Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nafisah Najwa irfani

Finansial Bank Syariah Terhadap Teknologi pada Masa Kini

Teknologi | Saturday, 23 Mar 2024, 22:37 WIB
(Sumber: https://pixabay.com/id/)

Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang berperan penting sebagai perantara keuangan dalam perekonomian suatu negara. Pada masa kini Bank Syariah tidak hanya menjadi tempat menyimpanan deposito, tabungan, giro dan meminjamkan uang, namun kini menjadi institusi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Fungsi lain bank dalam teknologi saat ini termasuk menyediakan layanan pembayaran elektronik untuk belanja, tagihan telepon, tagihan telphone, dan pembayaran lainnya.

Peluang dalam mengimplementasikan teknologi keuangan pada perbankan syariah adalah untuk menarik lebih banyak nasabah dengan menawarkan kemudahan yang berbeda dalam melakukan transaksi. Dengan perkembangan teknologi saat ini, kemudahan bertransaksi sudah menjadi kebutuhan bagi nasabah. Jika kebutuhan nasabah terpenuhi maka mereka akan tertarik untuk menggunakan jasa keuangan bank, khususnya bank syariah.

Teknologi keuangan telah membantu bank syariah memproses data tentang operasi bisnis dan pemasaran produk dengan lebih cepat dan akurat. Penerapan sistem informasi memberikan dampak yang cukup besar terhadap industri perbankan syariah, dan mengingat industri perbankan merupakan salah satu industri yang paling bergantung pada kegiatan pengumpulan, pengolahan dan analisis, maka penerapan sistem informasi pada industri perbankan mempunyai pengaruh yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan para nasabah.

Berdasarkan hal tersebut, industri perbankan Indonesia masih mempunyai pengaruh yang kuat terhadap stabilitas sistem keuangan. Oleh karena itu, implementasi teknologi finansial diharapkan dapat berperan aktif dalam menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang belum memiliki akses terhadap lembaga perbankan. Hal ini juga didukung oleh OJK. OJK saat ini sedang mengembangkan sistem teknologi keuangan untuk digunakan pada layanan industri jasa keuangan Indonesia, khususnya aplikasi layanan perbankan.

Keunggulan finansial teknologi pada perbankan syariah masa kini yaitu, untuk mempermudah proses pelayanan keuangan dan nasabah juga dapat menerima layanan keuangan seperti transaksi pembayaran, pinjaman, transfer, jual beli saham dan lainnya dengan mudah dan aman. Nasabah dapat mengakses layanan keuangan menggunakan teknologi seperti smartphone dan laptop, sehingga nasabah tidak perlu berkali-kali datang langsung ke bank untuk mendapatkan layanan yang dibutuhkan.

Kehadiran teknologi dalam urusan keuangan tentunya membantu masyarakat mendapatkan manfaat maksimal dari layanan keuangan, Siapapun yang membutuhkan produk keuangan tertentu dapat dengan mudah mengajukan secara online. kemudahan layanan keuangan tercermin dari proses kerja yang relatif cepat dan minimnya kebutuhan dokumen untuk memperoleh produk keuangan yang bersangkutan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image