Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rinanto

Menyambut Hari Kesiap-siagaan Bencana 2024, Potensi Muhammadiyah Siap Berkolaborasi

Kabar | Tuesday, 27 Feb 2024, 15:09 WIB

Hari Kesiap-siagaan Bencana (HKB) akan digelar BNPB di Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada bulan April 2024. Rencananya akan melibatkan berbagai unsur masyarakat. Termasuk potensi yang tergabung dalam SQUAD PBI (Penanggulangan Bencana Indonesia).

Foto Bersema SQUAD PB

Rencana tersebut, merupakan salah satu hasil dari Silaturahmi dan Rapat Koordinasi SQUAD PBI, yang diselenggarakan pada 18 Februari 2024. Di Taman Wisata Pulau Situ Gintung Kota Tangerang Selatan.

Silaturrahmi dan Rapat Koordinasi SQUAD PBI, diikuti potensi SAR dan relawan yang tergabung dalam SQUD PBI. Turut hadir di acara ini adalah Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), serta BNPB dan BPBD.

Kegiatan yang menghadirkan potensi SAR dan relawan itu, merupakan bagian dari upaya membangun kerja sama dan saling bersinergi dalam menghadapi bencana, atau kejadian-kejadian yang mengancam nyawa.

Pasca acara Silaturrahmi dan Rapat Koordinasi SQUAD PBI, para potensi dan relawan diharapkan selalu membangun komunikasi dan koordinasi dengan lembaga-lembaga pemerintahan yang berwenang dalam setiap aksi kemanusiaan.

Arahan BNPB Kepada seluruh Potensi SQUAD PBI untuk persiapan HKB 2024

Menurut anggota SARMMI (SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia), Rinanto, akan ada keunikan dalam peringatan HKB tahun 2024, dikarenakan adanya keterlibatan langsung semua potensi SAR dan relawan yang ada di seluruh daerah.

“Hari Kesiap-siagaan Bencana tahun 2024, akan melibatkan potensi SAR dan masyarakat. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dalam menghadapi bencana, khususnya masyarakat yang akan menjadi prioritas setiap organisasi yang bergerak di bidang SAR dan kebencanaan dalam melakukan mitigasi bencana,” terang Rinanto.

HKB tahun 2024, akan dipusatkan di Padang Pariaman, Sumatera Barat, diikuti potensi SAR dan relawan, serta pelajar dan masyarakat umum.

“Kegiatannya berbentuk simulasi, edukasi SPAB, stand pameran potensi SAR dan relawan,” imbuh Rinanto.

Sementara rekan Rinanto, yakni Suhery dari SAR Kokam Tangerang Selatan menjelaskan, SQUAD PBI memilih Kota Tua Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, sebagai lokasi kegiatan bagian dari rangkaian acara HKB, karena Kota Tua merupakan kawasan sesar baribis yang membentang. Konon, sesar ini dapat membahayakan Jakarta dengan potensi gempa merusak.

Dijelaskan pula oleh Suhery, ada empat potensi Muhammadiyah yang menghadiri acara Silaturrahmi dan Rapat Koordinasi SQUAD PBI, yakni SARMMI, SAR KOKAM Tangsel, Hizbul Wathan UMJ dan Tangsel. Mereka siap berkolaborasi menyambut HKB tahun 2024

“Mengingat pentingnya sinergi antar potensi dan relawan dalam menghadapi bencana, kami dari potensi Muhammadiyah, siap berkolaborasi menyambut HKB tahun 2024,” jelas Suhery.

Potensi dari persyarikatan Muhammadiyah yang hadir dalam Silaturrahmi dan Rapat Koordinasi SQUAD PBI 18/02/2024

Potensi dari persyarikatan Muhammadiyah yang hadir dalam Silaturrahmi dan Rapat Koordinasi SQUAD PBI 18/02/2024

Dihubungi terpisah, seorang potensi Muhammadiyah yakni Prily dari Hizbul Wathan UMJ, menginformasikan, Silaturrahmi dan Rapat Koordinasi ini SQUAD PBI, mengundang 145 organisasi potensi SAR dan relawan.

“Yang hadir di Silaturrahmi dan Rapat Koordinasi ini SQUAD PBI, cukup banyak. Hal ini mengindikasikan, bangsa kita memiliki kepedulian yang kuat terhadap kebencanaan di tanah air,” pungkas Prily. (RN)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image