Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fatimah Khoiru Nisa

Pengaruh Digitalisasi Pada Gigi Gen Z

Teknologi | Thursday, 23 May 2024, 13:13 WIB
Sumber: Alldent.id

Hai, Sobat Gen Z! Kalian tahu nggak, sih, apa itu era digitalisasi? Dampak apa saja yang bisa kita rasakan dari era digitalisasi ini? Lalu apa kaitan antara digitalisasi dengan kesehatan gigi Gen Z, ya? Daripada penasaran, yuk, kita kupas tuntas pengaruh digitalisasi pada gigi Gen Z!

Era digitalisasi merupakan masa ketika seluruh kegiatan dan kebutuhan dapat dipenuhi secara mudah dengan menggunakan teknologi canggih (Adam, 2023). Era digitalisasi ini membawa arus perkembangan teknologi dengan dampak yang bisa dirasakan oleh berbagai kalangan.

Salah satu kalangan yang paling merasakan dampak dari adanya era digitalisasi ini adalah gen z. Gen Z atau generasi yang lahir pada pertengahan tahun 1999 hingga awal tahun 2010 tak bisa lepas dari perkembangan teknologi (Ceicilia, 2023). Mereka merupakan saksi dari adanya era digitalisasi. Mereka telah terbiasa hidup berdampingan dengan canggihnya teknologi yang ada. Contoh paling sederhana adalah dengan adanya smartphone.

Seperti yang bisa kita lihat saat ini, kebanyakan dari Gen Z memiliki smartphone dalam genggaman mereka. Rata-rata dari mereka akan menggunakan smartphone untuk mengakses media sosial. Menurut rilis “ Indonesia Gen Z Report 2022” oleh IDN Media, terdapat sekitar 22 % Gen z yang mengakses media social selama kurang lebih tiga jam tiap harinya.

Perkembangan teknologi yang terjadi pada era digitalisasi memberikan dampak yang beragam, utamanya bagi Gen Z. Dampak negatif yang dapat ditimbulkan adalah gaya hidup hedonisme akibat adanya pengaruh media sosial. Gaya hidup ini akan mendorong Gen Z untuk terlihat sempurna dihadapan publik. Tak jarang hal ini akan menyebabkan gangguan pada mental Gen Z. Namun, perkembangan teknologi digital ini tidak hanya membawa dampak negatif tetapi juga dampak positif pada berbagai bidang.

Salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi juga dirasakan dalam bidang kedokteran gigi. Kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Gigi memegang peranan penting dalam sistem pencernaan. Gigi bertugas untuk mengunyah makanan. Terjadinya kerusakan atau kehilangan gigi akan menyebabkan proses pengunyahan tidak berjalan normal. Makanan yang tidak dikunyah dengan baik akan mengganggu proses pencernaan. Selain itu, kesehatan gigi dan mulut juga akan memengaruhi kesehatan bagian tubuh yang lain, lho!

Kepentingan dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan gigi menjadikan pelayanan kesehatan banyak dicari oleh masyarakat. Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak inovasi yang bermunculan guna memudahkan pelayanan kesehatan gigi bagi masyarakat. Salah satunya adalah pelayanan kesehatan gigi via online.

Pelayanan kesehatan gigi berbasis digital ini dapat berupa tindakan pencegahan ataupun penanganan. Salah satu contoh tindakan penanganan melalui media digital adalah teknologi teledentistry. Teledentistry merupakan sarana pelayanan kesehatan gigi, mulai dari diagnosis hingga konsultasi, yang dapat diakses melalui media elektronik seperti smartphone (Pertiwisari, et al, 2023). Teledentistry memudahkan tenaga kesahatan dalam mencapai pemerataan kesehatan di segala daerah. Selain itu, teledentistry lebih disukai oleh Gen Z karena kemudahan yang ditawarkan. Penggunaan teledentistry ini juga lebih menghemat waktu dan biaya.

Selain tindakan penanganan, sistem pelayanan kesehatan gigi digital juga menyediakan tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan ini dapat berupa penyuluhan kesehatan gigi dan mulut melalui media sosial. Hal ini lebih disenangi dan mudah dipahami oleh Gen Z. Seperti yang telah disampaikan dalam pembahasan sebelumnya, Gen Z menghabiskan tiga jam dalam sehari untuk menelusuri media sosial. Tentu saja penyuluhan yang disampaikan melalui media sosial lebih menarik bagi mereka dari pada melalui media langsung.

Menurut World Health Organization (WHO), layanan pintar berbasis internet merupakan kemajuan teknologi yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesehatan gigi dan pencegahan penyakit gigi anak (Fenoria, 2024). Secara global, peningkatan jumlah pengguna media digital dapat meningkatkan cara mengedukasi dan berkomunikasi dengan pasien. Hal ini juga berlaku pada Gen Z sebagai generasi yang tumbuh di era digitalisasi.

Kemudahan yang diberikan oleh pelayanan kesehatan gigi secara digital dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran Gen Z akan pentingnya menjaga kesehatan gigi. Pemahaman dan kesadaran inilah yang akan menjadi langkah awal untuk mencapai peningkatan kesehatan gigi Gen Z. Wah, ternyata perkembangan teknologi di era digitalisasi ini bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan gigi Gen Z, ya, Sobat! Tidak hanya Gen Z, tapi generasi yang lain juga bisa merasakan dampak baik ini. Nah, Sobat, dengan segala kemudahan yang ada, yuk, bersama-sama kita jaga kesehatan gigi ini!

Referensi

Adam, A. (2023, Desember 11). Era Digital: Pengertian, Kelebihan, dan Dampak dari Era Digitalisasi. Retrieved from Accurate.id: https://accurate.id/teknologi/era-digital/

Ceicilia. (2023, Agustus 9). Generasi Z dan Perkembangan Digital. Retrieved from Kumparan.com: https://kumparan.com/ceicilia773355/generasi-z-dan-perkembangan-digital-20x2sPSIGU9

Fenoria, F. (2024, Maret 18). Perkembangan Teknologi Promosi Kesehatan Gigi Anak di Era Digital. Retrieved from unair.ac.id: https://unair.ac.id/perkembangan-teknologi-promosi-kesehatan-gigi-anak-di-era-digital/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image