Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Bagaimana Agar Bisa Bersepeda Secara Konsisten?

Gaya Hidup | Thursday, 07 Mar 2024, 19:33 WIB
Bersepeda bermanfaat untuk kesehatan dan lingkungan. Foto: dokumentasi pribadi.

Apakah itu difungsikan sebagai sarana olahraga ataupun sebagai alat transportasi, nyatanya sepeda bukan cuma bisa berkontribusi bagi kesehatan personal, tetapi juga bagi kesehatan lingkungan.

Berbagai penelitian telah menunjukan aktivitas bersepeda yang dilakukan secara rutin memberi dampak positif bagi kesehatan individu.

Di sisi lain, tatkala penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil menyumbang pada peningkatan pencemaran dan kemacetan, sepeda yang difungsikan sebagai alat transportasi justru mampu ikut mengurangi pencemaran udara dan kemacetan -- tentu jika digunakan secara masif dan berkesinambungan.

Menyadari manfaat bersepeda, sebagian orang terdorong ingin bisa secara konsisten. Entah itu untuk kepentingan olahraga maupun untuk kepentingan pergi kerja alias bike to work.

Meski demikian, bagi sementara orang, untuk bersepeda secara konsisten tampaknya sulit dilakukan.

Banyak alasannya. Mulai dari tak ada kawan, kurangnya fasilitas untuk sepeda, cuaca panas, jarak yang mesti ditempuh jauh, rute yang menanjak dan sebagainya.

Akhirnya, meski memiliki sepeda, bahkan mungkin lebih dari satu, sehari-sehari lebih banyak menggunakan kendaraan bermotor.

Keinginan untuk bisa bersepeda secara konsisten cuma sebatas angan-angan.

Lantas, bagaimana agar bisa bersepeda secara konsisten?

Selain pada tekad diri, agar bisa bersepeda secara konsisten, yang dibutuhkan adalah barangkali kondisi yang membuat Anda, mau tidak mau, kudu bersepeda.

Caranya? Buat diri Anda hanya memiliki sepeda sebagai satu-satunya sarana transportasi pribadi.

Maka, jika sekarang Anda masih memiliki sepeda motor dan juga mobil, mungkin ada baiknya dijual saja atau dipinjamkan saja kepada kerabat. Biarkan hanya sepeda saja yang tersedia di rumah Anda.

Dengan cuma memiliki sepeda, tak ada lagi pilihan bagi Anda untuk tidak bersepeda.

Tapi, kan masih ada transportasi daring. Agar Anda juga tidak tergoda buat naik transportasi daring, hapus pula aplikasi transportasi dari dari ponsel Anda.

Maka, opsinya hanya tiga: bersepeda, jalan kaki, atau naik transportasi umum.

Dengan tiga opsi tersebut, peluang Anda untuk bisa bersepeda secara konsisten pun bakal jauh lebih besar.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image