Memahami Kewirausahaan

Image
Beni Adriansyah
Info Terkini | Friday, 14 Jan 2022, 14:02 WIB
Wirausaha 

Wirausaha adalah individu yang berupaya membangun usaha atau lapangan kerja secara mandiri dengan didasari inovasi dan kreativitas yang unik sehingga bisa menghasilkan keuntungan finansial. Wirausaha cenderung berani menempuh risiko, namun di baliknya terdapat potensi kesuksesan bisnis sebagaimana idenya yang orisinal belum memiliki pesaing.

Jika kamu sudah lama ingin memulai wirausaha dan sudah punya tabungan yang cukup untuk dijadikan modal awal, jangan ragu untuk mewujudkan mimpi besarmu itu. Sebagai salah satu awalan yang bagus, jangan lupa untuk memproteksi usaha kita dengan asuransi properti agar aset-aset usaha kita senantiasa terlindungi.

Nah, walau kata wirausaha itu sendiri sudah sangat umum kita dengar, namun mungkin kita belum memahami seluk-beluknya. Untuk itu, mari simak pengertian wirausaha selengkapnya di sini.


Karakteristik wirausaha
Seorang wirausahawan yang unggul tentu memiliki karakteristik tersendiri dan belum tentu dimiliki semua orang. Lagipula, nilai-nilai inilah yang menjadikan seseorang bisa sukses di bidangnya.

Jadi, apa saja karakteristik yang dimaksud? Pertama, keberanian yang tinggi. Berani mengambil keputusan meskipun memiliki risiko tinggi. Lalu, kedua adalah daya kreativitas yang tinggi. Ketiga yakni memiliki berbagai inovasi yang jarang terpikirkan oleh orang lain. Dapat berpikir secara jangka panjang.

Karakteristik keempat yaitu memiliki semangat dan kemauan yang keras. Kelima, memiliki sifat hemat atau tidak konsumtif. Terakhir atau keenam yakni memiliki sikap kepemimpinan dan bisa memotivasi diri sendiri dan tim kerjanya.

Nah, jika kita telah memiliki ciri-ciri di atas, maka kita sudah bisa memulai usaha. Yang pastinya bisa memberikan keuntungan dalam jangka panjang.

Tips menjadi wirausaha dengan sukses Setiap wirausahawan tentu ingin usaha yang dijalaninya mendapatkan keuntungan yang besar. Maka dari itu, coba ikuti tiga tips mudah berikut ini agar usaha yang dijalani semakin sukses.

Pelaku wirausaha wajib perhatikan hal-hal ini
Dengan modal seadanya, rasa percaya diri, dan kemampuan yang dirasa mampu untuk membangun suatu usaha membuat beberapa wirausahawan pemula melupakan 3 hal ini sebelum memulai usaha. Apa saja itu?

1. Lupa menggali potensi diri
Setiap orang pada umumnya memiliki minat, bakat, dan potensi. Kamu perlu menggalinya, jangan hanya berorientasi dengan usaha yang sedang naik daun. Bisa-bisa kamu hanya membuat suatu usaha tapi tidak bisa mengelolanya.

Mengetahui dan menggali potensi diri menjadi salah satu faktor penting dalam mengembangkan usaha yang akan dilakukan. Sebab, saat seseorang udah mengetahui apa bakatnya, di mana potensinya, maka usaha yang dijalankan akan terasa lebih mudah dan cepat berkembang.

Wirausahawan yang unggul perlu memiliki enam karakter utama ini, yaitu: 

Fokus. Fokus pada satu usaha yang akan dijalankan agar memiliki dampak positif yang besar.

Advantage. Target wirausahawan adalah keuntungan.

Creativity. Memiliki pemikiran kreatif dalam promosi produk dan mengatasi persaingan pasar.

Ego. Pandai mengelola ego diri sendiri, sikap seperti apa yang harus dilakukan saat menghadapi masalah.

Team work. Sekalipun kamu sebagai owner, di dalam berwirausaha tetap memerlukan tim. Kerja sama tim yang struktural penting untuk menunjang pengelolaan usaha.

Social insight. Kembangkan jiwa sosial agar produk yang dibuat mudah diterima masyarakat.

 

2. Kategori yang manakah kamu?

Berikut kategori-kategori untuk menjadi seorang wirausahawan.

Penemu, menjadi si otak. Biasanya si penemu akan banyak berpikir mengenai konsep usaha, promosi, hingga metodologi.

Inovator, dapat memecahkan masalah baru dan mampu mengembangkan teknologi baru.

Marketer, mampu menganalisis dan mengidentifikasi kebutuhan pasar. Tak lupa juga mampu mengelola agar produk dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Oportunis, bisa menyesuaikan antara kebutuhan dan jasa yang akan diperoleh.

 

3. Potensi wajib yang diperlukan
Selain potensi yang dimiliki diri sendiri, wirausahawan juga membutuhkan beberapa potensi wajib untuk membangun dan mengembangkan usahanya. Potensi tersebut dibagi ke dalam tiga kategori, di antaranya:

• Teknis, misalnya kemampuan menulis, mendengar, presentasi, membina organisasi, dan bekerja sama.

• Manajemen, kemampuan memulai, mengembangkan, dan mengelola perusahaan. Misalnya, membuat keputusan, memasarkan pengelolaan keuangan, dan produksi.

• Kewirausahaan, maksudnya adalah memiliki keterampilan seperti kedisiplinan, pengambilan risiko, pemikiran yang inovati, memiliki jiwa kepemimpinan, dan orientasi pada perubahan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seputar tentang Bank Syariah Indonesia (BSI)

Seputar Tentang Bank Syariah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

5 Destinasi Wajib Dikunjungi Saat Pariwisata Pulih

Image

Bapas Kelas II Musi Rawas Utara Gelar Pelatihan FMD

Image

YTMP3: Download YouTube Jadi MP3 Converter Terbaik 2022

Image

Jadwal Balapan MotoGP Italia 2022 Pekan Nanti, Ada Free Practice, Kualifikasi, Hingga Race

Image

GB Whatsapp Pro Apk Terkini Tempelkan Link Download (GB WA) Di HP Android

Image

Download YouTube MP4 to MP3 Paling Populer di Y2Mate

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image