Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Florence charin

Mengenal Perjuangan Presiden Pertama Indonesia

Politik | Tuesday, 02 Apr 2024, 08:46 WIB

Ir. Soekarno merupakan tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia yang penting dalam catatan sejarah. Ia menjadi proklamator kemerdekaan Bangsa Indonesia sekaligus Presiden pertama Indonesia. Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, jawa Timur dengan nama kecilnya Kusno Sosrodihardjo. Ayah Soekarno bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo yang merupakan seorang guru di sekolah dasar daerah jawa dan Ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai yang merupakan putri dari keluarga bangsawan Bali. Soekarno merupakan anak ketiga dari empat bersaudara.

Ir. Soekarno © ITS News

Pendidikan Yang Ditempuh Ir. Soekarno

Soekarno kecil tinggal bersama kakeknya, Raden Hardjokromo di Tulungagung karena ia sakit-sakitan. Soekarno kembali tinggal dengan kedua orang tuanya pada 1909 di Mojokerto. Ia juga mengganti namanya dari Kusno menjadi Soekarno dengan harapan agar ia tidak sakit-sakitan lagi. Soekarno menempuh pendidikannya di sekolah dasar Eerste Inlandse School di Mojokerto yang merupakan tempat kerja sang ayah. Sejak kecil, ia sudah dikenal sebagai anak yang berprestasi dan dapat menguasai banyak bahasa.

Untuk dipersiapkan masuk ke Hogere Burger School (HBS) di Surabaya, Soekarno pindah ke Europeesche Lagere School (ELS) pada tahun 1911. Pada tahun 1915, ia menyelesaikan pendidikan dasarnya dan kemudian memutuskan untuk tinggal di rumah Haji Oemar Said Tjokroaminoto yang merupakan sahabat ayahnya sekaligus pendiri Serikat Islam. Di rumah Haji Oemar Said Tjokroaminoto, Soekarno mulai tertarik untuk mempelajari politik dan berlatih pidato. Disana juga lah ia mulai berinteraksi dan mulai dikenal oleh banyak tokoh-tokoh hebat.

Pendidikannya di Hogere Burger School memberikan banyak pengalaman dan pelajaran baru bagi Soekarno. Akhirnya ia lulus pada tahun 1921 dan kembali ke tempat tinggalnya yaitu Bandung bersama dengan Haji Sanusi untuk melanjutkan pendidikannya di Technische Hooge School (THS) jurusan teknik sipil. Pada 25 Mei 1926, Soekarno akhirnya lulus dan mendapatkan gelar insinyurnya.

Jejak Politik Ir. Soekarno Hingga Menjadi Presiden Indonesia

Seiring berjalannya waktu, Soekarno menjadi semakin aktif dalam dunia politik dan memutuskan untuk kembali ke Surabaya serta aktif mengikuti organisasi Tri Koro Dharmo dan menulis tulisan di harian Oetoesan Hindia. Namun, Soekarno juga pernah ditangkap karena dicurigai ikut terlibat dalam gerakan nasionalis yang dianggap merusak ketertiban kolonial dan diasingkan ke Ende, Flores. Di masa pengasingannya, Soekarno menghabiskan waktu dengan menulis esai dan pidato yang menginspirasi gerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Akhirnya pada tahun 1942, Soekarno bebas dari penjara setelah membacakan pledoi miliknya tentang Indonesia menggugat dihadapan beberapa pihak.

Pada masa kemerdekaan, Soekarno dan Mohammad Hatta membacakan proklamasi kemerdekaan sebagai tanda bebasnya Indonesia dari penjajah. Tidak lama setelah itu, ia ditunjuk menjadi presiden pertama Indonesia dan memimpin Indonesia hingga tahun 1967. Namun, pada tahun 1965 terjadi insiden G30S yang menjadi awal kemunduran kepemimpinan Soekarno. kondisi Indonesia saat itu tidak stabil dan mengharuskan Soekarno mengeluarkan surat perintah Sebelas Maret (Supersemar). Surat itulah yang kemudian membuat hak kepemimpinan Indonesia berpindah ke Soeharto hingga secara resmi pada 1967. Soekarno meninggal pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta dan dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Hal Yang Dapat Kita Pelajari

Soekarno merupakan salah satu tokoh proklamasi Indonesia yang berusaha keras untuk mencapai hal yang diingininya. Ia menempuh dan menyelesaikan pendidikannya dengan baik, serta mengeluarkan usaha yang lebih untuk dapat mencapai cita-citanya. Hal itu membuat saya menjadi sangat kagum dengan bapak Soekarno. Dari kisah hidup Soekarno, kita juga belajar untuk berusaha tanpa henti dan mengerahkan semua yang bisa kita lakukan untuk meraih keinginan kita.

Daftar Pustaka

Fandy A. (n.d.). Biografi Ir. Soekarno, Sang Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Gramedia. Retrieved March 4, 2024, from https://www.gramedia.com/literasi/ir-soekarno/

Maksum Rangkuti. (2023, October 20). Biografi Soekarno: Bapak Proklamator dan Presiden Pertama Indonesia. Fakultas Hukum - UMSU. Retrieved March 4, 2024, from https://fahum.umsu.ac.id/biografi-soekarno-bapak-proklamator-dan-presiden-pertama-indonesia/

Topan Yuniarto. (2021, August 17). Presiden Pertama RI: Soekarno – Kompaspedia. Kompaspedia. Retrieved March 4, 2024, from https://kompaspedia.kompas.id/baca/profil/tokoh/soekarno

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image