Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Asri Thoifah

Waspada Terhadap Dampak Membuka DM Sembarangan Berisi Link Pishing di Aplikasi X

Teknologi | Tuesday, 30 Apr 2024, 10:35 WIB

Dengan meningkatnya penggunaan aplikasi X dalam berkomunikasi dan berinteraksi, muncul tantangan baru terkait keamanan dan privasi pengguna. Salah satu masalah yang muncul adalah penyebaran link phishing melalui direct message (DM) yang dapat membahayakan keamanan pengguna.

Menurut Yustitiana, phising merupakan suatu bentuk tindak kejahatan dengan menggunakan teknik rekayasa. Selain itu, terdapat juga istilah phiser, menurut Wahyuni phiser mempunyai tujuan untuk memperoleh informasi sensitif, seperti username, password dan rincian kartu kredit. Tindakan Phishing mengincar informasi sensitif pengguna untuk digunakan oleh pihak yang tidak berwenang.

Pengiriman phising lewat link telah marak terjadi di berbagai platform, terutama pada aplikasi x. Dengan modus pengiriman link instagram lewat direct message di aplikasi x, pelaku phising dengan mudah mendapatkan attention dari target. Phising pada aplikasi x ini dapat berjalan apabila target membuka DM dari orang lain yang di dalamnya berisi link phising.

Pada kasus ini pengguna aplikasi X rentan terhadap serangan phishing karena seringkali terbuka untuk menerima pesan langsung dari pengguna lain atau bahkan dari akun palsu. Ketika pengguna tidak waspada dan membuka DM yang berisi link phishing, hal itu dapat mengakibatkan penyebaran serta pencurian data pribadi, informasi finansial, atau bahkan mengundang serangan malware yang merugikan.

Serangan malware sendiri menyebabkan beberapa tautan phishing yang dapat mengarahkan pengguna untuk mengunduh atau menginstal malware ke perangkat mereka, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem atau pencurian data yang lebih serius. 2. Gunakan Keamanan Tambahan. Aktifkan fitur keamanan tambahan seperti otentikasi dua faktor (2FA) untuk melindungi akun Anda dari serangan phishing.3. Selalu update berita terbaru terkait phising, karena pelaku phising selalu memikirkan hal hal terbaru untuk menipu orang lain.

Oleh karena itu, pengguna aplikasi X atau media sosial yang lain diharapkan untuk lebih waspada dengan kejadian phising melalui link tautan atau media lain nya. Karena dengan adanya kewaspadaan tersebut menjadikan lebih berhati hati dalam menerima pesan berisi tautan link yang mencurigakan.

Melihat keseriusan masalah yang di akibatkan oleh link phising di aplikasi x ini, penulis memberi saran bagi para pengguna aplikasi X untuk mencegah dan menghindari terjadinya serangan phising:1. Jangan Membuka Pesan bahkan Tautan yang Mencurigakan pada Direct Message di aplikasi X. Hindari membuka tautan dari pengirim yang tidak dikenal atau tautan yang terlihat mencurigakan, karena apabila tautan berisi link di tekan, makan link tersebut akan aktif dan menyebarkan link phising ke seluruh teman di aplikasi X.

2. Gunakan Keamanan Tambahan. Aktifkan fitur keamanan tambahan seperti otentikasi dua faktor (2FA) untuk melindungi akun Anda dari serangan phishing.3. Selalu update berita terbaru terkait phising, karena pelaku phising selalu memikirkan hal hal terbaru untuk menipu orang lain.

Oleh karena itu, pengguna aplikasi X atau media sosial yang lain diharapkan untuk lebih waspada dengan kejadian phising melalui link tautan atau media lain nya. Karena dengan adanya kewaspadaan tersebut menjadikan lebih berhati hati dalam menerima pesan berisi tautan link yang mencurigakan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image