Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mega Maharany

Perlunya Meningkatkan Pengawasan Pemerintah Dalam Mengawasi Barang Masuk Melalui Bea Cukai

Kebijakan | Thursday, 04 Apr 2024, 00:17 WIB
Sumber : Google
Sumber : Google

Saat ini pemerintah harus meningkatkan pengawasannya terhadap barang-barang yang masuk kedalam negeri, mengingat meningkatnya permintaan barang-barang impor yang diperjual belikan di indonesia. Seperti, sistem jastip, baju hasil thrifting dan perjual belian hp dengan no seri luar negeri tanpa adanya pembayaran bea masuk sebelumnya. Hal ini, tentunya berdampak pada perekonomian indonesia yang mana dapat merugikan pendapatan negara apabila barang yang masuk merupakan barang yang ilegal, tanpa adanya biaya cukai yang ditangguhkan oleh sipedagang.

Pengawasan pemerintah terhadap barang masuk melalui bea cukai sangat diperlukan, demi memastikan bahwasannya barang yang masuk kedalam Indonesia melewati tahapan yang aman sesuai prosedur. Hal ini dilakukan agar keamanan negara tetap terjaga, dari barang-barang yang memungkinkan ilegal dan berbahaya.

Dengan adanya pengawasan yang baik terhadap barang yang masuk kedalam negeri, juga dapat mengatisipasi bahwasannya barang tersebut tidak membuat para umkm indonesia kehilangan penghasilannya karena persaingan dari barang-barang impor dengan harga yang lebih murah. Dengan mengenakan sistem cukai yang sesuai aturan yang berlaku bagi barang-barang hasil impor dapat memastikan bahwa perdagangan dilakukan dengan adil sehingga tidak merugikan pedagang lokal.

Selain itu, peningkatan pengawasan terhadap bea cukai juga dapat meningkatkan pendapatan negara dan juga mengurangi kerugian negara akibat perdagangan ilegal. Dengan cara, pemerintah dapat meningkatkan penjagaan dengan menambah sistem keamanan seperti cctv, meningkatkan teknologi pemeriksaan sehingga dapat memastikan dengan teliti barang yang masuk. Bea cukai juga dapat bekerjasama dengan masyarakat dengan cara memberikan layanan pengaduan kepada bea cukai apabila masyarakat melihat oknum yang menyeludupkan barang ilegal, dengan imbalan hadiah berupa apresiasi agar masyarakat mau ikut berkontribusi dan tentunya penganduan ini dilakukan sesuai syarat dan ketentuan yang terjamin agar tidak ada yang merasa dirugikan.

Pemerintah dapat memastikan bahwasannya barang yang masuk kedalam negeri telah dikenakan bea cukai yang sesuai, sehingga meningkatkan pendapatan negara yang dimana dapat digunakan untuk membangun sarana dan prasarana negara. Maka dari itu, adanya peningkatan pengawasan pemerintah dalam mengawasi barang masuk melalu bea cukai, hal ini dapat memastikan bahwasannya pemerintah menjalankan tugasnya dalam menjaga dan memastikan bahwasannya masyarakat merasa aman, baik itu dalam melakukan perdagangan ataupun membeli barang yang aman dari luar negeri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image