Akankah Kurikulum Prototipe Mampu Menghapus Kesenjangan Pendidikan?

Image
zidni dhiya
Politik | Friday, 14 Jan 2022, 10:08 WIB
foto: dokumen pribadi

Kesenjangan pendidikan antar wilayah dan kelompok masyarakat berdasar sosial ekonomi di negeri ini semakin besar, hal ini diperparah oleh kondisi pandemi yang mengakibatkan kerugian belajar pada anak didik. Oleh karena itu, pemerintah lewat Kemendikbud Ristek menawarkan kurikulum prototipe atau kurikulum 2022 sebagai pilihan bagi sekolah dalam mengatasi kerugian belajar yang terjadi dimasa pandemi. Kurukulum prototipe memuat lebih sedikit materi dan dilengkapi perangkat yang memudahkan guru melakukan diferensiasi pembelajaran.

Kesenjangan pendidikan yang terjadi akibat pandemi memang harus segera diatasi, namun benarkah menyiapkan kurikulum prototipe merupakan jalan terbaik untuk saat ini? Setidaknya kita harus melihat kondisi dunia pendidikan sekarang.

Pertama, kesenjangan sosial ekonomi ditengah masyarakat berkorelasi dengan kesenjangan pendidikan. Daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) merupakan daerah yang minim akses informasi dan pendidikan. Mereka yang berada di daerah 3T ini cenderung tergantung pada alam untuk kehidupan sehari-harinya. Penghasilan keluarga yang minim juga mempengaruhi asupan bergizi yang dibutuhkan anak dalam masa tumbuh kembangnya.Begitu juga dengan akses pendidikan serta perangkat pembelajaran yang belum mampu terpenuhi layaknya sekolah di kota.

Meskipun demikian sekolah yang berada di kota juga tidak menjamin memeliki kualitas yang sama. Sebab kondisi perekonomian keluarga juga mempengaruhi kemampuan finansial orangtua untuk memasukan anak ke sekolah berkualitas. Selain itu tidak semua sekolah yang berada di kota memiliki kualitas yang sama. Jadi, bisa dibilang pencapaian prestasi berkorelasi dengan status sosial serta tingkat ekonomi keluarga.

Kedua, kesenjangan pendidikan juga dipegaruhi oleh sistem. Dampak dari penerapan ekonomi kapitalis terlihat dari polarisasi yang terjadi di daerah. Dimana daerah-daerah yang kaya akan sumberdaya alam pasti terjadi eksploitasi sumberdaya alam secara massif, hal ini pasti dibarengi oleh pembangunan fasilitas umum dan akses jalan sebagai sarana utama.

Sedangkan daerah yang tidak memiliki sumberdaya alam tetap tertinggal pembangunan dan pendidikannya sebab tidak begitu banyak kepentingan pemilik modal disitu. Inilah masalah yang timbul akibat sistem ekonomi kapitalis liberal, sistem yang hanya berpihak pada kepentingan pemilik modal, bukan mengurusi kebutuhan publik.

Ketiga, kurikulum prototipe yang ditawarkan merupakan hasil dari sistem sekulerisme. Dimana secara tidak langsung karakter yang dibentuk pasti pribadi yang berkompetensi sesuai dengan keiginan para kapitalis. Kurikulum prototipe mengarahkan guru untuk kreatif dalam pembelajaran, misalnya terkait modul dan perangkat pembelajaran. Serta adanya fleksibilitas guru dalam melakukan pembelajaran, hal ini bisa disesuaikan dengan kemampuan murid. Jelas, hal ini akan semakin memperlebar kesenjangan pendidikan, selain itu fakta ini justru memperlihatkan lepas tangannya penguasa dalam hal pendidikan.

Ada baiknya jika pemerintah memprioritaskan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh terlebih dahulu. Sejalan dengan kesejahteraan masyarakat yang terjamin, kesehatan dan asupan nutrisi yang cukup akan menunjang anak-anak dalam menyerap materi pelajaran. Akses dan fasilitas umum serta pendidikan yang memadai dan terjangkau mampu melebarkan akses pendidikan kepelosok daerah.

Terkait kurikulum pendidikan, ada baiknya jika pemerintah mengambil kurikulum yang tidak hanya membentuk paradigma berfikir keilmuan dan keterampilan saja, tetapi bagaimana seorang pelajar memiliki sikap terpuji sekaligus otak yang cemerlang.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Hakikat Kemerdekaan

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Kepala Rutan Kelas IIB Majene Gelar Sepeda Santai Bersama Pegawai dan DWP

Image

Abonie Digital Music, Distributor Musik Terkemuka Asal Riau

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image