Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ghopar Azzam

Mari Mencegah Pencemaran Air

Pendidikan dan Literasi | Monday, 26 Feb 2024, 16:23 WIB

Mari mencegah pencemaran air
Pencemaran air di Indonesia saat ini semakin memprihatinkan. Pencemaran air dapat diartikan sebagai suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia.Pencemaran air, baik sungai, laut, danau maupun air bawah tanah, semakin hari semakin menjadi permasalahan di Indonesia sebagaimana pencemaran udara dan pencemaran tanah. Mendapatkan air bersih yang tidak tercemar bukan hal yang mudah lagi. Bahkan pada sungai-sungai di lereng pegunungan sekalipun.
Penyebab pertama dari terjadinya pencemaran air adalah karena adanya sampah yang mengandung senyawa organik dan menggenang di air. Sampah jenis ini biasanya berupa sampah industri makanan, sampah sisa rumah tangga, kotoran hewan hingga manusia.Akibat dari pencemeran air adalah:Kerusakan ekosistem yang ada di perairan.Terjadinya bencana banjir dan juga tanah longsor.Biota dan makhluk hidup air mati karena kualitas air memburuk.Sumber air bagi manusia dan makhluk hidup lainnya berkurang.Gangguan kesehatan karena mengkonsumsi air tersebut. Cara Mencegah Pencemaran Air:Melakukan pengolahan limbah dengan benar.Menggunakan bahan - bahan yang ramah lingkungan.Tidak membuang sampah di sungai atau sumber air lainnya.Menggunakan detergen yang ramah lingkungan.Rutin melakukan upaya pembersihan sumber air.Menanam pohon di setiap lahan yang tersedia.Pengendalian pencemaran air dilakukan untuk menjamin kualitas air agar sesuai dengan baku mutu air melalui upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran air serta pemulihan kualitas air.
Mari biasakan diri kita untuk tidak sembarangan membuang sampah di sungai.
Penyebab pertama dari terjadinya pencemaran air adalah karena adanya sampah yang mengandung senyawa organik dan menggenang di air,salah satu akibat dari pencemaran air adalah kerusakan ekosistem yang ada di perairan,cara mencegah pencemaran air salah satunya adalah melalukan pengolahan limbah dengan benarMari biasakan diri kita untuk tidak sembarangan membuang sampah di sungai

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image