 Mei 2024 di pendopo milik warga Ngaglik Sudagaran RW 10. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengedukasi dan menyosialisasikan pentingnya memilah sampah yang berawal dari sampah rumah tangga, khususnya ditujukan untuk ibu-ibu PKK karena mereka dinilai sebagai sosok penting dalam kehidupan berumah tangga.

Sosialisasi dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan arisan ibu-ibu PKK yang dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Fauzan Munib selaku co-founder komunitas bernama Daur Resik. Acara dimulai dengan orientasi mengenai permasalahan sampah yang terjadi di Ngaglik Sudagaran RW 10. Keresahan yang dialami oleh ibu-ibu PKK, kemudian dicarikan jalan keluarnya dan dilanjutkan pengenalan jenis-jenis sampah serta pemilahannya.

Ibu-ibu PKK yang hadir sekitar 40 orang. Mereka terlihat sangat antusias karena kegiatan bersamaan dengan arisan rutinan. Manfaat kegiatan sosialisasi ini yakni adanya secercah solusi dari permasalahan yang dialami. Selain itu juga menambah wawasan mengenai jenis-jenis sampah serta pengelolaannya.

Habib Aditiya Julianto selaku ketua KKN Unit I.C.1 berharap Ngaglik Sudagaran menjadi dusun yang nyaman sebagai tempat tinggal warga RW 10. Hidup nyaman berdampingan dengan sanak tetangga maupun saudara, bukan dengan tumpukan sampah yang membawa resah. (Dilla)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image