Bersih-bersih Pantai Baru, MTs Negeri 6 Bantul Gerakkan Guru Punguti Sampah

Image
Rina Harwati
Eduaksi | Sunday, 16 Jan 2022, 09:53 WIB
Kepala MTsN 6 Bantul dan Guru-guru Bersama DWP Kementerian Agama Kabupaten Bantul Melakukan Aksi Bersih Pantai

MTs Negeri 6 Bantul terus mengampanyekan gerakan bersih lingkungan di dalam dan di luar madrasah. Hal ini dimulai sejak tahun 2020 awal ketika pertama kali kepala madrasah mencanangkan madrasah bebas sampah plastik (MBSP) yang menjadi salah satu program unggulan. Sejak dicanangkannya program MBSP tersebut, madrasah sudah berupaya meminimalisasi sampah plastik. Di antaranya dengan program galonisasi untuk menyediakan minum siswa, penyediaan gelas dan piring di ruang-ruang kelas, dan meminimalkan penggunaan air mineral kemasan plastik.

Kegiatan peduli lingkungan terus diperluas hingga di luar lingkungan madrasah seperti bersih-bersih pantai. Sudah kali kedua ini MTsN 6 Bantul melakukan gerakan bersih pantai yakni di Pantai Ngandong dan di Pantai Baru. Guru-guru MTs Negeri 6 Bantul bersama dengan darma wanita persatuan Kementerian Agama Kabupaten Bantul pada Selasa (11/1) melakukan aksi memunguti sampah di bibir Pantai Baru. “Kami sangat meyakini bahwa kegiatan bersih pantai dari sampah ini akan membentuk karakter peduli lingkungan. Setidaknya, dengan dimulai dari diri sendiri, kita sudah berupaya melindungi pantai dari erosi dan pencemaran. Alhamdulillah, beberapa plastik yang kita sediakan sudah menampung sampah-sampah yang berserakan sehingga pasir terlihat indah, menarik, dan bersih sedap dipandang mata,” ungkap Kepala MTsN 6 Bantul yang memunguti sampah bersama guru lainnya.

Aksi bersih sampah ini juga selaras dengan tekad MTsN 6 Bantul untuk mewujudkan madrasah adiwiyata. Setelah beberapa waktu lalu melakukan studi tiru di sekolah adiwiyata nasional, warga MTsN 6 Bantul terus giat melakukan serangkaian kegiatan. Dimulai dari gerakan menanam pohon oleh siswa, peniadaaan sampah plastik, penanaman tumbuhan hidroponik hingga bersih pantai ini menjadikan madrasah semakin yakin terciptanya lingkungan yang sehat, bersih, asri, dan berkarakter peduli. Ritaningsih Sudjoko, guru BK yang turut memunguti sampah di Pantai Baru menyatakan senang bisa berkontribusi mewujudkan keindahan lingkungan, khususnya di Kabupaten Bantul ini. “Karena dilakukan secara bersamaan, kegiatan bersih pantai ini menjadi tidak berat. Dalam waktu dua jam sampah di sepemandangan mata sudah hilang,” tuturnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

X2Download: Platform Baru Tempat Download Video MP4 YouTube

Image

Savefrom: Pilihan Tepat Download Video YT Gratis Tanpa Ribet 2022

Image

Cara Daftar di MyPertamina

Image

Halal Center STAI YASTIS Siap Wujudkan Ekosistem Halal di Sumatera Barat

Image

Jadwal, Niat dan Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Image

VidMate Versi lama Simpan MP3 dan MP4 YouTube Aplikasi Downloader Terbaik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image