Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Doni Hariandi - Universitas Andalas

Eksplorasi Rasa dan Manfaat Buah Aprikot

Info Sehat | Friday, 26 Apr 2024, 23:50 WIB
Buah Aprikot (sumber: shutterstock.com)

Pastinya banyak yang suka dengan buah-buahan, apalagi dengan buah yang rasanya manis, sedikit asam dan menyegarkan. Diantara buah-buahan yang umum dijumpai dan sering dilihat diberbagai tempat atau daerah di Indonesia, ada satu jenis buah-buahan berbiji dengan bentuk kecil dan bulat yang sangat jarang dijumpai yaitu buah aprikot.

Buah aprikot atau yang dikenal juga dengan nama abrikos, berasal dari wilayah Asia Tengah dan diperkirakan telah dibudidayakan sejak zaman purba. Meskipun tidak sepopuler buah-buahan lainnya, aprikot memiliki rasa yang unik dan menarik. Buah aprikot umumnya tumbuh subur di iklim yang relatif dingin, sehingga jarang dijumpai di daerah dengan kondisi iklim tropis seperti Indonesia.

Keunikan buah aprikot terletak pada beberapa hal yaitu musim panen yang singkat, biasanya hanya berlangsung selama beberapa minggu pada musim semi, ini membuatnya menjadi buah yang cukup langka di beberapa wilayah. Terdapat lebih dari 50 varietas aprikot yang dikenal secara komersial, dengan perbedaan dalam warna, ukuran, rasa, dan tekstur buah. Selain itu aprikot mempunyai aroma khas yang seringkali dianggap sebagai salah daya tarik utamanya.

Buah aprikot kaya akan nutrisi. Dalam 100 gram buah aprikot atau sekitar 2 buah, terdapat 1,2 gram protein, 2 gram serat, 10 gram karbohidrat, 15 mg kalsium, 250 mg kalium, 10 mg magnesium, 20 mg fosfor dan 0,4 mg zat besi. Buah aprikot juga rendah kalori dan tidak mengandung lemak jenuh. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak air dan diperkaya beragam antioksidan dan vitamin, di antaranya vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, dan vitamin E.

Buah aprikot sangat enak bila dimakan langsung sebagai cemilan segar, di olah menjadi selai, saus atau kue, salad buah, campuran sereal, jus atau smoothie, permen dan juga krim. Selain itu buah aprikot juga bisa diekstrak menjadi minyak yang digunakan untuk perawatan kulit.

Berikut adalah beberapa manfaat buah aprikot:

1. Sumber Antioksidan

Aprikot merupakan sumber antioksidan yang kaya akan vitamin A, C, E, dan betakaroten. Buah ini juga mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu mencegah penyakit kronis, seperti diabetes.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan E pada aprikot dapat menjaga kesehatan mata.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Aprikot sering dikaitkan dengan kesehatan kulit. Paparan radikal bebas dan bahaya sinar matahari bisa menimbulkan berbagai masalah kulit seperti noda hitam dan kerutan halus.

4. Menjaga Kesehatan Usus

Serat yang terkandung dalam buah aprikot berperan besar dalam kesehatan usus.

5. Menjaga Kadar Gula dan Kolesterol Tubuh

Serat dalam buah aprikot berfungsi menjaga kadar gula dan kolesterol dalam tubuh tetap normal.

6. Memelihara Kesehatan Jantung

Aprikot kaya akan serat dan antioksidan yang dapat mencegah terbentuknya pengerasan dan sumbatan plak pada pembuluh darah.

Buah aprikot kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang penting. Meskipun tidak umum dan sepopuler buah-buahan lainnya di Indonesia, aprikot tetap merupakan buah yang menarik untuk dieksplorasi dalam hal nilai gizi dan penggunaannya dalam masakan serta minuman. Buah aprikot dapat menjadi tambahan yang berharga dalam menjaga kesehatan dan memperkaya pengalaman kuliner kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image