Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hudzaifah Muhammad

Pentingnya Mengikuti Organisasi di Kampus

Eduaksi | Saturday, 15 Jan 2022, 14:47 WIB

Banyak sekali yang ingin menjadi seorang mahasiswa, khususnya para pelajar yang duduk di bangku Sekolah Menengah Akhir atau SMA, namun mereka belum mengetahui banyak tentang apa itu “Mahasiswa”.

Perlu diketahui Mahasiswa itu bukan hanya aktif didalam kelas dan memiliki IPK yang memuaskan atau yang biasa kita sebut “Mahasiswa Akademis”, bukan juga untuk berfoya - foya, nongkrong sana - sini mengikuti circle kelas kakap atau yang biasa kita sebut “Mahasiswa Hedonis”, dan jangan sampai kita menjadi Mahasiswa yang sama sekali tidak peduli, baik peduli pada diri sendiri atau peduli terhadapad lingkungan kampus atau yang kita sebut “Mahasiswa Apatis” , akan tetapi kita harus menjadi Mahasiswa yang aktif, yang dapat memberi perubahan yang signifikan baik di dalam jati dirinya sendiri ataupun yang ada di sekitar kampus, atau yang biasa kita sebut “Mahasiswa Aktivis”.

Mahasiswa Aktivis. Mungkin terdengar asing ditelinga para pelajar, atau mungkin bagi mereka yang telah mengetahui apa itu Mahasiswa Aktivis, mereka menafsirkan bahwasannya Mahasiswa Aktivis ialah Mahasiswa yang benar - benar aktif di kegiatannya , Mahasiswa yang sangat sibuk yang akan membuatnya sangat padat dan tidak ada waktu kosong buat bersantai, bahkan sering sekali melewati jam perkuliahan karna tuntutan kegiatan yang mereka lakukan agar dapat diselesaikan. Dan syarat utama untuk menjadi Mahasiswa Aktivis ialah mengikuti Organisasi di kampus, baik Internal maupun Eksternal. Lantas seberapa penting kah Organisasi di tingkatan Universitas?.

Ketika seorang Mahasiswa ditanya perihal pentingnya mengikuti Organisasi di kampus?, dengan jelas dia akan menjawab “penting”, kemudian ditanya kembali, “apa pentingnya?, apa manfaatnya serta apa saja dampaknya?”, mungkin dia akan terdiam dan tidak akan bisa menjawab karna dia tidak merasakannya, beda halnya dengan Mahasiswa Aktivis ketika ia ditanyakan hal yang sama dia akan menjawab sangat penting dan juga akan menjelaskan secara mendalam, mulai dari dampak yang didapat, manfaat ia mengikuti organisasi, serta suka dan duka mengikuti organisasi sesuai dengan apa yang ia dapatkan selama ia mengikuti organisasi atau ketika ia terjun menjadi Mahasiswa Aktivis.

Jika ada sebuah pertanyaan “apa tujuan kamu saat masuk ke sebuah institut ataupun universitas?” Mungkin jawaban dari setiap orang akan berbeda-beda, namun inti dari jawaban ini kurang lebih sama yaitu apalagi kalau bukan kuliah, menuntut ilmu, lulus, menjadi sarjana, dan membanggakan kedua orang tua. Akan tetapi, masa perkuliahan kamu akan terasa kurang lengkap jika kamu tidak memanfaatkan waktu kosong yang kamu miliki selama masa kuliah untuk mengikuti suatu kegiatan organisasi kampus. Berikut beberapa alasan kenapa kamu sebagai Mahasiswa sebaiknya aktif dalam berorganisasi.

Alasan yang pertama adalah membuat kamu lebih banyak pengalaman

Kamu akan menemui berbagai aktivitas yang dilakukan dalam sebuah organisasi kampus seperti mengadakan acara sosial, membentuk forum, kerjasama dengan berbagai pihak, dan aktivitas lainnya yang akan menuntut kamu untuk bertemu dengan orang baru baik itu di dalam kampus atau di luar kampus, menjadikan pengalaman berorganisasi ini cukup berharga dan dapat dijadikan referensi ketika kamu melamar pekerjaan.

