Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Menjadikan Mobil Lawas sebagai Mobil Listrik Klasik, Kenapa Tidak?

Otomotif | Friday, 29 Mar 2024, 19:45 WIB
Mobil Fiat lawas. Foto: jamesedition.com.

SEMUA akan listrik pada waktunya. Maka, mobil-mobil yang asalnya berbahan bakar fosil pun kemungkinan akan menggunakan listrik pula. Faktanya, beberapa pihak kini telah berhasil mengkonversi mobil zadul atau mobil lawas menjadi mobil yang menggunakan tenaga listrik. Hasilnya yaitu mobil listrik klasik.

Menjadikan mobil lawas konvensional sebagai mobil listrik klasik memang cukup rumit. Namun, toh memungkinkan. Dan hasilnya adalah kendaraan klasik unik yang ramah lingkungan.

Bagi mereka yang menyukai kendaraan-kendaraan klasik, ada beberapa keuntungan apabila berhasil menkonversi kendaraan miliknya menjadi kendaraan listrik klasik.

Salah satunya tentu saja tidak perlu lagi repot ke pompa bensin atau bengkel ganti oli. Yang berikutnya, seperti disebutkan di muka, mobil menjadi lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi. Selain itu, juga tidak akan menimbulkan polusi suara.

Lantas, berapa biaya untuk mengkonversi mobil lawas konvensional menjadi mobil listrik?

Jawabannya relatif. Pasalnya, ini bergantung pada beberapa faktor. Seperti, misalnya, jenis pengisi daya yang mau digunakan dan teknologi apa yang hendak digunakan.

Begitu juga dengan ongkos listriknya. Jika kita memiliki akses terhadap panel surya atau bentuk energi terbarukan lainnya, ini dapat menghemat tagihan listrik secara signifikan.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image