Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Sutanto Terbitkan Gurit 56

Guru Menulis | Wednesday, 13 Mar 2024, 11:16 WIB

Buku Solo ke-25 berjudul Gurit 56 karya Guru MTsN 3 Bantul, Sutanto akan segera terbit. Buku yang berisi Kumpulan 101 Geguritan tersebut ditulis selama 50 hari. Terbitnya buku ini merupakan hasil Sutanto dalam mengikuti Workshop Menulis buku ber NIPB/ ber ISBN yang diselenggarakan Komunitas Yuk Menulis (KYM) pimpinan Vitriya Mardiyati 16 Februari s.d 16 Maret 2024 secara daring.

“Geguritan saya buat dengan membuat pola yang seragam, bait pertama terdiri 5 baris dan bait kedua 6 baris. Menggunakan bahasa yang sederhana, dengan jawa ngoko diselipi beberapa jawa krama dengan harapan bisa mengenalkan beberapa kosa kata yang sering maupun jarang digunakan. Tema yang saya angkat bervariasi sesuai dengan fenomena yang saya lihat, saya alami, dan saya dengar,” terang Sutanto di MTsN 3 Bantul, Rabu (13/3/2024).

Beberapa tema seperti Pemilu diungkap melalui judul Milih Kanthi Gumbira, Beda Ora dadi Perkara. Tips bergaul dengan orang lain bisa disimak dalam judul Polatan Peteng, Srawung, Ati Buthek, Runtik. Tema semangat dalam bekerja dikupas dalam judul Sengkut Makarya, Nindakke Dhawuh. Ajakan berbuat baik diurai dalam judul Migunani, Ndhedher Ngelmu. Rasa syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan dapat dilihat dalam judul Syukur, Wancine Mulat Sarira. Tema tentang datangnya ajal melalui judul Binuka Kori Swarga, Tekan Janjine. Ajakan menjaga kesehatan diungkap dalam Ana Watese, Raga Wajib Jinaga. Tema Seputar pernikahan dibuat dalam judul Gathuking Rasa, Gemati, Janji Suci.

Saat mengikuti acara di Bromo dapat tercipta geguritan berjudul Sukapura Wektu Wengi, Ing Puncaking Bromo, Jeep Sukapura. Kebahagiaan atas lahirnya cucu pertama dituangkan dalam geguritan berjudul Putu Sepisanan, Weruh Padhange Donya, Tangis Kang Diantu, Esemu Ndudut Ati, Kabanda rasa Kapang. Dalam tugas mendampingi siswa ber-Literasi Budaya ke Malang Jawa Timur tertuang dalam judul Batu Wanci Ratri, Wayah Esuk, Gelang Mustika, Kapambengan Jawah, Eloking Tetumpakan.

“Buku yang akan terbit ini cukup spesial karena diberi pengantar Pegiat Gurit dan Fasilitator Mahasiswa Mancari Ilmu Bapak Dr. KRT. Akhir Lusono, S.Sn, M.M. Sekaligus nanti akan menjadi hadiah ulangtahun saya,” pungkas Sutanto.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image