Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

5 Jenis Helm Sepeda yang Perlu Kamu Tahu, Berikut Penjelasannya

Olahraga | Monday, 17 Jan 2022, 07:19 WIB

Dalam berkendara dengan menggunakan sepeda, pengendara memerlukan perlengkapan seperti helm. Tujuannya tentu untuk memberi keamanan bagi kepala jika suatu waktu mengalami benturan. Ada berbagai jenis dari benda ini, berikut adalah contohnya:

Helm Road Bike

Seperti namanya, Helm Road Bike ini memiliki rancangan yang sangat sesuai untuk kegiata berkendara sepeda di jalanan. Selain itu, penggunaannya juga cocok untuk kegiatan kompetisi balap. Jenis pelindung kepala satu ini bisa masuk kategori standar.

Helm Road Bike memiliki bobot yang cukup ringan. Selain itu, strukturnya juga mempunya banyak ventilasi. Tingkat proteksi dari penutup kepala ini bisa masuk kategori cukup kuat. Biasanya pengguna berada posisi menunduk saat berkendara, jadi tidak ada penambahan visor.

Helm Sepeda Gunung

Bersepeda merupakan kegiatan yang dapat berlangsung pada berbagai rute. Tidak hanya jalanan, tetapi bisa juga jalan gunung. Nah, perlindungan kepala saat melakukan aktivitas ini pun penting, ada jenis helm khusus untuk mendukungnya.

Struktur Helm sepeda gunung ini memiliki tampilan khas. Pada bagian depan ada penambahan visor. Selain itu, sebelah samping dan belakangnya mempunya design berupa pelindung. Sebagai tambahan, hadir pula ikatan untuk menjaga posisi penutup kepala ini agar tidak bergeser.

Helm Sepeda Full Face

Helm Full Face ini memiliki bentuk yang sesuai dengan namanya, yaitu wajah penuh. Artinya, jenis pelindung kepala satu ini tidak hanya melindungi bagian atas tetapi juga sebagian muka. Harapannya tentu agar pengendara menjadi lebih aman.

Biasanya pengendara sepeda yang menggunakan tipe Helm Full Face ini bersepeda pada medan sulit. Risiko dari menempuh jalur itu pun lebih besar. Oleh karenanya perlu perlindungan tambahan pada bagian gigi, mulut, dagu, hingga pipi dengan struktur khasnya.

Helm Khusus Wanita

Penggemar olahraga sepeda tidak hanya berasal dari kalangan para pria, banyak wanita juga menggemari kegiatan ini. Perlengkapan untuk menunjang aktivitas bersepeda pun beberapa mempunyai desain khusus bagi perempuan.

Helm sepeda khusus perempuan memiliki desain tidak jauh berbeda dengan jenis penutup kepala lainnya. Namun, biasanya ukurannya cenderung lebih kecil. Selain itu, bagi wanita yang mengikat rambutnya, ada fitur tambahan berupa lubang pada bagian belakang.

Helm Aero Road

Satu lagi jenis helm yang biasa pengendara sepeda gunakan, yaitu Aero Road. Penutup kepala tipe ini merupakan perpaduan antara varian road dan juga time trial. Design ini bertujuan menciptakan kenyamanan bagi pemakainya.

Helm Aero Road berfungsi untuk melindungi kepala pengendara sepeda layaknya tipe penutup kepala pada umumnya. Dari segi bobot, tipe ini memiliki berat yang cukup ringan. Selain itu, bentuknya pun cenderung ringkas dan aerodinamis guna menciptakan sirkulasi baik.

Nah, pembahasan di atas merupakan salah satu hal penting dalam membicarakan helm sepeda. Pengguna bisa menyesuaikan jenisnya sesuai dengan kebutuhan dan medan bersepeda. Gunakan peralatan tambahan seperti jersey, sepatu dan peralatan pelengkap lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image