Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Angela Sport

Pioli Menanjak, Kursi Pelatih Milan Semakin Aman

Sports | Tuesday, 02 Apr 2024, 00:22 WIB
Foto: AC Milan. Stefano Pioli.

Nasib Stefano Pioli sebagai pelatih kepala AC Milan kembali menjadi perbincangan hangat. Dulu, tepatnya 22 Desember lalu, hasil imbang melawan Salernitana, tim juru kunci klasemen, membuat Pioli di ambang pintu pemecatan di akhir musim.

Kini, situasinya justru berbalik. Peluang Pioli untuk tetap menukangi Rossoneri di musim 2024-2025 justru semakin besar.

Menurut laporan La Gazzetta dello Sport, ada beberapa faktor yang membuat Pioli bisa membalikkan keadaan. Pertama, di tengah badai kritik, Pioli mampu mempertahankan hubungan yang solid dengan para pemainnya.

Dengan soliditas tim, meski Pioli memiliki kelebihan dan kekurangan, ia berhasil mengeluarkan performa terbaik dari para pemain Milan. Ini terlihat baik dari segi permainan meski kebobolan masih terbilang banyak, maupun dari kontribusi individu seperti Rafael Leao, Ruben Loftus-Cheek, Christian Pulisic, dan lain sebagainya.

Bukti nyata kebangkitan Milan di bawah Pioli adalah raihan enam kemenangan beruntun. Mereka kini menjadi tim dengan lini serang terbaik kedua di liga, dan unggul cukup jauh dari pesaing terdekatnya, Roma (14 poin) dan Atalanta (15 poin). Milan pun bisa lebih fokus untuk mengejar gelar juara Liga Europa.

Dengan perolehan 65 poin dari 30 pertandingan (rata-rata 2,17 poin per laga), performa Milan di bawah Pioli hanya sedikit di bawah torehan mereka saat meraih Scudetto musim lalu

Selain itu, para pemain baru seperti Ruben Loftus-Cheek, Tijjani Reijnders, dan Christian Pulisic yang langsung dimainkan sebagai starter, serta para pemain alternatif seperti Noah Okafor, Yunus Musah, Samuel Chukwueze, dan Luka Jovic, mulai memahami kerasnya kompetisi Serie A. Pilihan Pioli untuk memainkan mereka patut diapresiasi.

Namun, tantangan untuk Pioli dan Milan tak berhenti sampai di sini. Derby della Madonnina pada 23 April mendatang dan perjalanan di Liga Europa menjadi ujian berat. Lolos ke semifinal Liga Europa, apalagi jika bisa menjadi juara, ditambah dengan hasil bagus di derby, tentu akan semakin memperkuat posisi Pioli untuk mendapat perpanjangan kontrak.

Sepertinya, manajemen Milan memang condong untuk mempertahankan Pioli. Hal ini senada dengan pernyataan Paolo Scaroni sebelum pertandingan melawan Fiorentina: "Pioli bertahan, saya selalu mengatakan itu. Saya suka dengan mereka yang menang, dan Pioli sedang melakukannya dengan baik."

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image