Alasan yang kedua, belajar mengatur waktu

Menjadi seorang organisator memerlukan waktu dan tenaga ekstra, kamu harus bisa membagi waktu antara kuliah, kegiatan organisasi dan kegiatan lainnya. Hal ini memang bukan perkara yang mudah, tetapi secara tidak langsung dapat mengajarkan kamu untuk selalu disiplin dan pintar mengelola waktu. selain itu dengan mengikuti organisasi secara otomatis kamu telah memanfaatkan waktu kosong untuk hal-hal yang produktif. Sayang sekali jika banyak waktu terbuang untuk hal yang tidak bermanfaat.

Alasan yang ketiga, memiliki banyak teman dan relasi

Organisasi kampus biasanya beranggotakan terdiri dari orang-orang yang berbeda fakultas dan jurusan dan mereka belum tentu kamu bisa kenal jika kamu hanya belajar di kelas saja. Banyaknya kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dalam organisasi tentu saja akan membuat kamu menjadi dekat dengan mereka yang berbeda fakultas dan jurusan. Memiliki banyak teman dan relasi tentu saja hal yang sangat seru dan menyenangkan. Selain itu juga banyaknya relasi tentu saja sangat bermanfaat bagi kamu, mereka bisa jadi adalah orang-orang yang akan mendukungmu saat kamu kesulitan selepas lulus dari kampus nantinya.

Alasan yang keempat melatih jiwa kepemimpinan

Memiliki jiwa kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting bukan? Jiwa kepemimpinan bukan hanya harus dimiliki oleh seorang ketua, namun hal ini juga harus dimiliki oleh setiap orang. Salah satu tempat untuk melatih jiwa kepemimpinanmu adalah sebuah organisasi. ikuti prosesnya, banyak belajar ketika kamu baru bergabung, jangan sungkan untuk bertanya kepada anggota senior yang lebih berpengalaman, karena ada saatnya nanti kamu akan diberi tanggung jawab untuk memimpin.

Dalam organisasi kamu akan belajar bagaimana membuat keputusan, melakukan kesepakatan bersama, berdiskusi, menyelesaikan suatu permasalahan, dan masih banyak lagi. Hal itu bisa memberimu ajang simulasi yang bagus sebelum kamu masuk ke dalam lingkungan kerja nantinya.

Alasan yang kelima lebih percaya diri dan melatih cara berkomunikasi

Kamu akan belajar dan berlatih untuk berkomunikasi dengan banyak orang baik itu dengan orang yang memiliki posisi diatas kamu, teman satu organisasi, maupun dengan adik tingkat. Misalkan dalam sebuah forum atau diskusi,kamu bisa berlatih menyampaikan pendapat, bertanya, mengkritik, menerima kritikan dan menghormati pendapat orang lain. Jangan takut untuk menyampaikan sesuatu, diawal-awal mungkin kamu akan merasa malu dan tidak percaya diri. Namun, jika hal itu terus menerus kamu lakukan maka secara tidak langsung kepercayaan diri dan kemampuan komunikasimu akan meningkat

Dan alasan terakahir adalah sebagai sarana untuk mengembangkan kegemaran dan kemampuan yang kamu miliki

Dalam suatu kampus biasanya beragam organisasi yang bisa kamu ikuti kamu tinggal pilih mana yang sesuai dengan minat. Di setiap Universitas ataupun perguruan tinggi, terdapat berbagai macam pilihan organisasi dan unit kegiatan mahasiswa. Mulai dari organisasi kampus secara umum seperti Himpunan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, dan Dewan Perwakilan Mahasiswa. Selain itu juga ada organisasi lainnya yang biasa dikenal dengan istilah unit kegiatan mahasiswa yang terdiri dari Taekwondo, Basket, Futsal, Badminton, Volley, Kepramukaan, IT, LDK atau Lembaga Dakwah Kampus, Drum Band, Paduan Suara , dan lain sebagainya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image