Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image isdie

Sahur antara Susah dan Mudah

Info Terkini | Friday, 15 Mar 2024, 03:57 WIB
Sahur salah satu bagian dari menunaikan ibadah puasa

Istilah sahur di bulan Ramadhan ini tidak akan lepas dari pendengaran kita karena sahur merupakan tahapan dalam menjalankan puasa. Di bulan Ramadhan ini sebagai umat diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa bagi yang sudah memenuhi persyaratan. Ibadah puasa tidak akan terlepas dari kata sahur karena sahur adalah bagian dari ritual berpuasa.

Sahur adalah tahapan awal.untuk.memulai berpuasa, sahur juga sebagai persiapan cadangan makanan ketika menjalankan puasa. Sahur merupakan Sunnah yang dianjurkan oleh nabi Muhammad Saw, selama berpuasa wajib nabi Muhammad Saw pasti akan melaksanakan sahur meskipun hanya dengan tegukan air ataupun sesuap makanan.

Perilaku nabi yang tidak meninggalkan sahur ketika puasa di bulan Ramadhan merupakan sebuah petunjuk yang patut diikuti karena apabila nabi Muhammad Saw tidak meninggalkan suatu amalan maka disitu terkandung sebuah manfaat yang luar biasa. Apabila dilihat dari segi kesehatan petunjuk nabi untuk sahur ketika berpuasa adalah untuk tetap menjaga kondisi tubuh selama berpuasa tetap stabil karena berpuasa paling tidak tubuh tidak akan termasuk makanan dan minuman sehingga makanan atau minuman ketika sahur mempunyai peran penting selama satu hari berpuasa. Selanjutnya Sunnah sahur memiliki hakikat secara syariat yaitu untuk menjaga sholat subuh karena apabila sahur ditunaikan maka sholat subuh paling tidak ditunaikan juga.

Sahur sesuai petunjuk nabi adalah paling tidak 60 sampai 30 menit sebelum waktu subuh, waktu tersebut merupakan waktu bagi manusia dalam kondisi terlelap dalam tidur sehingga banyak yang mengatakan kalau waktu sahur itu termasuk waktu susah karena waktunya.

Disitulah letak sebuah manfaat dan sebuah rahasia kenapa Nabi Muhammad mensunahkan sahur di waktu yang dianggap susah untuk bangun. Di waktu sahur yang dianggap susah tersimpan sebuah kemudahan yang perlu kita syukuri yaitu : ketika kita bangun dan menunaikan sahur sesuai waktu yang dianjurkan kita akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus pertama kita akan menjadi manusia yang dicatat sebagai pengikut Taksim nabi Muhammad Saw, kedua kita akan mendapatkan kenikmatan bagi tubuh yang dapat kita rasakan langsung, karena sahur dapat menstabilkan tubuh kita dan organ organ tubuh manusia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image