Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Danu Pratama

Jenjang Karir yang Cocok untuk Lulusan Psikologi

Pendidikan dan Literasi | 2024-02-29 16:09:15

Ketika universitas baru membuka kelas, jurusan yang paling populer selalu psikologi. Ini karena ada begitu banyak pekerjaan dalam psikologi.

Oleh karena itu, peluang apa yang ada untuk lulusan psikologi? Lulusan Departemen Psikologi dapat berkarir sebagai psikiater dan psikolog. Di bidang psikologi juga terbuka peluang bagi HRD, guru BK, dosen, konsultan kesehatan jiwa, penulis, penelitian dan pengembangan, serta penerjemahan.

Untuk pemahaman lebih lanjut tentang pekerjaan sekali-sekali yang dapat diterapkan oleh lulusan Divisi Ilmu Pikiran, Anda dapat membaca artikel ini.

1. Psikologi Pendidikan

Bidang spesialisasi pertama adalah psikologi pendidikan. Dalam peminatan ini, Anda akan lebih fokus untuk memahami bagaimana pengaturan pendidikan mengelola siswanya. Mayoritas lulusan psikologi dengan peminatan ini akan memilih bekerja sebagai guru di bidang bimbingan dan konseling.

Psikologi Pendidikan nantinya akan menentukan tingkat keberhasilan seorang siswa di sekolah. Agar siswa dapat melatih kemampuan mereka, Anda harus memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kemampuan mereka yang sebenarnya.

2. Menjadi Human Resource Development (HRD)

Juga bisa bekerja di bidang bisnis, khususnya HRD. Administrasi SDM organisasi merupakan kewajiban HRD. Menemukan karyawan, melatih mereka, dan meningkatkan produktivitas karyawan semuanya akan menjadi tanggung jawab HRD.

Organisasi akan mendapatkan SDM (SDM) terbaik yang dipilih dari seorang HRD dengan kemampuan lulusan ilmu otak yang mampu mempelajari perilaku manusia. Tingkat staf HRD biasanya berpenghasilan antara Rp 5.000.000 dan Rp 8.000.000 per bulan.

3. Seorang Terapis

Kesempatan berkarir sebagai terapis Lulusan program psikologi juga bisa bekerja sebagai terapis. Intinya, setiap profesional kesehatan mental yang mampu memberikan bantuan perawatan kesehatan mental dianggap sedang menjalani terapi.

Terapis ini biasanya telah menyelesaikan kursus pelatihan. Di sekolah, ruang gawat darurat, fasilitas, pusat kesehatan mental, dan bahkan penjara, seorang dokter dapat memberikan perawatan individu atau kelompok.

Terapis psikologis dapat mengharapkan penghasilan antara Rp 4.000.000 dan Rp 7.000.000 di Indonesia.

4. Bisa Menjadi Dosen

Dosen di tingkat tersier atau biasa disebut dosen menempati urutan keempat. Namun, salah satu persyaratan pemerintah saat ini adalah Anda harus mendapatkan gelar Master untuk mencapai tujuan tersebut.

Anda tidak hanya bisa mengajar saat menjadi dosen, tapi hobi menulis juga bisa Anda manfaatkan untuk menerbitkan jurnal atau buku sambil bekerja.

5. Menjadi Konselor

Anda juga bisa bekerja sebagai konselor jika mengambil jurusan psikologi. Ini biasanya berarti mendengarkan masalah orang lain dan mencoba membantu mereka menyelesaikannya.

Selain itu, Anda tidak perlu keluar rumah untuk menyelesaikan tugas ini; beberapa orang melakukannya dari rumah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image