Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Rupanya Ini Jurus Kreatif Jack Ma!

Gaya Hidup | Monday, 22 Apr 2024, 22:21 WIB

Rupanya Ini Jurus Bisnis Jack Ma!

=====

Jack Ma (lahir 10 September 1964) merupakan seorang pebisnis berkebangsaan Tiongkok. Dia merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e commerce terbesar di Tiongkok.

Jack Ma merupakan warga Tiongkok Daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia.

Pada 2015, ia masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia pada urutan ke-22. Jack Ma secara resmi mengundurkan diri dari dewan direksi Alibaba pada 30 September 2019.

Menurut Hermawan K, bapak marketer Indonesia, Jack Ma pernah mengenalkan jurus DAMO dalam konsep bisnisnya.

DAMO merupakan akronim dari:

Discovery. Seorang pebisnis kreatif mesti dapat menemukan new thing dan perspektif yang lebih baru dan segar.

Advanture. Seorang kreatif yang fokus pada bisnisnya mesti menemukan sudut wahana yang baru untuk dikembangkan. Mereka yang bertahan saat pandemi lalu termasuk dalam kategori ini menurut Hermawan K.

Momentum. Ini sangat penting dan berlaku dalam setiap aspek hidup. Termasuk dalam bisnis dan daya kreatif. Ada momentum yang mesti anda temukan atau yang mesti anda kelola hingga menjadi nilai tambah. Dalam kesulitan pun momentum kreatif itu bisa muncul.

Outlook. Yaitu membangun brand dan posisi bisnis anda serta menyesuaikannya dengan iklim yang lebih luas mencakup: orientasi pada pelanggan. Perubahan. Pesaing. Strategi dan ketahanan internal.

Model di atas bisa juga diterapkan untuk jurus pengembangan personal dan pemberdayaan diri guna memaksimalkan potensi Anda!

Dok.by Hermawan.istimewa

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image