Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

Image
Rendi Arya
Teknologi | Sunday, 16 Jan 2022, 21:25 WIB

Di zaman modern seperti saat ini, media komunikasi mengalami banyak sekali kemajuan. Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi smartphone, kalian tidak hanya sekedar melakukan panggilan telepon atau sms, tetapi juga bisa mengirim gambar, video, dokumen lainnya dengan lebih mudah.

Sebagai salah satu aplikasi yang banyak digunakan karena mempermudah komunikasi, WhatsApp sering kali menjadi sasaran empuk untuk diretas atau disadap. Ada banyak alasan mengapa pengguna lain ingin menyadap akun WhatsApp dari seseorang. Misalnya sedang menjalani hubungan jarak jauh atau LDR dan curiga terhadap pasangannya. Dan, masih banyak alasan lainnya.

Bagaimana Cara mengetahui apakah WhatsApp kita disadap atau tidak? Gunakan beberapa cara berikut ini untuk mengetahui apakah WhatsApp kita disadap atau tidak yang saya kutip dari Techkinian.

1. Mengetahui WhatsApp disadap dari status chat

Chat atau pesan yang sudah kalian baca padahal sadar belum membuka pesan tersebut apalagi membacanya. Jika kalian menemukan chat atau pesan yang sudah dibaca, hal tersebut menandakan bahwa ada orang lain yang bisa mengakses untuk membaca chat WhatsApp kalian.

2. Mengetahui WhatsApp disadap lewat Whatsapp Web

Buka aplikasi WhatsApp yang sudah terpasang di handphone kalian. Klik menu pengaturan atau setting ikon titik tiga di bagian pojok kanan atas, lalu klik opsi WhatsApp Web. Klik WhatsApp Web, kemudian pemeriksa perangkat atau aplikasi apapun yang memiliki akses ke WhatsApp.

Jika ada satu atau beberapa komputer muncul di tampilan layar padahal belum diberikan akses, maka akun WhatsApp milikmu telah disusupi oleh perangkat lain dan sedang disadap.

Untuk menghindari hal-hal tersebut terulang kembali, ada solusi jitu yang bisa kamu gunakan. Caranya adalah mengonfigurasi WhatsApp dengan Applock.

Dengan demikian, meskipun seseorang atau pasangan kamu yang ingin mengetahui isi chat WA atau ada hal yang dicurigai dari pasangan kalian, mereka tidak dapat mengakses aplikasi WhatsApp dan menghubungkannya ke PC atau aplikasi lain melalui Whatsapp Web. Dengan melakukan beberapa cara di atas, kalian dapat mengatasi WhatsApp yang sudah disadap.

Namun harus tetap diperhatikan bahwa menggunakan media komunikasi ataupun media sosial harus berhati-hati agar tetap aman dari penyusup yang ingin mengetahui data pribadi atau kepo dengan isi chat WA milikmu. Sehingga, datamu tidak disalahgunakan oleh pihak manapun.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Yuk Main Ke Candi Geneng, Situs Pertirtaan Yang Diduga Peninggalan Kerajaan Kadiri

Image

Teks Ulasan (Lengkap): Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh

Image

Kembali Bahagia, Komedian Vico Bean Pamerkan Potret Keluarga Kecilnya

Image

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Kalapas Ajak Untuk Bangkit Bersama

Image

Pangeran Benowo Cucu Raden Fatah dan Makamnya di Jombang Jawa Timur

Image

Wahai Umat Islam Jangan Takut Berorganisasi/Bertandzim

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image