Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Obat Bagi Hati yang Berkarat

Agama | Tuesday, 26 Mar 2024, 10:43 WIB

Obat Bagi Hati yang Berkarat

===

Berkaratnya hati karena dosa dan ketidaktaatan. Ia ditandai dengan sulitnya menerima kebenaran dan berat dalam ibadah atau hanya sibuk dalam kelalaian.

Sering disebutkan bahwa setitik dosa akan terus menempel di hati dan berbercak hitam hingga kita bertaubat. dan bercak hitam itu akan terus bertambah tebal bila kita terus lalai.

Bercak hitam itulah yang menutup nur makrifah kepada Allah. Maka perlu mujahadah dan riyadhan untuk membersihkannya kembali.

Puasa merupakan medium riyadhah yang paling baik. Setahun sekali Allah swt telah menyediakan ramadhan bagi kita. puasa itu menjadi pembersih jiwa dan hati dari noda.

Begitupun dengan ibadah membaca Alquran, baik di Ramadhan atau tidak, ia menjadi obat bagi hati yang berkarat. Bila masih terasa ada karat di hati, maka perbanyaklah dosis membaca Alquran itu hingga terasa pengaruhnya, lalu bergaullah dengan orang orang shalih.

Selain poin di atas, obat lain bagi hati yang berkarat adalah dengan selalu mengingat kematian. Rasul Muhammad saw menyebut maut sebagai pemberi nasihat yang "diam".

Memperkuat perhatian pada kematian menyebabkan diri kita fokus pada amalan yang bersifat keabadian. atau menjadikan kita menyiapkan bekal untuk ke alam abadi hingga kita lebih berhati hati dalam mengambil keputusan.

*inspirasi dari hadis ke 19 (Baihaqi) tentang 40 hadis fadhilah Alquran. Maulana Muhammad Zakariyya

dok.adaptasi.ts

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image